Domain Score memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan Kualitas Situs yang anda kelola, berikut adalah beberapa Istilah didalam Domain Score beserta Penjelasannya.


Apa itu Da, Pa, Tb, Qb, Mt, Ss, dan Os ?

Javasiana.com - Domain Score memiliki peranan yang sangat penting dan berpengaruh untuk kemajuan website anda dan juga yang sangat berpengaruh untuk setiap Artikel yang anda publikasikan di Mesin Penelusuran Google.

Contents

Salah satu Tools Online yang biasa digunakan untuk mengecek Domain Score anda salah satunya adalah Website Seo Score yang tersedia di Penelusuran Google, sayangnya untuk sebagian orang penjelasan yang di deskripsikan sangat sulit dijelaskan dengan kata - kata.
Dan hal inilah yang membuat saya tertarik, dengan beberapa penjelasan tentang Istilah - Istilah yang ada di Tools Online tersebut, berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Da dan Pa ?

Seperti yang kita ketahui didalam Teknik yang sering kita sebut sebagai Seo (Search Engine Optimizer), Da dan Pa adalah dua hal yang sangat penting khususnya jika anda berbicara "Bagaimana Cara Agar Artikel Ada di Page One".

Tak banyak orang yang mengetaui Apa itu Da dan Pa serta fungsinya dalam Dunia Blogging yang semakin kejam ini.

Pengertian DA (Domain Authority)

Domain Authority atau yang biasa disingkat DA adalah Kekuatan Utama sebuah website yang mengacu pada sistem Pemeringkatan dan Logaritma sistem yang ditetapkan oleh Google Penelusuran dan digunakan untuk menentukan Posisi website kita dalam sebuah Mesin Penelusuran.
Back to Content ↑

Bagaimana Cara Meningkatkan DA (Domain Authority)

  1. Usia Domain Tersebut, Semakin lama usia Domain yang anda miliki maka semakin tinggi pula Domain Authority Score yang anda miliki.
  2. Jumlah Backlink Yang Anda Miliki, Inilah alasan kenapa anda memerlukan yang namanya Backlink dari situs yang bisa dikategorikan memiliki kualitas Seo Rank yang baik. Tak hanya banyak Backlink saja yang dinilai disini tapi juga Kualitas Backlink yang anda dapatkan.
  3. Banyak Artikel dan Kualitasnya, Selain kedua Faktor diatas cara untuk meningkatkan Domain Authority juga bisa anda lakukan dengan Rutin Update Artikel setidaknya 1 hari sekali jika anda personal Blogger, tak hanya itu kualitas yang anda lihat juga haruslah berkualitas, dengan cara menulis artikel setidaknya 500 Kata per hari.

Apa itu PA (Page Authority) ?

PA atau kepanjangan Page Authority adalah Nilai atau Kualitas halaman anda yang dinilai dan ditunjang dari seberapa baik Domain anda di Penelusuran Google.
Back to Content ↑

Page Authority sendiri adalah sebuah Domain Rank yang menentukan dimanakah posisi Artikel anda akan berada, jadi jika bisa dikatakan PA adalah salah satu pendongkrak SERP Artikel anda di Google.
Back to Content ↑

Cara Meningkatkan Page Authority (Pa)

  1. Update Artikel Secara Berkala, dengan cara ini anda bisa meningkatkan PA anda dengan mudah. Semakin sering anda update maka semakin cepat pula PA anda akan berkembang.
  2. Cari dan Manfaat Backlink yang berkualitas.
  3. Tingkatkan kualitas artikel anda, yang salah satunya adalah melengkapi setiap Artikel dengan Gambar atau Video jika diperlukan.

Pengertian TB, QB, PQ, dan MT

Selain DA dan PA data berikut ini pastinya sering anda jumpai di beberapa Tools yang anda temui untuk mengecek berapa Domain Score yang anda miliki.

Dan yakinkah andaa jika hanya dengan melihat tulisan TB, QB, PQ anda bisa memahaminya, bahkan terkadang mereka - mereka para pendahulu kita pun tak tahu apa yang dimaksudkan dari istilah dan inisial - inisial diatas.

Jadi, saatnya anda belajar dan pahami segera apa yang dimaksud dengan istilah singkat yang ditampilkan oleh Tools yang anda gunakan saat pengecekan domain tersebut.

Apa itu TB (Total Backlink)

Total Baclink adalah data banyak backlink atau tautan yang masuk kedalam situs anda. Tautan tersebut bisa dalam Konteks tautan Dofollow maupun Nofollow yang anda dapatkan dari situs lain.
Back to Content ↑

Apa itu QB (Quality Backlink)

Quality Bacllink atau QB merupakan Nilai dari Backlink yang anda dapatkan semakin tinggi score yang anda dapatkan maka akan berdampak baik bagi Domain Rating Score anda yang merujuk pada Kekuatan DA dan PA.
Back to Content ↑

Quality Backlink dinilai dari segi Domain Score situs yang memberikan Backlink, tautan serta artikel yang memberikan anda Backlink. Dan tak lupa jenis Backlink yang kita ketahui ada dua jenis yakni Dofollow atau Nofollow.

Dari kedua Backlink diatas menurut anda mana yang paling bagus ? Backlink yang bagus adalah backlink dengan tautan Rel Dofollow agar Tautan tersebut juga terdeteksi oleh Mesin Pencarian Google.

Apa Itu PQ (Page Quality) ?

Page Quality artinya Kualitas Halaman adalah Akumulasi dari pada Jumlah Backlink yang anda dapatkan dan juga Kualitas Backlink yang ditautkan.
Back to Content ↑

Apa Itu MT (Moz Trust)

Moz Trust atau Tingkat Kepercayaan, tau Artinya apa ? Moz Trust adalah Tingkat Kepercayaan yang hampir mirip dengan Moz Rank yang menilai tingkat Popularitas yang dihitung dari seberapa banyak orang yang mengunjungi Domain anda.

Berbeda dengan Moz Rank, Moz Trust lebih kepada tingkat Popularitas suatu tautan yang disini disebut sebagai Backlink dari situs yang anda dapatkan. Contohnya: Backlink dari Situs Pendidikan, Universitas, dan Pemerintah. 

Tiga diantaranya adalah situs - situs yang memiliki tingkat Popularitas yang tinggi dan akan baik untuk Moz Trust yang anda dapatkan.
Back to Content ↑

Apa Itu SS (Spam Score) ?

Spam Score adalah Nilai atau Akumulasi Score yang buruk bagi website anda, Spam Score dihitung dari hukuman atau pelanggaran yang anda dapatkan dari DMCA, Hukum Google, dan Konten Salinan.

Spam Score memiliki 3 tingkat yakni, Ringan atau biasa, Sedang, Tinggi (Waspada) yang dihitung dalam persentase berikut ini.
  • Ringan (Biasa): 1 - 30%
  • Sedang: 31 - 60% dan
  • Tinggi: 61 - 100%
Semakin tinggi Spam Score yang dimiliki maka, kemungkinan domain dan artikel anda bisa muncul di permukaan mesin pencarian semakin sedikit.

Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Spam Score Suatu Domain ? Sampai sekarang hal ini masih belum diketahui dan masih diperbincangkan untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan jika Spam Score Suatu Domain tinggi.
Back to Content ↑

Apa Itu OS (On, Off Page) ?

On dan Off Page adalah persentase kualitas Domain, Artikel dan Keseluruhan yang di akumulasikan untuk menunjukkan semua aktivitas yang anda lakukan.

Nah itulah tadi sobat javasiana, penjelasan tentang DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS dan OS. Dan untuk itu juga saya meminta perhatian dari pada Suhu - suhu disini yang mungkin memiliki pandangan berbeda dengan saya.
Back to Content ↑

Demikian artikel kami pada kesempatan kali ini, jika ada kesalahan baik penjelasan maupun kata yang tidak sesuai saha mohon maaf sebesar - besarnya.

Artikel Terkait:
  • Linimasaade - Pengunjung - 7 Januari 2020 18.19

    Istilah seperti ini sangat penting dan bermanfaat banget thank's kak.