Balap Karung: Sejarah, Pengertian, Aturan Main, dan Cara Bermain Balap Karung


Permainan Tradisional Balap Karung

Hai sahabat siana dan pembaca setia javasiana, Pembahasan artikel kita kali ini berkaitan dengan Salah satu Permainan Tradisional yang sangat Famous (Terkenal) khususnya saat di adakannya Event - event tertentu sobat.

Permainan Tradisional ini pun juga cukup menarik untuk di ulas dari segi Cara Bermain sampai dengan Asal Usul Permainan Tradisional berikut yang jarang diketahui oleh Banyak Orang.


Emang apa sih kak nama permainan Tradisionalnya ? Nah penasarankan Permainan itu biasa disebut Balap Karung, untuk mengenal lebih jauh tentang Balap Karung berikut mimin akan jabarkan deskripsinya dibawah ini.

Sejarah Permainan Balap Karung

Permainan Tradisional Balap Karung adalah salah satu permainan yang kala itu dibawa oleh orang - orang Belanda yang datang Ke Nusantara, Kala itu Orang - Orang Belanda menggunakan permainan Balap Karung ini untuk memeriahkan sebuah acara.

Eitzzz, tak hanya orang Belanda aja loh sobat Penduduk Lokal Indonesiapun juga mulai tertarik dengan Permainan Tradisional ini sehingga tak jarang mereka juga ikut bermain bersama - sama dengan Orang - Orang Belanda itu.

Kabarnya Permainan Tradisional inipun juga masih banyak dimainkan pada saat - saat Datangnya Orang - Orang dari Negeri Sakura (Jepang), Mengenai Cara Bermainnya.

Permainan Balap Karung ini dimainkan dengan sederhana saja yakni dengan memasukkan Tubuh dari Kaki hingga Pinggul atau sampai Ke Dada lalu ketika aba - aba start di tiup barulah semua orang berlomba - lomba sampai ke Finish dan yang paling cepat ialah pemenangnya.

Jadi gimana, sudah paham kan tentang asal usul Permainan Tradisional ini. Selanjutnya pembahasan kita ini tentang pengertian Balap Karung jika sebelumnya adalah Sejarah selanjutnya adalah Pengertiannya.

Pengertian Balap Karung

Permainan Tradisional Balap Karung adalah sebuah Permainan Tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang sekitar 5 - 8 Orang yang dimainkan dengan cara memasukkan kaki sampai pinggang atau dada yang ditujukan untuk saling berlomba siapa yang paling cepat mencapai garis Finish maka itulah Pemenangnya.

Balap Karung sendiri kini banyak dimainkan tak hanya dari Kalangan Anak - Anak aja loh sobat, tapi juga banyak dimainkan oleh Remaja, Bapak - Bapak, Ibu - Ibu bahkan tak jarang Kakek - kakek pun ikut memeriahkan acara ini dengan Mengikuti perlombaan Balap Karung.

Seperti yang kita ketahui mungkin banyak dari kawan - kawan yang jarang melihat permainan Tradisional ini, karena pada dasarnya permainan ini marak dimainkan saat ada Acar seperti HUT RI, Mantenan (Pernikahan), Sunatan, Ulang Tahun dan masih banyak lagi.

Jadi jangan heran yah jika anda mungkin akan menemukannya Satu Bulan Sekali atau bahkan bisa sampai 1 tahun sekali anda bisa menemukan Permainan Tradisional Ini dimainkan.

Jika dulu mungkin Permainan Balap Karung ini tidak terlalu banyak Aturan atau mungkin tidak ada sama sekali maka di Era Modernisasi ini beberapa aturan pun ditambahkan tujuannya agar permainan ini tetap aman, nyaman dan juga menyenangkan.

Peraturan Permainan Balap Karung

Setiap permainan pastinya akan lebih menyenangkan dan aman jika disana ada beberapa orang yang mengawasi, mengamankan semua peserta saat bermain. Untuk itulah fungsinya Aturan agar semua yang dijalankan tertib dan juga aman untuk semua orang.

Maka dari itu dibuatlah beberapa aturan dibawah ini agar Permainan ini menjadi lebih Sportif dan juga para peserta tidak ada yang curang.
  • Peserta di izinkan menggunakan Karung sesuai Tinggi dan Lebar badannya.
  • Para peserta harus menggunakan Karung sebelum aba - aba start.
  • Karung dipakai dari ujung kaki hingga Pinggang atau Dada sambil dipegangi.
  • Selama aba - aba start belum di tiup maka seluruh peserta harus ada di belakang garis Start.
  • Tidak Boleh Mendorong, Menutupi Jalan Pemain lainnya saat permainan ini dimulai.
  • Tidak boleh melepaskan Karung hingga mencapai garis finish.
  • Pemain yang paling cepat sampai ke Garis Finish maka itulah Pemenangnya.

Selain itu agar permainan lebih adil maka mungkin proses seleksi juga harus adil yakni: Anak - Anak melawan Anak - Anak, Remaja melawan Remaja begitupun seterusnya.

Berikutnya dibawah ini adalah Sub judul lainnya tentang Bagaimana Tata Cara Bermain Permainan Balap Karung yang baik dan benar.

Cara Bermain Balap Karung 

Jika diatas adalah penjelasan mengenai Aturan - aturan cara bermain Balap Karung maka dibawah ini adalah Cara Bermain Balap Karung yang benar.
  1. Para peserta yang mengikuti Lomba Balap Karung harus bersiap - siap dibelakang Karung dan Garis Start.
  2. Selanjutnya para peserta diwajibkan menggunakan Karung didepannya yang telah disediakan oleh panitia.
  3. Sebelum aba - aba start maka semua Karung harus sudah dipakai.
  4. Semua peserta harus berdiri sejajar dibelakang garis Start.
  5. Saat aba - aba start di mulai, para peserta berlomba - lomba mencapai garis Finish terlebih dahulu.
  6. Peserta yang mencapai garis Finish terlebih dahulu maka itulah Pemenangnya.

Kesan dan Pesan

Dari berbagai deskripsi dan informasi yang telah kami sampaikan, maka disini kami selaku Tim Javasiana mengajak teman - teman agar lebih mempopulerkan dan menyeimbangkan antara Budaya, Permainan Tradisional dan juga Modernisasi.

Jangan sampai kita melupakan budaya - budaya yang dahulu Nenek Moyang kita mainkan dengan Budaya Baru yang menggantikan. Kita sebagai warga negara yang baik patutnya bisa menyeimbangkan antara Budaya dan juga Teknologi yang berkemajuan.

Oleh karena itu saya dan timtik redaksi javasiana mengucapkan "Lestarikan Budaya, Lestarikan Permain Tradisional karena itulah ciri Warga Negara Indonesia.