5 Cara Membersihkan Babat Sapi Yang Baik dan Benar


Tips Membersihkan Babat Sapi Yang Benar

Bagi para penikmat hidangan Soto Babat dan sebagainya, tips membersihkan Babat Sapi mungkin adalah beberapa hal yang sangat penting apalagi jika anda sering Mengkonsumsinya.

Jangan sampai anda mengkonsumsi Babat yang menghitam, bau dan tidak layak dikonsumsi. Maka ada beberapa Tips buat kalian yang mau membuat Soto atau Hidangan yang menggunakan Babat Sapi sebagai Bahan Utamanya.

Tapi sebelum itu, tau gak sih kalian Apa itu Babat ? Babat adalah Daging yang berasal dari Organ bagian dalam yakni Organ Lambung bisa dari Hewan Ternak seperti Sapi, Kambing, Kerbau dan sebagainy yang di olah menjadi berbagai menu andalan masing - masing.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kerang Yang Baik

Daging Babat adalah salah satu daging yang memiliki Rasa Lezaat yang Maknyuss dan juga mengandung banyak Nutrisi terutama Kandungan Protein didalamnya.

Jadi, tidak heran jika banyak sekali orang yang memuja Makanan berikut ini karena selain lezat tapi juga bernutrisi. Selanjutnya dibawah ini adalah Tips buat kalian "Bagaimana Cara Membersihkan Daging Babat".

Cara Membersihkan Daging Babat

Kebanyakan orang lebih suka makan dan menikmati hidangan Daging Babat ketika sudah makan tapi mereka tidak sadar apakah hidangan tersebut bersih, fresh atau sudah Bau, Kotor dan Basi.

Oleh karenanya berikut ini adalah beberapa Tips Membersihkan Daging Babat yang baik dan benar.

1. Pilih Daging Babat Yang Fresh

Daging Babat yang Fresh umumnya memiliki Bau yang Amis tapi tidak terlalu menyengat. Serta memiliki warna yang cerah tidak pudar.

Beberapa hal diatas adalah salah satu Tips membedakan mana babat yang layak dikonsumsi dan mana yang berbau busuk dan sudsh tidak layak dikonsumsi.

2. Rendam Daging Babat dengan Air Kapur

Perendaman ini berfungsi untuk mengangkat beberapa kotoran yang masih menempel di Daging Babat bisa lepas dengan mudah saat proses pengerokan, selanjutnya Rendam Babat tersebut dalam sebuah wadah bercampur dengan Air Kapur.

Selanjutnya diamkan Daging Babat tersebut selama beberapa menit antara kurang lebih 30 menit saja.

3. Proses Pengerokan

Apabila proses perendaman telah usai maka proses selanjutnya adalah proses pengerokan, proses pengerokan berikut ini dilakukan bersamaan dengan proses dicuci dengan air yang mengalir, tujuannya adalah agar Kotoran yang terlepas langsung mengalir kebawah.

Untuk mengerokknya sendiri anda bisa menggunakan Sendok atau Pisau dapur yang tidak tajam agar memudahkan anda saat membersihkan Daging Babat berikut ini.

4. Rendam pada Air Perasaan Lemon

Proses setelah pengerokan berikut ini adalah Proses tambahan biasanya digunakan agar Daging Babat benar - benar bersih dari Kotoran, Bakteri, dan juga Aroma Amis serta Bau Kapur yang masih menempel pada Daging Babat.

Anda juga bisa menggunakan Air Perasan Belimbing Wulu dan Larutan Air Garam sebagai tanbahan setelah itu Rendam Babat selama 5 - 10 Menit.

5. Cuci dengan Air Bersih

Langkah terakhir ini adalah sebagai step penyelesaia, dimana setelah melewati beberapa proses diatas maka Babat tersebut dicuci dengan Air Bersih lalu diletakkan di Wadah yang Steril dan Bersih.

Kesimpulan

Nah itulah tadi beberapa tips dan juga cara membersihkan Babat yang baik dan Benar, selanjutnya setelah babat dirasa telah bersih maka kita lanjutkan dengan merebusnya kedalam air hangat.

Tujuannya adalah agar babat tidak keras atau alot jika dikonsumsi, demikianlah cara mudah membersihkan daging babat dengan mudah.