3 Cara Membersihkan Kerang Hijau Yang Baik dan Benar


Tips Membersihkan Kerang Yang Benar

Hello sahabat javasiana, nah kali ini kita akan belajar tentang "Bagaimana Cara Membersihkan Kerang Yang Baik dan Benar". Siapa disini yang suka makan kerang ? Kerang merupakan Makanan Seafood yang banyak digemari oleb banyak orang.

Selain memiliki rasa yang khas dan lezat Kerang juga memiliki berbagai macam Kandungan Gizi yang baik didalamnya diantaranya adalah Kandungan Protein, Lemak, Vit A, B12, C, Omega dan masih banyak lagi.

Jadi tak heran jika sobat di Rumah sangat suka Memakan Hidangan dari Bahan Makanan dari Kerang, Nah sobat kali ini kita akan membahas Tahapan yang baik dan Benar agar Kerang bersih dan juga tidak membuang Gizi didalamnya.

Cara Membersihkan Kerang

Kerang adalah salah satu jenis Seafood yang banyak diminati oleh para pencinta hidangan Sea Food di beberapa Restoran atau bahkan Makanan Rumahan anda.

Baca Juga: Cara Membersihkan Babat Yang Benar

Kerang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan dari mulai hidangan yang simple (sederhana), hidangan Rumahan, Restoran dan masih banyak lagi.

Sayangnya mungkin karena kurangnya pengetahuan anda kurang paham tentang "Bagaimana Membersihkan Kerang Yang Baik", nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan kerang yang baik dan Benar.

1. Pilih Kerang Yang Masih Segar

Hal pertama yang wajib anda ketahui yang paling penting adalah "Tips Memilih Kerang Yang Baik" karena percuma saja jika anda membersihkan Kerang yang sudah busuk atau dicampur dengan bahan Kimia.

Maka berikut ini adalah tips memilih kerang yang baik untuk dikonsumsi yang pertama adalah pilih kerang yang memiliki Warna Cerah jika berwarna Hijau maka Pilih yang warna Hijaunya cerah tidak Pudar.

Perhatikan cangkang kerang yang di olah jika Cangkang tersebut pecah atau menimbulkan bau yang sangat busuk sudah bisa dipastikan jika kerang tersebut sudah busuk atau basi.

2. Rendam Kerang di Air Yang Dingin dan di Campur Garam

Apabila anda telah memperoleh Kerang yang layak dikonsumsi maka proses selanjutnya adalah pembersihan Kerang yakni dengan cara Kerang di Rendam pada air yang dingin atau dicampur dengan Es Batu.

Selanjutnya Larutkan Air Garam secukupnya, Larutan garam berikut ini fungsinya adalah agar Kotoran yang menempelkan pada Kerang dapat lepas dengan sendirinya.

Tak hanya itu Garam juga Menetralisir Racun yang mungkin terendap didalam kerang tersebut, dan juga dapat membunuh Bakteri yang terkandung di dalam Kerang pada saat itu.

Anda juga bisa loh menambahkan Tepung Maizena sedikit saja yang tujuan juga sama Menghilangkan Kotoran khususnya Kotoran Bagian dalam Kerang. Tepung Maizena juga berfungsi untuk memutihkan Daging kerang yang akan dimasak.

Jika semua bahan diatas sudah tercampur maka langkah selanjutnya adalah menyimpannya di Kulkas kira - kira sekitar 20 hingga 60 Menit, tergantung seberapa banyak takaran Kerang yang direndam.

3. Bilas Kerang dengan Air Mengalir

Jika proses perendaman telah selesai, maka tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah Angkat Wadah yang berisi Kerang tersebut dari Kulkas atau Lemari pendingin yang anda gunakan.

Ingat saat mengeluarkan Kerang dari Wadah jangan langsung menumpahkan Kerang tersebut secara bersamaan, setidaknya lakukan dengan sabar dan bergantian Pegang Kerang dalam Wadah Tangan anda sambil di cuci lalu letakkan di Wadah lainnya yang bersih.

Tujuannya adalah agar Kotoran dan Pasir yang lepas tadi, tidak ikut masuk ke dalam Wadah baru yang anda siapkan sebelumnya.

Kesimpulan

Nah Mom's di Rumah sudah fahamkan tentang Membersihkan atau Mencuci Kerang yang baik dan Benar. Langkah selanjutnya anda bisa memasak Kerang - Kerang tersebut dengan hidangan yang Lezaaat dan Berkhasiat.