5 Cara Membersihkan Upil (Kotoran Hidung) Bayi


Sumber: javasiana.com
Javasianadotcom - Membersihkan Upil Bayi adalah salah satu Tips menjaga kesehatan bayi anda serta membuat Bayi lebih nyaman ketika bernapas, untuk itu sudah kewajiban anda sebagai Orang tua untuk membersihkannya dengan Rutin.

Karena tidak mungkin bukan jika Bayi anda bisa melakukan hal tersebut sendirian, Bagaimana bisa anda membiarkan Kotoran Hidung Bayi anda tetap banyak, Nah oleh sebab itu disini kami akan memberikan Tips buat Ibu di Rumah "Cara Membersihkan Upil Bayi".

Cara Membersihkan Upil Bayi

Membersihkan Kotoran Hidung bayi memang tidak semudah yang dipikirkan tapi penting bagi setiap Ibu untuk memberikan Kenyamanan Bayi khususnya dalam bernafas.

Karena pada usia awal Bayi umumnya memiliki Tingkat Sensitivitas yang sangat tinggi jadi jika Bayi anda mengalami sesak nafas dan merasa tidak nyaman saat bernafas mungkin salah satu penyebab utamanya adalah kare banyaknya kotoran hidung yang belum dibersihkan.

Keberadaan Kotoran Hidung adalah hal yang wajar bahkan bagi semua Mahluk Hidup yang memiliki hidung di seluruh Dunia, itu menunjukkan bahwa bulu - bulu hidung berfungsi dengan baik dalam menyaring kotoran udara saat ia bernafas.

Nah, buat ibu - ibu di Rumah yang bingung gimana sih cara membersihkan Kotoran Bayi Yang Benar. berikut ini adalah tips - tips sebelum Mom's dirumah membersihkan Kotoran Hidung bayi anda.
  • Pastikan alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran hidung bayi bersih dan memenuhi standar agar aman saat digunakan pada bayi.
  • Jangan gunakan tangan anda untuk membersihkan kotoran bayi apalagi memasukkan tangan anda ke bagian hidung bagian dalam bayi.
  • Untuk memudahkan proses pembersihan, Tahan tangan bayi Anda di sisi samping kanan - kiri agar tangan bayi tidak mengganggu selama pembersihan, jika perlu minta bantuan anggota keluarga lainnya untuk memganginya.
  • Pastikan bayi dalam keadaan sehat dan tidak menangis ketika hidung akan dibersihkan.
  • Jangan membersihkan hidung bayi sesaat setelah bayi diberi makan atau di susui, kerena itu akan membuat bayi muntah.
  • Jangan terlalu dalam memasukkan alat untuk membersihkan kotoran hidung bayi agar tidak melukai bagian dalam hidung.
  • Hindari penggunaan alat seperti cotton bud untuk membersihkan kotoran dalam hidung bayi karena dikhawatirkan kotoran bukannya bersih tapi malah semakin masuk ke dalam hidung bayi.
Nah jika para mom's dirumah sudah memahami apa saja yang perlu dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan, selanjutnya dibawah ini adalah "Cara Membersihkan Kotoran Bayi yang Baik dan Benar".

1. Membersihkan Bagian Luar Hidung Bayi

Cara pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan Cara Membersihkan Bagian Luar Hidung pada bayi. Pada dasarnya setiap tubuh Manusia memiliki fungsi dan juga cara mengatasi beberapa hal secara alami.

Termasuk membersihkan kotoran didalam hidung sendiri, biasanya bayi akan mengalami bersin jika dirasa kotoran yang ada didalam hidung sudah mulai menumpuk.

Nah, selanjutnya anda hanya harus membersihkan Kotoran Hidung bagian luar pada bayi dengan Kain yang basah atau dengan menggunakan Tisu basah. Perhatian hindari penggunaan Tisu dan Kain Kering karena dikhawatirkan akan memicu Iritasi pada Kulit Bayi.

2. Menggunakan Saline Nasal Spray


Apa itu Saline Nasal spray ? Saline Nasal Spray adalah sebuah alat semprotan ke hidung yang digunakan untuk menyemprotkan saline atau larutan garam ke dalam hidung.

Saline nasal spray adalah alat yang aman digunakan untuk bayi dan balita.  Alat ini juga biasa digunakan untuk membersihkan kotoran hidung bayi dengan sangat mudah.

Cara Menggunakan Saline Nassal Spray

Berikut ini adalah step atau langkah - langkah penggunaannya untuk bayi:
  1. Pertama, baringkan bayi di Tempat tidurnya dengan posisi kepala sedikit miring ke belakang. 
  2. Setelah itu semprotkan Saline Nassal Spray yang telah diisi larutan 2 hingga 3 tetes semprotan saline ke  kedua lubang hidung bayi. 
  3. Barulah setelah itu Bayi anda akan bersin beberapa kali. 
  4. Pada saat itulah giliran anda membersihkan Kotoran termasuk lendir - lendir yang keluar dari hidung bayi saat bersin.
  5. Jangan lupa gunakan Kain Basah atau Tisu basah dan hindari penggunaan kain atau tisu kering.
Nah, sobat cara kedua ini bisa anda kombinasikan dengan cara pertama yakni menunggu bayi anda bersin dan mengeluarkan Kotoran baru anda bisa membersihkan Kotoran yang telah dikeluarkan tadi.

3. Menggunakan Aspirator Hidung

Cara lain untuk membersihkan kotoran hidung bayi adalah dengan cara menggunakan Aspirator Hidung.

Cara ini dilakukan jika kotoran yang ada di dalam hidung bayi masih belum mengering (Berbentuk lendir). Sebelum itu tahukan anda apa Itu Aspirator Hidung ?

Aspirator Hidung (Bulb Syringe) adalah alat penyedot kotoran hidung yang telah memenuhi Standar keamanan untuk digunakan membersihkan Upil (Kotoran Hidung) bayi anda.

Cara Menggunakan Aspirator Hidung

  1. Tekan tombol yang berbentuk seperti bola fungsinya adadalah untuk mengeluarkan udara dari Aspirator.
  2. Selanjutnya masukkan alat tersebut ke lubang hidung bayi tidak usah terlalu dalam, lalu lepas tekanan.
  3. Terakhir keluarkan Aspirator dari hidung dan keluarkan lendir dari dalam aspirator hidung. 
  4. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan Kotoran Hidung lainnya.

4. Menggunakan Uap

Cara keempat yang bisa anda lakukan untuk membersihkan Upil (Kotoran Hidung) bayi yang benar adalah dengan menggunakan Uap. Uap inilah yang akan membuat Kotoran Hidung yang kering akan mencair hingga mendadi lendir.

Cara Menggunakan Uap

  1. Siapkan Bak mandi dengan air panas yang beruap.
  2. Lalu duduklah bersama bayi anda agar bayi anda menyerap uap - uap tersebut.
  3. Setelah beberapa menit cek apakah Kotoran yang ada di dalam hidung bayi telah melunak atau masih mengering.
  4. Jika dirasa Kotoran tersebut telah lunak maka anda bisa mengusapnya dendengan Kain atau Tisu basah.

5. Memandikan Bayi di Air Yang Hangat

Cara kelima berikut ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan, sama halnya dengan cara ke empat dimana tujuan anda memandikan bayi di Air yang hangat adalah agar Kotoran bayi yang mengering bisa melunak menjadi Lendir.

Nah pada saat kotoran telah melunak menjadi lendir barulah pada saat itu anda bisa mengeluarkan Kotoran Hidung dengan mudah.

Kesimpulan

Nah, Mom's masih bingung dengan beberapa cara diatas ? Saya rasa penjelasan diatas sudah mendetail selain itu juga dilengkapi dengan beberapa Step - step mudah untuk mempermudah pada Mam's di rumah.

Dengan cara ini dijamin deh kalo bayi Mam - Mam's di Rumah gak akan rewel atau merasa terganggu apalagi sampai menangis, tapi tetap perlu di Ingat ya Mom's jika dirasa Kotoran Hidung tidak terlalu mengganggu bayi maka para Mom's di rumah tidak perlu menggunakan Step - step dibawah ini.

Karena pada dasarnya Kotoran - Kotoran Bayi tersebut akan keluar dengan sendirinya jika memang saatnya keluar, namun jika Bayi mulai sudah bernafas dan tidak nyaman maka anda bisa melakukan cara dan tips - tips diatas.