Cara Membuat Clay dari Tepung Terbaru 2020


Cara Membuat Clay dari Tepung 

Hello sahabat siana dan pembaca setia Javasiana, kali ini kita akan belajar bersam dengan kawan - kawan yang ada di Rumah tentang "Cara Membuat Clay dari Tepung".

Clay adalah sebuah bentuk seperti adonan yang terlihat padat padahal jika anda sentuh, Clay memiliki Tekstur yang lembek atau lentur dan bisa dibentuk sesuai dengan Keinginan anda.

Clay sendiri merupakan bahan permainan yang sangat terkenal buat anak - anak bahkan tak dapat dipungkiri mungkin beberapa teman - teman diluar sana yang hampir dewasa masih suka bermain dan membentuk sesuatu dari Clay berikut ini.

Dari berbagai bentuk Clay yang bisa dibuat kalian lebih suka bentuk clay yang mana aja sih ? Mobil - mobilan, Pesawat, Ular atau hanya bentuk persegi saja yang bisa anda buat.

Manfaat Clay Untuk Anak

Perlu anda ketahui Clay adalah sebuah bahan yang biasa digunakan dalam sebuah permainan membuat berbagai macam bentuk yang di sukai oleh banyak anak - anak di Indonesia, nah berikut ini adalah beberapa Manfaat Bermain Clay untuk anak.
  1. Meningkatkan Kreativitas Anak.
  2. Membuat anak senang.
  3. Anak lebih memiliki banyak teman khususnya jika bermain bersama anak lainnya.
  4. Tidak berbahaya karena tidak keras.

Sebelum lanjut ke panduan cara membuat Clay dari Tepung ada hal lainnya nih yang perlu sobat di Rumah pelajari yakni; Jenis dan Macam Clay berikut ini adalah beberapa Jenis Clay beserta Fungsinya.

Jenis dan Macam Clay

Nah sobatku Clay ini ternyata punya berbagai macam jenisnya loh, salah satunya akan admin sebutkan khusus buat kawan - kawan yang udah membaca Artikel kami kali ini.
  • Paper Clay: Paper Clay ialah jenis Clay yang terbuat dari rendaman kertas dan juga lem, selain itu Paper Clay juga jenis Clay yang wajib diberi pewarna agar menghasilkan warna clayb yang bagus dan menarik. Tekstur: Lentur (Mudah dibentuk), Bisa mengeras saat di diamkan.
  • Plastisin Clay : Clay jenis ini biasanya terbuat dari Tepung berikut adalah beberapa contoh tepung yang bisa digunakan yakni; Tepung tapioca, tepung terigu, atau tepung beras yang dicampurkan dengan lem dan juga pengawet makanan. 
  • Clay Roti: Clay Roti adalah jenis Clay yang terbuat dari sisa roti, minyak, dicampur dengan lem, serta pengawet makanan.
  • Polymer Clay: adalah salah satu jenis Clay yang memiliki nilai jual yang mahal dibandingkan dengan clay lainnya.
  • Jumping Clay: adalah jenis clay yang biasa digunakan untuk membuat bentuk boneka manusia, hewan dan bentuk miniatur lainnya.

Nah itulah tadi beberapa jenis Clay yang ada dari yang berkualitas hingga yang memiliki kualitas sedang dan sederhana. Kali ini kita akan membahas cara membuat Plastisin Clay atau Clay yang terbuat dari Tepung.

Cara Membuat Clay dari Tepung 

Berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat Clay dari Tepung lebih tepatnya dari bahan utama Tepung Terigu.

Alat dan Bahan:

  • Wadah 
  • Sendok (Uletan)
  • Tusuk gigi (kuas kecil)
  • 80gr Tepung Terigu
  • 80gr Tepung Tapioka (Tepung Kanji)
  • 80gr Tepung Beras
  • 200gr Lem Putih (Lem Kayu)
  • Pewarna Cat Poster

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Selanjutnya Campur tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
  3. Setelah menjadi adonan, pisah dan bagi menjadi beberapa bagian.
  4. Warnai bagian adonan dengan warna berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
  5. Bulat - bulatkan adonan hingga cat tercampur rata.
  6. Terakhir Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.
Buat kawan - kawan yang mungkin kekurangan dalam bahan atau Alat mungkin kalian bisa menggunakan cara kedua berikut ini yang pasti lebih simpel dan sederhana.

Bahan Utama

Tepung Terigu, dan Santun Cuci (Sunlight atau Mama Lemon)
Cara Pembuatan:
  1. Tuangkan Tepung Terigu secukupnya dalam sebuah wadah.
  2. Selanjutnya Campur Sabun Cuci dengan Tepung Terigu dengan perbandingan sama.
  3. Perhatikan teksturnya jika dirasa Clay terlalu lembek maka tambahkan tepung terigu.
  4. Jika adonan clay terlalu keras atau padat tambahkan Sabun Cuci.

Kesimpulan

Nah sahabat siana sudah bisa membuat clay sendiri bukan, mudah kok cara membuat Clay tapi jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini.