Javasiana.com - Tahun 2020, Bakal Jadi Update Terbesar Yang akan dirilis Oleh Pihak Developer Whatsapp, Inidia 6 Fitur Baru Yang Bakal dirilis di Aplikasi Whatsapp.

6 Fitur Baru Whatsapp di Tahun 2020

Platform Percakapan Online Whatsapp akan segera mengembangkan sayapnya dengan cara merilis beberapa fitur - fitur terbarunya, salah satunya adalah Fitur Dark Mode sebagai pelengkap tampilannya.

Serta penambahan iklan pada fitur stories, tujuannya adalah untuk mengakomodir kepentingan pengiklan, tak hanya itu beberapa kabar tentang penambahan fitur pada whatsapp yang tidak dapat diselesaikan ditahun 2019 tampaknya bakal di eksekusi ditahun 2020.

Berikut ini adalah 6 Fitur baru yang bakal dirilis Whatsapp pada tahun 2020.

1. Fitur Dark Mode atau Mode Malam

Dark Mode (Mode Malam) adalah sebuah fitur yang banyak digunakan di beberapa aplikasi serupa seperti Youtube, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Fitur dark mode yang rencananya akan dirilis di aplikasi whatsapp tidak lain ditujukan untuk menambah pengalaman menarik serta juga dapat mengurangi pencahayaan yang berlebihan pada mata khususnya ketika malam hari.

Baca Juga: Cara Aktifkan Dark Mode di Aplikasi Whatsapp

Tak hanya itu Dark Mode sendiri juga dapat menghemat konsumsi Baterai pada layar AMOLED di Ponsel anda. Fitur ini rencananya akan dirilis pada aplikasi Whatsapp Versi 2.19.294, dan bakal diberi nama "Dark Theme".

2. Iklan di Status Whatsapp

Seperti halnya Facebook Breaks, dan Iklan yang ada di Status Instagram, Whatsapp juga bakal rilis fitur Iklan yang akan muncul serta terselip diantara Status Whatsapp.
"Dalam acara Facebook Marketing Summit (FMS) 2019 di Berlin, Jerman beberapa waktu lalu, Facebook menyatakan akan menyisipkan iklan di WhatsApp Status atau sering juga disebut WhatsApp Stories"
Iklan pada status Whatsapp nantinya akan dilengkapi dengan icon Swipe-up, yang akan mengarah ke situs pengiklan dan produk yang akan muncul disisi atas, sebagaimana nama kontak yang tertera.

Kabar penambahan iklan ini pun banyak menjadi perbincangan khalayak umum, karena pada dasarnya  aplikasi Whatsapp yang dibenderai Facebook. Inc adalah satu-satunya platform yang bersih dari jasa pengiklanan.

3. Menghapus Pesan Secara Otomatis

Fitur yang nantinya akan diberi nama "Delete Mesaage" ini juga akan menjadi fitur terbaru Whatsapp yang akan di usung pada tahun 2020, Sama halnya seperti Fitur Hapus Pesan Otomatis pada Aplikasi Telegram yang disebut "Secret Chat di Telegram".

Dimana pesan yang telah dibaca maka akan secara otomatis dihapus dalam jangka waktu tertentu, bisa berjam - jam, hari, minggu atau bulan.

Namun yang membedakan Fitur Delete Message Otomatis dengan Secret Chat di Telegram adalah jika di Telegram pesan akan otomatis terhapus di Chat Personal dan Group Message, sedangkan jika di Whatsapp fitur ini nantinya hanya bisa digunakan di Group Message saja.

4. Reverse Image Search

Fitur Reverse Image Search yang dimaksud disini adalah Fitur dimana anda dapat menemukan asal usul gambar yang anda unduh di aplikasi whatsapp, yang nampaknya hampir mirip dengan fitur yang baru - baru ini dikembangkan oleh pihak Google Images.
"Dirangkum dari Tech Radar, Minggu (29/12/2019), fitur ini bisa mempermudah pengguna menelusuri asal mula gambar yang ia terima. Fitur ini tampaknya mirip dengan apa yang telah dikembangkan oleh Google Image".
Tidak banyak yang bisa dijelaskan dari fitur berikut ini, hanya saja jika dilihat dari fungsinya, Fitur Reverse Image Search akan sangat bermanfaat untuk menelusuri Gambar yang kita unduh dan memastikan kebenarannya.

Dengan ini anda bisa memilah dan menelusuri informasi - informasi palsu yang kerap tersebar di aplikasi whatsapp.

5. Pengenalan Wajah atau Face Unlock

Face Unlock atau yang disebut juga fitur pengenalan wajah inj juga akan menjadi daftar fitur yang bakal dirilis oleh pihak Whatsapp, tujuannya adalah mencegah adanya pembobolan keamanan pada aplikasi whatsapp.
"Dilansir Mashable, anak perusahaan Facebook ini juga akan bersiap merilis  sebuah fitur keamanan face unlock yang fungsinya sama dengan pembuka akses pada smart ponsel. Dengan tambahan fitur pengaman ini, WhatsApp akan lebih sulit dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab".

6. Penambahan Emoji Baru

Berita baik buat pengguna Whatsapp di Tahun 2020, beberapa emoji baru akan dirilis  pada pembaruan Whatsapp Versi 2.19.315. Penambahan emoji tersebut akan menambahkan icon dan emoji terbaru seperti: Icon Cake, Waffle, Cheese serta Emoji Menguap, Manusia Berdiri dan masih banyak lagi.
"Dilansir dari Katadata, Pengguna WhatsApp pada pembaruan 2.19.315 pada 2020 bakal menikmati emoji versi 13.0. Emoji terbaru ini menambahkan ikon seperti cheese cake, waffle, es batu, emoji menguap, emoji manusia berdiri, dan lainnya".
Demikianlah informasi mengenai beberapa fitur baru whatsapp yang akan rilis pada tahun 2020, yang di artikel ini diberi label "6 Fitur Baru Whatsapp di Tahun 2020".