20 + Manfaat Bunga atau Kembang Turi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jarang diketahui inidia kandungan serta Khasiat yang ada didalam Bunga Turi yang memiliki banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan dalam bidang Industri Makanan, Kesehatan dan juga Kecantikan.



Javasiana.com - Bunga Turi adalah salah satu Bunga yang memiliki Warna Merah Muda yang cerah dan juga Kuning keputihan, Bunga Turi merupakan salah satu Bunga yang sering ditemui di Pulau Jawa.

Khususnya daerah Pegunungan, Bukit dan juga Pedesaan. Bunga Turi atau yang lebih dikenal di Masyarakat jawa "Kembang Turi" merupakan salah satu Bunga yang memiliki banyak Khasiat yang salah satunya adalah Ampuh mengobati beberapa Penyakit dalam Kesehatan.

Bentuk Bunga Turi jika dilihat dari jauh lebih menyerupai sebuah Kupu - Kupu yang hinggap disebuah Ranting Pohon, selain Warna putih kekuningan Bunga Turi juga memiliki Warna lainnya seperti Warna Merah Muda yang cerah.

Hal inilah yang membuat beberapa orang tertarik untuk Menanam Bunga Turi, karena selain Memiliki Banyak Khasiat Bunga Turi juga memiliki Visual yang indah dan cocok ditanam di Kebun Rumah anda.

Manfaat, dan Khasiat Bunga Turi

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan Bunga Turi adalah satu dari beberapa Bunga yang memiliki Banyak Manfaat yang salah satunya akan dijelaskan dibawah ini.

A. Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan



Salah satu Manfaat sekaligus Khasiat Bunga Turi yang utama adalah di bidang Kesehatan, Berikut adalah beberapa Kandungan yang ada pada Bunga Turi.
  • Mengandung energi sebesar : 44 kkal
  • Memiliki Kandungan protein : 1,8 g
  • Memiliki Kandungan lemak : 0,6 g
  • Memiliki Kandungan kalsium : 23 mg
  • Memiliki Kandungan fosfor : 29 mg
  • Memiliki Kandungan zat besi : 1mg
  • Memiliki Kandungan vitamin A : 305 IU
  • Memiliki Kandungan Vit. B1 : 0,13 mg
  • Serta Mengandung vitamin C : 41 mg
Beberapa Kandungan Nutrisi diataslah yang membuat Bunga Turi ini ampuh untuk menyembuhkan serta mencegah beberapa Penyakit diantaranya adalah.

1. Mencegah serta Mengobati Sariawan

Beberapa Kandungan Vitamin. C yang ada didalam Bunga Turi adalah alasan kenapa Bunga Turi ampuh meredakan penyakit yang berbau Sariawan, Panas Dalam, Bibir Pecah - Pecah dan masih banyak lagi.

Cara termudah jika anda terkena Sariawan adalah dengan cara mengambil beberapa Bunga Turi lalu meremas - remasnya dan merebusnya hingga mendidih barulah anda bisa meminum airnya untuk membantu meredakan Sariawan yang anda miliki.

2. Mencegah dan Mengobati Sakit Mata

Kembang Turi (Bunga Turi) memiliki Kandungan Vit. A yang membuat mata anda menjadi lebih Terang serta mencegah Sakit Mata, Untuk mengkonsumsinya pun cukup mudah anda bisa menggunakan Bunga Turi sebagai lalapan atau pelengkap makanan.

3. Meredakan Radang Tenggorokan

Bunga Turi memiliki manfaat dan khasiat untuk meredakan Radang Tenggorokan karena mengandung Vit. C yang selain bisa mencegah dan menyembuhkan sariawan juga bisa meredakan Radang Tenggorokan.

4. Menyembuhkan Luka Luar

Bunga Turi adalah salah satu Bunga yang memiliki Kandungan Nitin yang lumayan tinggi khususnya jenis Bunga Turi yang berwarna Merah Mudah. Cara menggunakannya pun cukup mudah yakni hanya menumbuk Bunga Turi yang selanjutnya ditempelkan di bagian luka.

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Kalsium yang ada didalam Kandungan Bunga Turi membuat Tanaman atau Pohon Bunga Turi memiliki Khasiat yakni Baik bagi Tulang baik dalam masa pertumbuhan dan masa penguatan.

Cara mengkonsumsinya pun relatif mudah, anda hanya perlu memakan Buah Turi yang bisa disajikan menjadi Lalapan untuk Makanan sehari - hari anda.

6. Mengatasi Keputihan 

Keputihan yang sering terjadi pada Kaum Hawa adalah salah satu hal yang membuat anda risih, oleh karenanya untuk mengatasi Keputihan maka hal yang bisa anda lakukan adalah perbanyak mengkonsumsi Bunga Turi.

Kandungan Nutrisi yang ada didalam Bunga Turi memiliki Khasiat melawan Bakteri dan Kuman terhadap keputihan. Untuk mengkonsumsinya sendiri anda bisa menumbuk Bunga Turi dan dicampur dengan Kunyit dan diberikan Air.

7. Mengobati Cantengan

Tau gak sih, apa itu Cantengan ? Cantengan adalah Kondisi ketika bagian kuku kita mengalami bengkak dan biasanya berwarna ungu kehitaman. Umumnya hal ini terjadi ketika anda tersandung atau jatuh.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan Daun Tanaman bunga turi. Caranya adalah dengan menumbuk daun bunga turi yang telah dicuci bersih. Kemudian letakkan tumbukan daun tersebut ke bagian kuku yang bengkak, maka dalam beberapa saat rasa nyeri dan warna ungu kehitaman akibat pembekuan darah akan menghilangkan dengan sendirinya.

8. Mengobati Batuk 

Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, Batuk adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang Manusia, tapi tidak perlu khawatir untuk mengobati sakit Batuk anda akar bunga turi memiliki Khasiat menyembuhkan sakit batuk.

Caranya adalah dengan mengambil satu ruas akar bunga turi lalu ditumbuk dan dicampur dengan 1/2 Air Hangat setelah itu anda bisa meminumnya.

9. Mengobati Disentri

Disentri merupakan kondisi dimana ketika anda diare (BAB) disertai dengan darah, hal inipun sempat membuat khawatir jika anda melihat darah keluar dari tempat yang tidak semestinya.

Oleh karenanya untuk mengatasinya anda bisa merebus atau menggodok Bunga Turi setelah itu dinginkan dan minumlah Minimal 2 x sehari.

10. Mengobati Demam Nifas

Demam Nifas adalah kondisi dimana anda mengalami sakit atau demam setelah beberapa hari melahirkan. Untuk mengobati demam nifas berikut ini anda bisa menumbuk daun bunga turi sampai halus dicampur dengan 1/4 air matang dicampur garam.

Selanjutnya gunakan saringan untuk menyaring serat - serat daun yang sudah tidak terpakai dan minumlah air tersebut.

11. Hidung berair dan Sakit Kepala

Selain mengobati sakit batuk Bunga Turi memiliki Khasiat lain yakni mengobati Hidung yang berair dan juga sakit kepala. Caranya adalah tunbuk bunga dan daun bunga turi sekaligus hingga halus tambahkan 1/2 Air matang dan lakukan penyaringan.

12. Mengatasi Pegal Linu

Pagal Linu adalah sakit yang diakibatkan Aktivitas berat yang anda lakukan dalam keseharian anda. Untuk mengatasinya Pegal Linu maka anda bisa menggunakan Akar Tanaman Bunga Turi Berwarna Merah.

Caranya Akar bunga turi tersebut hingga halus dan dicampur dengan 1/4 air, tumbuk hingga menjadi adonan dan oleskan ke beberapa organ bagian tubuh yang pegal - pegal.

13. Melancarkan ASI (Air Susu Ibu)

Beberapa kasus menyebutkan bahwa tidak semua wanita dan para ibu sesudah melahirkan langsung mengeluarkan ASI, karena terkadang butuh waktu berhari - hari atau bahkan berbulan - bulan agar ASI mulai bisa dikonsumsi oleh sang buah hati.

Lalu bagaimana jika ASI tidak keluar atau keluar tapi sedikit, oleh karenanya anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi Bunga Turi putih seperti memakan lalapan seperti biasanya.

14. Baik Untuk Janin

Selain bisa meningkatkan produksi ASI pada Ibu, Bunga Turi juga bermanfaat dan baik untuk Janin yang ada didalam perut sang ibu, Banyaknya Nutrisi yang terkandung didalam Bunga Turi membuat Janin atau Calon Bayi menjadi lebih sehat.

B. Manfaat Bunga Turi di Bidang Produksi 



Didalam bidang produksi Bunga Turi adalah salah satu Bahan yang selain bisa dimanfaatkan untuk Mengobati beberapa penyakit dan Mencegahnya, tapi juga memiliki fungsi lainnya seperti di bidang Industri Restoran, Pakan Ternak dan sebagai berikut adalah penjelasannya.

1. Sebagai Bahan Lalapan

Selain memiliki banyak Khasiat, Bunga Turi juga memiliki rasa yang tak kalah dengan beberapa lalapan dan sayuran lainnya, Bunga Turi umumnya memiliki Rasa pahit tapi tidak pekat dan hal inilah yang membuat orang tertarik dengan rasa pahit Bunga Turi.

Dengan demikian banyak Restoran yang menyajikan beberapa sajian yang dimana salah satu bahan utama pembuatannya adalah Bunga Turi berikut ini.

2. Sebagai Pewarna Alami

Warna merah yang ada pada Bunga Turi adalah salah satu ide sekaligus cara membuat Pewarna Alami makanan yang berkualitas. Selain dari pada Daun pandan, Kunyit.

Bunga turi adalah salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Pewarna Alami warna Merah. Tak hanya bunganya saja Getah pohon Turi pun juga bisa dimanfaatkan untuk membuat Pewarna untuk kerajinan bambu.

Salah satu contohnya adalah pengerajin anyaman bambu di kebumen yang memanfaatkan Getah Pohon turi sebagai pewarna.

3. Bahan Pengawet Pada Kayu

Selain sebagai bahan pewarna, Bunga Turi juga bisa dimanfaatkan sebagai Bahan Pengawet pada kayu, bagian yang berfungsi untuk mengawetkan Kayu tersebut tidak lain adalah Getah dari Batang Pohon Bunga Turi.

Yang selanjutnya dicampurkan Cat yang akan dioleskan Batang Kayu sehingga Kayu tersebut tidak akan dimakan rayap.

4. Pakan Ternak

Terakhir Bunga Turi juga bisa dijadikan sebagai Bahan Baku pembuatan pakan ternak anda dengan cara menggunakan Bunga Turi sebagai bahan dasar pembuatan pakan ternak.

Dengan cara ini maka ternak - ternak anda pun akan sehat - sehat karena Bunga Turi sendiri memiliki banyak Nutrisi yang akan membantu pertumbuhan Ternak anda.

C. Manfaat Bunga Turi di Bidang Kecantikan

Bunga turi selain bisa dijadikan sebagai solusi dan Mengobati kesehatan dan juga beberapa industri produksi juga bisa dimanfaatkan untuk anda jika ingin selalu tampil cantik, berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus adalah impian banyak wanita, salah satu hal agar wanita bisa dikategorikan Cantik merupakan seorang wanita yang memiliki kulit halus.

Salah satu cara untuk menghaluskan kulit anda adalah dengan cara menumbuk Buah Bunga Turi ditambah dengan sedikit air hingga menjadi adonan selanjutnya oleskan pada bagian kulit yang kasar.

2. Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat di muka adalah hal yang sangat mengerikan untuk sebagai orang, umumnya jerawat akan muncul ketika anda dalam masa pubertas proses menuju kedewasaan.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami anda bisa menggunakan Pucuk bagian turi selanjutnya ditumbuk dan dijadikan masker wajah.

Demikian adalah berbagai manfaat Bunga Turi dibeberapa bidang yang ada.