8 Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Hang atau Stuck

Hp Android anda Hang atau Stuck tidak bisa dimatikan, ditekan, hal ini sering terjadi dibeberapa Smartphone lama dengan Spesifikasi yang rendah. Berikut adalah "Cara Mengatasi Android Yang Hang".


Cara Atasi Hp Android Yang Hang atau Stuck Beserta Penyebabnya

Ponsel atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan Smartphone (Telepon Pintar) telah menjadi kebutuhan yang sangat penting, Pengguna Smartphone pun digadang - gadang mencapai berjuta - juta jiwa atau bahkan melebihi hingga mencapai angka trilliun.

Kemajuan Teknologi Telepon Genggam lah yang membuat banyak orang ketergantungan dengan adalah Smartphone berikut ini. Dari mulai untuk belajar, bekerja, komunikasi, hiburan semua hal ini digantungkan pada Smartphone yang merupakan efek kemajuan ilmu teknologi.


Sayangnya untuk beberapa ponsel yang mungkin anda gunakan ada beberapa jenis yang mungkin menyebabkan beberapa masalah yang membuat anda kesal pada saat itu, Contohnya adalah saat anda menerima Telepon dari Sanak saudara tiba - tiba ponsel tersebut Ngelag (Hidup tapi tidak bisa merespon).

Hal inilah yang membuat anda kesal dan akhirnya mencari cara untuk mengatasinya sekaligus untuk mencari tahu apa penyebabnya, Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Ponsel Hang ?

Ponsel atau Hp Android yang Hang adalah kondisi dimana ponsel dalam keadaan menyala tapi tidak bisa digunakan atau tidak merespon aktivitas yang kita lakukan.

Dalam hal ini mungkin ada banyak hal yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah Ram, atau Rom yang full, Hp Android yang sudah usang dan masih banyak lagi. Oleh karenanya berikut dibawah ini adalah penyebab sekaligus cara atasi Hp Hang atau Macet beserta penjelasan penyebabnya.

Penyebab dan Cara Atasi Hp Android Hang atau Lag

Hp Android (Smartphone) anda Lag, Stuck atau Hang. Berikut ini mungkin menjadi salasalah satu faktor yang membuat ponsel anda macet dan Not Responding.

1. Kapasitas Memori Rendah dan Sudah Mencapai Ambang Batas

Penyebab ponsel anda hang yang pertama bisa jadi adalah karena Kapasitas Penyimpanan Internal ataupun Eksternal yang hampir full atau masuk ke Ambang Batas. Oleh karenanya ponsel anda sering mengalami yang namanya Not Responding.

Tidak bisa diakses sama sekali meskipun Smartphone itu hidup, lalu Bagaimana Cara Mengatasinya. Berikut ini adalah solusinya.

Cara Mengatasinya:
  • Kosongkan memori internal anda hapus Chace Aplikasi, Gambar yang tidak berguna, Video dan semacamnya.
  • Pindahkan File - File penting anda ke  Memory Card baru anda, atau Backup menggunakan penyimpanan Google Drive.
  • Gunakan Kapasitas Eksternal Card yang besar dan pindahkan File dari Internal anda.
  • Hapus Aplikasi atau Game yang tidak digunakan atau tidak berfungsi.

2. Penggunaan Ram yang berlebihan

Banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar merupakan faktor yang menjadi penyebab sekaligus jawaban kenapa ponsel anda mengalami Hang atau Lag yang parah.

Kebanyakan dari Hp Android ini adalah tipe Android yang memiliki Kapasitas Ram dibawah 1,5 Gb. Lalu bagaimana cara mengatasinya berikut ini adalah solusi dan jawaban dari pertanyaan anda.

Cara Mengatasinya:
  • Hapus Ram atau Stop aplikasi yang berjalan dibelakang layar, dalam hal ini anda tidak perlu menggunakan aplikasi - aplikasi lainnya, karena aplikasi tersebut hanya akan membuat ponsel semakin berat.
  • Blokir aplikasi yang sering berjalan dibelakang layar, seperti Whatsapp, Line, Bbm dan semacamnya.
  • Upgrade Ponsel, dalam hal ini adalah membeli ponsel dengan Ram yang lebih besar.

3. Android Terdeteksi Memiliki Virus

Jika anda merasa bahwa ada beberapa hal yang janggal dengan ponsel anda padahal pada saat itu Kapasitas Memori anda Kosong dan tidak ada aplikasi yang berjalan yang menyebabkan penumpukan pada Ram anda.

Mungkin ada yang salah dengan itu, maka tidak ada salahnya anda mengecek Hp Android anda ketika itu. Apakah ponsel anda terdeteksi Virus atau semacamnya. Jika ya maka berikut adalah solusi termudah untuk mengatasinya.

Cara Mengatasinya:
  • Cari tahu letak virus tersebut.
  • Jika bisa gunakan aplikasi deteksi virus dan hapus virus secara otomatis.
  • Hapus virus manual biasanya dalam bentuk file yang tersimpan di Internal atau Eksternal Card.

4. Penggunaan Walpaper Bergerak (Animasi)

Dalam hal ini Walpaper Animasi membuat ponsel anda lebih banyak menggunakan Ram yang memicu, Android tersebut Macet tiba - tiba. Hal inilah yang perlu diubah dan jika anda khawatir dengan tampilan yang monoton maka gunakan Walpaper HD tapi tidak bergerak

Cara Mengatasinya:
Maka untuk mengatasinya anda perlu melakukan tindakan - tindakan berikut ini:
  • Ganti Walpaper dengan Walpaper Biasa.

5. Tipe OS Android Yang Sudah Lama atau Ketinggalan Jaman

Os Android adalah sistem operasi khusus yang dirancang untuk mengoperasikan perangkat Seluler telepon anda, terkadang karena ponsel anda terlalu Usang maka beberapa sistem mungkin tidak berjalan dengan baik.

Maka apa solusinya untuk mengatasi hal ini, berikut ini adalah penjelasan mudah untuk hal ini.

Cara Mengatasinya:
  • Upgrade OS Android ke versi yang lebih baru.
  • Jika langkah diatas tidak bisa dilakukan maka jalan satu - satunya adalah dengan menukar ponsel anda.

6. Terlalu Lama Menggunakan Ponsel

Tanpa disadari mungkin anda terlalu lama menggunakan Ponsel anda yang membuat ponsel menjadi lebih panas, oleh karenanya hal ini membuat ponsel tersebut jadi lebih mudah mengalami Macet yang biasa disebut dengan Ponsel Hang lalu apa solusinya berikut penjelasannya.

Cara Mengatasinya:
  • Matikan Android beberapa menit 15 - 30 Menit.
  • Diamkan Ponsel anda, tapi sebelum itu kosongkan aplikasi yang berjalan.
  • Nonaktifkan Data Seluler jika tidak digunakan.

7. Hapus Aplikasi Seperti Pembersih Ram atau Rom

Banyak orang menganggap bahwa aplikasi seperti ini membuat ponsel jadi lebih Ringan dan cepat tapi pada penerapannya sebenarnya hal ini berbanding terbalik dengan tujuan awal anda.

Pada kenyataannya Aplikasi Seperti ini hanya menghambat jalannya aplikasi yang hendak berjalan yang membuat kesalahan - kesalahan yang tidak anda keyahui, Selain itu Aplikasi ini pada umumnya hanya membuat Ponsel anda jauh lebih berat dari sebelumnya karena akan berjalan dibelakang layar tanpa disadari.

Untuk itulah anda mungkin harus menghapus aplikasi - aplikasi tersebut karena pada dasarnya Ponsel anda sudah memiliki sistem untuk menghapus Ram, Rom dan melakukan pengecekan secara berkala.

Cara Mengatasinya:
  • Hapus Aplikasi - aplikasi tersebut.
  • Dan gunakan Aplikasi Bawaan Ponsel anda sendiri untuk mengatasinya.

8. Lakukan Tindakan Terakhir, Yakni Factory Reset

Factory Reset adalah tindakan dimana ponsel anda akan kehilangan semua data yang ada baik itu data dari Aplikasi, File dan lainnya. Dalam keadaan itu maka ponsel tersebut ada dalam keadaan awal sebelum Ponsel digunakan.

Cara ini adalah, cara terakhir yang bisa dilakukan, untuk itu berikut ini adalah beberapa cara atau langkah untuk melakukan Factory Reset.
  • Buka menu Settings
  •  Buka menu Backup & reset di bawah menu Personal
  •  Tap Factory data reset di bawah menu Personal data 
  • Bacalah informasi penanda di layar  telepon anda dan jika setuju tekan Reset phone
  • Selanjutnya Akan muncul peringatan bahwa proses selanjutnya akan menghapus semua data dari penyimpan internal ponsel
  •  Saat ponsel selesai melakukan proses penghapusan, pilih opsi untuk restart ponsel Anda.
  • Selesai
Demikian adalah cara dan solusi yang bisa anda lakukan jika ponsel atau Smartphone Android anda macet atau Hang.