Petak Umpet: Sejarah, Pengertian, Aturan Main, dan Cara Bermain Petak Umpet


Hello sobat javasiana, pernah gak sih kalian bermain permainan Petak Umpet sebelumnya. Petak Umpet sendiri merupakan permainan yang banyak dimainkan sebelum Tahun 2000 dilalui.


Sekarang permainan ini kian hari semakin hilang dari daftar permainan Tradisional yang dimainkan di Indonesia, hal ini tidak lain karena dipengaruhi oleh kemajuan Ilmu Teknologi di Indonesia yang membuat anak - anakpun meninggalkan permainan berikut ini.

Sebelumnya tau gak sih sob, kalo permainan ini sangatlah menyenangkan selain menyenangkan permainan ini juga membuat kita yang memainkannya harus berfikir kreatif bagaimana cara mencari tempat persembunyian yang cukup sulit ditemukan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang permainan Petak Umpet berikut ini, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang Permainan Tradisional berikut ini.

Sejarah Petak Umpet di Indonesia

Petak Umpet adalah sebuah permainan tradisional yang diperkirakan ada sejak abad ke-2 setelah masehi, yang masih belum jelas dimana asal usul atau letak pasti (pertama kali) ada di daerah mana di Indonesia.

Petak Umpet sendiri merupakan permainan yang tak hanya ada di Indonesia saja loh sobat, dilansir dari Encyclopedia Britannica, permainan ini juga pernah tertulis dalam sebuah karya penulis asal Yunani yakni Julius Pollux ketika ada jenis permainan serupa yang disebut dengan Apodidraskinda. 

Sekarangpun, di Yunani sendiri permainan jenis ini disebut sebagai Kryfto yang dianggap sama dengan model dari permainan petak umpet sendiri.

Jadi bisa dipastikan jika permainan petak umpet bukan satu - satunya permainan yang ada di Indonesia, tapi juga salah satu permainan yang ada beberapa belahan dunia yah sobat.

Wah tidak disangka permainan Tradisional yang tidak pernah kita sangka - sangka ini juga merupakan permainan Khas Tradisional yang bahkan juga banyak dimainkan oleh negara - negara di Dunia.

Apa Itu Petak Umpet ?

Pengertian Petak Umpet, Petak Umpet ialah sebuah permainan Tradisional di Indonesia dimana biasanya dimainkan oleh beberapa orang banyaknya sekitar 3, 6, hingga 9 orang. Permainan petak umpet merupakan permainan yang di mainkan di Luar Ruangan. Di awali dengan satu orang yang berjaga disebuah tiang sambil menutup mata.

Sambil menghitung beberapa teman lainnya bersembunyi di tempat yang telah di beri batasan, ketika hitungan pun dihentikan maka penjaga tersebut harus bisa menemukan beberapa teman lainnya yang bersembunyi.

Sambil menjaga tiang atau pohon yang dijadikan tempat sandaran sebelumnya agar tidak tersentuh oleh pemain yang sedang bersembunyi. 

Manfaat Bermain Petak Umpet

Permainan Petak Umpet selain membuat anak - anak menjadi senang dan bahagia, beberapa manfaat lainnya dari bermain Petak Umpet akan kami hadirkan dibawah ini.
  • Membuat anak lebih aktif lagi.
  • Membuat anak tidak jenuh dengan keadaan di rumah.
  • Belajar Berhitung.
  • Berfikir Kreatif
  • Anak lebih bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya.
  • Melatih Sportivitas Anak.
Sebenarnya jika dijelaskan lebih mendetail anda bisa mengambil banyak manfaat dari permainan petak umpet tapi untuk mempersingkat waktu beberapa manfaat diatas saya rasa cukup jika hanya sebatas untuk menambah pengetahuan anda tentang Petak Umpet.

Aturan Permainan Petak Umpet

Dalam setiap permainan pastinya terdapat aturan yang harus ditaati dan disepakati bersama, berikut ini adalah beberapa aturan dalam bermain Petak Umpet.
  • Petak Umpet hanya bisa dimainkan jika memiliki pemain yang cukup yakni 3 - 9 orang.
  • Satu orang pemain akan dipilih sebagai penjaga dalam pemilihan yang telah disepakati (Anda bisa menggunakan  pemilihan Gambreng) untuk mempermudah.
  • Satu pemain penjaga harus menghitung sebanyak yang telah disepakati, sedangkan pemain lain bersembunyi.
  • Pemain yang menjaga tiang tidak boleh melihat, mengintip, atau diberi tahu oleh beberapa orang dimana letak pemain lainnya yang, bersembunyi.
  • Pemain yang bersembunyi tidak boleh bersembunyi terlalu jauh, atau tempat yang telah dibatasi sebelumnya.
  • Pemain penjaga setelah hitungan selesai tidak boleh hanya diam saja di tiang atau pohon yang harus dijaga.
  • Biasanya waktu untuk menemukan pemain yang bersembunyi disepakati dalam jangka waktu 10 hingga 20 Menit saja.
  • Penjaga bisa menyerah jika pemain lainnya tidak ditemukan.
  • Pemain yang bersembunyi jika bisa menyentuh pohon atau tiang di jaga bisa dikatakan pemenangnya.
  • Sedangkan yang tertangkap atau ditemukan adalah pemain yang kalah.
Nah itulah sob, beberapa aturan yang wajib ditaati jika anda bermain permainan Petak Umpet ingat permainan akan menyenangkan jika setiap pemain tidak melanggar aturan yang telah dibuat.

Berikutnya kita akan belajar tentang Bagaimana tahapan dan langkah - langkah cara bermain Petak Umpet yang benar.

Cara Bermain Petak Umpet yang Benar

Untuk bermain petak umpet maka sebelumnya ada 3 tahapan persiapa yang harus dilewati, apa saja tahapan - tahapan yang harus dilewati ? Yang pertama Persiapa, permainan, Pengulangan.

1. Tahap Persiapan

Tahapan persiapan adalah tahap diman anda harus mempersiapkan Tiang (Pohon), Batas Wilayah, Hitungan , waktu mencari, Penjaga, dan juga Pemain yang bersembunyi. Pada tahapan ini maka anda dituntut untuk menyepakati Tiang mana yang nantinya harus dijaga oleh penjaga.

Kedua, anda juga harus memilih pemain yang harus menjaga dan bersembunyi, biasanya untuk memilih siapa yang bersembunyi dan siapa yang menjaga dilakukan sebuah pilihan yang disebut Gambreng atau Hom Pim Pa.

Setelah semua persiapan tentang tiang dan penjaga disepakati, maka selanjutnya adalah menentukan wilayah mana saja yang tidak boleh dilewati atau dihuni sebagai tempat persembunyian biasanya diberlakukan batasan saat pemain harus bersembunyi.

Tak hanya itu ands juga harus menentukan kira - kira berapa hitungan yang harus digunakan saat proses sembunyi.

2. Tahap Permainan

Tahap permainan adalah tahapan yang dimulai dari hitungan satu ssmpai puluhan sesuai kesepakatan sebelumnya, berikut adalah langkah -langkah tahap permainan.
  • Pemain penjaga harus menjaga pohon, sambil menutup mata (Tidak Boleh Melihat dan Mengintip) sambil mengitung dengan keras.
  • Pemain yang bersembunyi harus menemukan tempat persembunyiannya.
  • Ketika hitungan selesai, pemain penjaga harus menemukan pemain yang bersembunyi dalam jangka waktu 10 - 20 Menit (sesuai kesepakatan).
  • Pemain bersembunyi yang berhasil menyentuh tiang terlebih dahulu sebelum pemain penjaga menjadi pemenang dalam permainan.
  • Sedangkan yang tidak berhasil menjadi pemain yang kalah.

3. Tahap Pengulangan

Tahapan pengulangan adalah tahapan dimana semua pemain yang kalah dikumpulkan untuk mengulang permainan yakni; melakukan pengundian siapa yang harus menjaga Tiang atau pohon selanjutnya.

Sedangkan pemain yang menang bebas dari tanggungan untuk menjadi penjaga tiang dan otomatis menjadi pemain yang bersembunyi.

Kesimpulan

Dari artikel kali ini kita dapat menyimpulkan bahwa permainan Tradisional adalah salah satu budaya sekaligus permainan yang perlu kita lestarikan di era Modern ini.

Selain menyenangkan permainan ini juga melatih beberapa saraf otot dan otak kita dan juga tidak menimbulkan dampak negatif yang sangat signifikan terhadap