5 Sumpah Karate Makna dan Artinya


Sumpah Karate

Hello sahabat siana pembahasan kita kali adalah berkaitan dengan Olahraga Seni Bela diri Karate, lebih tepatnya 5 Sumpah dan Makna yang terkandung didalam Sumpah Karate.

Apa itu Karate ?

Karate sendiri adalah Olahraga Seni Bela Diri yang berasal dari Jepang yang kemudian tersebar di Indonesia oleh beberapa Tokoh pendirinya, Karate sendiri merupakan Olahraga yang mengandalkan Kekuatan Fisik semata.

Kecepatan, Ketangkasan dan Power ketiganya merupakan Kunci menjadi seorang Karate-Ka yang berhasil baik dari Segi Seni Bela Diri dan juga Prestasi. Tapi kembali lagi sebagai seorang Karate-Ka kita juga memiliki Jiwa Seorang Karate Sejati.

Salah satu syarat sekaligus pedoman bagi Seorang Karateka adalah Menghafal, Menelaah serta Mempraktekkan Kelima Sumpah Karate sebagai Simbol sejati mereka.

5 Sumpah Karate

Berikut ini adalah 5 Sumpah Karate yang wajib dihafal, dan juga di praktekkan oleh setiap Atlit, Karate-Ka, Senior, Junior.

1. Sanggup Memelihara Kepribadian

(Jinkaku Kansei Ni Tsutomuju Koto) Setiap Karate-Ka wajib yang namanya Memelihara Kepribadian, maksudnya anda harus bisa menjaga pribadi anda yang sejatinya adalah seorang Karate-Ka dengan cara bersikap biasa layaknya orang biasa pada umumnya.

Tidak menunjukkan, menyombongkan dirinya kalau ia adalah seorang Karate karena sejatinya Seni Bela Diri sesungguhnya adalah untuk membela diri serta orang - orang lemah yang membutuhkan bantuan anda.

2. Sanggup Patuh Pada Kejujuran

(Makoto No Michi O Mamoju Koto)
Kekuatan tidak selamanya di ukur dari Seberapa kuat ia mampu mengangkat beban atau seberapa hebat ia mempu mengalahkan seseorang.

Karena kekuatan yang sejati berasa dari hati yang bersih dan suci, setiap Karate-Ka dituntut untuk selalu disiplin dan juga jujur tentang apapun itu, baik atau buruk, pahit atau manis, berat atau ringan hukuman yang akan di diterima maka ia wajib mengatakan sejujurnya apa yang ia Ketahui.

3. Sanggup Mempertinggi Prestasi

(Doryoku no seishin o yoshinau koto)
Selain memiliki kemampuan Bela Diri seorang Karate-Ka dituntut untuk menyeimbangkan antara Kemampuan, Kekuatan, Rohani dan Prestasi baik itu Akademik maupun Non-Akademik.

Terutama yang paling penting adalah Membanggakan Orangtua, Dojo, serta teman - teman anda tentang prestasi yang andabisa peroleh dari Seni Bela Diri Karate.

4. Sanggup Menjaga Sopan Santun

(Reigi o omonzuju koto)
Memiliki Kemampuan Bela Diri tidak membuat anda semena - mena terhadap apa yang ada di sekitar anda, Oleh karenanya anda dituntut untuk menjaga Kepribadian serta Atidude (Sikap) anda dimanapun dan kapanpun anda berada.

5. Sanggup Menguasai Diri

(Kekki no you o imashimuju koto)
Hal yang paling sederhana tapi sulit untuk dijalani adalah "Menguasai Diri" jangan mudah terpancing dengan suasana yang memojokkan anda agar melukai seseorang dengan Bela Diri yang anda miliki.

Karena sejatinya Bela Diri digunakan untuk Membela Diri dari hal yang mencelakai, dan juga mebela orang - orang yang membutuhkan bantuan anda.

Kesimpulan

Jadi apa yang bisa kita dapatkan dari hal ini, yang terpenting adalah kita sebagai Manusia harus menjaga Attitude anda meskipun anda memiliki kelebihan yang sejatinya ada dalam diri anda.