Antibodi Dapat Menunjukkan Respon Imun Terhadap Antigen Melalui Cara?


Antibodi Dapat Menunjukkan Respon Imun Terhadap Antigen Melalui Cara?

Berikut ini adalah beberapa Jawaban yang telah Terverifikasi seputar Cara Antibodi Menunjukkan Respon terhadap Antigen. Tapi sebelum itu marilah Kita mengenal Kembali Apa itu Antigen dan Antibodi.

Apa Itu Antibodi ?

Antibodi adalah jenis Protein kecil yang beredar di Aliran darah dan disebut juga sebagai fungsi Kekebalan Tubuh atau Imune Tubuh. Antibodi berperan sebagai pertahanan terhadap Virus atau Penyakit yang menyerang Tubuh Manusia.

Antibodi merupakan Sel Darah Putih yang merespon adanya Virus Penyakit yang menyerang Tubuh. Banyak jenis Imune yang wajib anda ketahui Salah satunya adalah.
  • Immunoglobulin A (IgA)
  • Immunoglobulin E (IgE)
  • Immunoglobulin G (IgG)
  • Immunoglobulin M (IgM)

Pengertian Antigen

Antigen (Molekul yang merangsang Respon Imune, sistem Kekebalan Tubuh), merupakan zat yang dapat merangsang respon imun terhadap Tubhh. Khususnya dalam menghasilkan antibodi. 

Antigen bisa berupa protein atau juga polisakarida, tetapi dapat juga berupa molekul lainnya, termasuk molekul kecil (hapten) yang bergabung dengan Carrier (Protein Pembawa).

Lalu Bagaimanakah Antibodi Dapat Menghasilkan Respon Imun Terhadap Antigen ?

Jawaban: Reaksi Antigen dan Antibodi dapat terjadi jika Antigen / zat asing ini merangsang adanya sistem kekebalan tubuh kita krn zat - zat Antigen "Mengancam" fungsi normal tubuh anda dan tubuh pun merespon utk melindungi diri dan menghancurkan antigen dengan Sistem Imune atau Antibodi.