Cara Daftar KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah Terbaru

Cara Daftar KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah Terbaru

Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, berikut adalah tata cara pendaftaran KIP Kuliah lengkap beserta Penjelasannya.

Telah dibuka beberapa hari yang lalu, mungkin beberapa dari kalian belum bisa atau Bingung tentang tata cara mendaftar sekaligus syarat dan ketentuan pendaftaran KIP Secara Online di laman KIP Kuliah.

Mengenal KIP Kuliah

Apa itu KIP Kuliah ? KIP Kuliah atau yang lebih dikenal dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah sebuah program bantuan pembiayaan bagi Lulusan SMA/SMK Sederajat yang ingin melanjutkan ke Jenjang yang lebih tinggi yakni Kuliah.

Dimana para anggota penerima bantuan tersebut terdaftar sebagai pendaftaran yang tergolong Tidak mampu secara ekonomi dan memiliki Prestasi Akademik yang baik. Hal ini telah ditetapkan Pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik". Bunyin Pasal 76 UU No.12 Tahun 2012.
Selain itu agar bisa menjadi Penerima bantuan berupa KIP Kuliah, maka ada beberapa syarat yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Persyaratan Penerima KIP Kuliah

Agar terdaftar sebagai Calon Penerima atau sebagai Penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah, maka sebelumnya anda harus memenuhi Persyaratan yang harus anda lengkapi dibawah ini.

1. Lulusan SMA / SMK Sederajat


Penerima KIP Kuliah adalah Siswa SMA / SMK Sederajat yang akan lulus pada tajun berjalan (tahun dimana anda harusnya lulus)  atau Lulusan 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Memiliki Potensi Akademik Yang Baik


Penerima KIP Kuliah haruslah memiliki Potensi Akademik atau Nilai Akademik  yang baik tapi tetap memiliki Keterbatasan Ekonomi yang didukung dengan bukti Dokumen yang Sah dari pemerintahan.

3. Lulus Seleksi 


Para Penerima KIP Kuliah nantinya akan di Seleksi pada Penerima Mahasiswa Baru baik dari PTN, PTS maupun Prodi dengan Akreditasi A & B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

4. Terdaftar Sebagai Penerima Program bantuan dari Pemerintah

Para peserta KIP Kuliah haruslah dari keluarga yang benar - benar tidak mampu dalam ekonominya dan dibuktikan dengan Dokumen resmi dari Pemerintahan.

Cara Daftar KIP Kuliah Online di Situs KIP Kuliah

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah bisa anda lakukan secara Online di Halaman KIP Kuliah atau dari Aplikasi Online yang bisa anda unduh di Playstore atau App Store dengan nama "KIP Kuliah Mobile Apps".

Untuk langkah - langkah pendaftaran KIP Kuliah secara Online anda bisa mengikuti panduan dibawah ini.
  1. Pertama - tama para penerima KIP Kuliah yang telah terverifikasi bisa mendaftar KIP Kuliah di Halaman KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.  atau secara Mobile Version dengan mengunduh "KIP Kuliah Mobile Apps" di Playstore.
  2. Selanjutnya siswa bisa mengisikan NIK, NISN, NPSN serta berkas kelayakan KIP Kuliah di Halaman KIP Online maupun Versi Apps.
  3. Selanjutnya Sistem KIP Kuliah Online akan melakukan Validasi Data NIK, NISN, NPSN, serta berkas - berkas kelayakan KIP Kuliah lainnya.
  4. Jika proses Validasi berhasil maka selanjutnya mengirimkan anda kode Pendaftaran dan Kode Akses KIP Kuliah di Email pendaftar.
  5. Setelah menyelesaikan Proses Pendaftaran awal, maka Siswa akan diarahkan menuju Halaman berikutnya. Dimana siswa bisa memilih Proses Seleksi yang nantinya akan di ikuti baik itu SBMPTN, SNMPTN, SMPN, Mandiri dan sebagainya.
  6. Selanjutnya siswa akan diminta menyelesaikan Proses Pendaftaran di Situs portal atau Sistem Informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi sesuai sistem yang dipilih.
  7. Terakhir bagi para siswa terpilih dan telah lolos beberapa tahap seleksi bisa melakukan proses Verifikasi ke Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih manual.
Nah, sobat itulah tadi beberapa langkah mudah daftar KIP Kuliah Online di Situs Resmi Kemendikbud. Selanjutnya untuk melengkapi informasi tentang KIP Kuliah kami sajikan Fasilitas yang akan diterima oleh Penerima KIP Kuliah.

Fasilitas Penerima KIP Kuliah

Berikut dibawah ini adalah beberapa Fasilitas yang bisa anda dapatkan sebagai Penerima KIP Kuliah.
  • Bebas dari biaya Seleksi Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi Nasional.
  • Bebas dari Pembiayaan Kuliah dan Pendidikan (Dibayarkan langsung ke PTN Terpilih).
  • Bantuan biaya hidup senilai Rp. 700.000 Rupiah per bulannya.

Kesimpulan

Demikian adalah panduan lengkap tata cara pendaftaran KIP Kuliah Online di Situs Resmi KIP Kuliah maupun Via Mobile Apps. Dari apa yang kita baca diatas dapat disimpulkan buat kalian yang ingin Kuliah tapi terhalah biaya kuliah yang mahal.

Jangan mudah putus asa, karena anda tetap bisa menjadi Mahasiswa di PTN yang anda impikan dengan cara belajar dengan giat, serta lolos persyaratan - persyaratan yang telah dijelaskan diatas.