[Panduan Lengkap ]: Cara Daftar SNMPTN Terbaru 2020


Dibuka hari ini, Pendaftaran SNMPTN menjadi Salah satu trending di Penelusuran Google. Kali ini admin akan sharing Tata Cara dan Syarat Pendaftaran SNMPTN untuk lulusan SMA / SMK Sederajat.

Pendaftaran SNMPT sebelumnya telah dibuka pada Jumat, 14 Februari 2020 pada pukul 14.00 sehari sebelum Artikel ini di Publish. Dan akan ditutup pada Tanggal 27 Februari 2020.

Sebelumnya sudah taukah anda dengan Apa Itu SNMPTN ? SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu upaya / jalur Masuk ke PTN yang anda inginkan. 

Berbeda dengan Jalur lainnya seperti SBMPTN, untuk SNMPTN proses seleksi dinilai secara Nasional dan dilihat dari Nilai Rapot semester (1) hingga Semester (5) serta Prestasi yang dicapai selama anda bersekolah.

Proses ini tidak mengharuskan anda untuk mengikuti Tes Tulis karena faktor penentu anda masuk atau tidak di PTN tersebut dihitung dari Nilai Rapot Semester anda.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2020

Siswa atau Murid yang berhak mengikuti Seleksi SNMPTN adalah Siswa yang telah memenuhi Syarat dibawah ini.
  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi (Di utamakan)
  • Memiliki NISN yang terdaftar / terverifikasi di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. Semester 5 yang sebelumnya telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi pendaftar SMK dengan masa belajar empat tahun.
  • Memiliki prestasi akademik serta telah memenuhi syarat - syarat yang ditentukan oleh masing-masing PTN di Indonesia.
Sedangkan Syarat untuk sekolah agar Siswanya bisa mengikuti SNMPTN adalah.
  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  • Telah Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan juga Siswa (PDSS).

Cara Mendaftar SNMPTN Terbaru 2020

Adapun Bagaimana Cara pendaftaran SNMPTN akan dijelaskan dibawah ini dengan Lengkap.

1. Login Siswa

Pendaftaran SNMPTN untuk langkah pertamanya adalah Log-In dengan Akun anda yang meliputi NISN dan Pasword yang telah diberikan pihak sekolah Kepada anda ke Halaman dibawah ini https://web.snmptn.ac.id/.

Bagi anda pendaftar pertama biasanya anda direkomendasikan untuk mengganti Pasword anda agar tidak terjadi pencurian akun atau Semacamnya.

2. Menyetujui Persyaratan

Setelah Log-In menggunakan Akun anda, jangan lupa Untuk menyetujui Persyaratan dan Ketentuan yang ada.

3. Proses Pendaftaran

Pada tahap ini maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman pendaftaran untuk yang pertama kalinya, berikutnya klik pada Buka Formulir Pendaftaran.

Pada Formulir tersebut nantinya anda akan diminta mengisi 4 Bagian Utama yang meliputi; 1.) Pemilihan PTN, 2.) Pengunggahan Foto 3.) Mengisi Form Pendaftaran.

4. Pemilihan PTN

Pada tahap ini, anda akan diminta untuk memilih PTN yang ingin anda masuki, anda diberi kesempatan memih 2 PTN dengan Prodi yang anda inginkan.

5. Mengunggah Foto

Proses ini dilakukan untuk memverifikasi identitas sekaligus sebagai Tanda pengenal anda nantinya, Untuk itu maka Foto yang baik dan memenuhi Syarat untuk di Upload di Web Resmi Pendaftaran SNMPTN haruslah berkualitas dan memenuhi kriteria dibawah ini.
  • Wajah Nampak Jelas
  • Pakaian Rapi dan Sopan (Seragam Sekolah)
  • Ukuran Foto harus menggunakan Rasio 4 x 6 dengan Ukuran Maximal 400 x 600 Pixel.
  • File Maximal 1Mb, jika lebih anda bisa Mengompres Foto tersebut.

6. Mengisi Form Pependaftaran

Tahap selanjutnya setelah Proses Upload Foto adalah Mengisi Formulir Pendaftaran yang meliputi Bio Data, Pemilihan PTN dan Pastikan tanda (*) telah diisi dengan Benar.

7. Mengisi Prestasi 

Pada tahap ini anda akan diminta untuk mencantumkan Prestasi Akademik dan Non Akademik yang anda miliki serta Mengupload Bukti Berupa Piagam atau Sertifikat yang anda miliki.

8. Portofolio

Tahapan ini adalah tahap yang dikhususkan untuk anda yang memilih Jurusan atau prodi Seni dan Olahraga saja, jadi anda yang tidak memiliki Prodi tersebut tidak perlu mengisi Portofolio tersebut.

Untuk mengunggah Portofolio maka anda harus klik pada Portofolio, selanjutnya pilih template yang telah tersedia. Selanjutnya anda bisa mengupload Portofolio tersebut berupa Aktivitas sesuai prodi anda.

Maksimal File jika Portofolio tersebut berbentuk Video adalah 15 Mb dan Maximal untuk Portofolio adanya 10 Mb tidak boleh lebih dari itu.

9. Verifikasi Peserta Bidikmisi

Bagi anda yang termasuk dalam peserta Bidik Misi maka anda diharuskan untuk Verifikasi Peserta Bidikmisi Caranya adalah Klik Pada Box BidikMisi lalu Centang Untuk Verifikasi.

Peserta Bidikmisi tidak bisa mengikuti atau memilih Program Universitas Islam Indonesia. Serta proses ini hanya untuk peserta pilihan Bidikmisi saja jika ands tidak termasuk kedalam Peserta Bidikmisi anda bisa melewati Langkaj ini.

10. Finishing & Cetak Kartu Peserta

Tahapan ini adalah Tahapan terkahir yang akan anda lalui, dimana anda akanakan diminta untuk Mencentang semua Kelengkapan dan Persyaratan yang ada selanjutnya klik Finalis atau Save jika anda masih Ragu.

Setelah anda klik Finalis pendaftaran maka anfa harus mencetak Kartu Peserta Pendaftaran sebagai bukti sekaligus tanda jika anda telah mendaftarkan diri anda sebagai Peserta SNMPTN 2020.

Kesimpulan

Demikian adalah tutorial cara mendaftar SNMPTN untuk melihat Pengumuman Hasil Rekap dan Seleksi SNMPTN, maka anda bisa mengunjungi Web Resmi atau Web Pendaftaran anda, untuk Pengumuman SNMPTN sendiri akan diumumkan pada 04 April 2020.