Cara Syekh Maulana Ishaq Menyebarkan Agama Islam di Blambangan


Cara Syekh Maulana Ishaq Menyebarkan Agama Islam di Blambangan

Pembahasan kita pada artikel kali ini adalah tentang Salah satu Saudara Kandung dari 9 Wali Wali Allah yang ada di Indonesia yang juga sering disebut sebagai Wali Songo. Melihat beberapa kawan - kawan yang bingung dan banyak mencari jawaban tentang Syekh Maulana Ishaq (Saudara dari Sunan Maulana Malik Ibrahim) .

Lebih dari itu kali ini kita juga akan mengenal Biografi Syekh Maulana Ishaq dan Bagaimana Cara - Cara serta Cerita beliau ketika Menyebarkan Agama Islam di Nusantara.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Syekh Maulana Ishaq dan Bagaimana Beliau Menyebarkan Agama Islam di Blambangan

Syekh Maulana Ishaq (Syekh Wali Lanang) adalah seorang anak dari pendakwah Islam di Nusantara yakni Syekh Jumadil Qubro yang juga ayah dari Sunan Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik).

Suatu hari Syekh Maulana Ishaq yang merupakan Ahli di bidang Kesehatan bertemu dengan Sunan Ampel yang sedang meminta Bantuan untuk mengatasi dan menyembuhkan wabah penyakit di Wilayah Kerajaan Blambangan.

Tak hanya Rakyat Blambangan saja yang terkena Penyakit tersebut bahkan Putri Raja Blambanganpun juga terkena wabah bahaya yang tersebar di Wilayah Blambangan. Berbagai cara dilakukan Sang Raja untuk mengatasi wabah ini termasuk mengundang banyak tabib terkenal yang ada di P. Jawa.

Namun tetap saja gagal dan tidak menemukan jalan keluar serta Solusi untuk menyembuhkan Wabah ini, kemudian Sang Raja pun mengumumkan sebuah Sayembara dimana siapa saja yang bisa Mengobati wabah penyakit ini bisa menikah dengan Putri Raja Blambangan.

Mendengar kabar tersebut Sunan Ampelpun menemui , Syekh Maulana Ishaq yang seorang ahli di bidang Pengobatan agar bisa Datang ke Blambangan untuk menolong Rakyat Blambangan sambil menyebarkan Agama Islam.

Selanjutnya, bersama Rshi Kandabhaya, Syaikh Maulana Ishaq berlayar ke Balumbung. Dan Syaikh Maulana Ishaq berjalan kaki berkeliling wilayah Balumbung selatan untuk mengobati rakyat disana.

Mendengar kabar bahwa Syekh Maulana Ishaq berhasil mengobati wabah penyakit disana Patih Arya mengutus Senopati Bajul Seghara, untuk mengundang Syekh Maulana Ishaq untuk datang ke Kerajaan dan mengobati Dewi Sekardadu.

Pengobatan pun berjalan Lancar, lalu pada suatu waktu Syekh Maulana Ishaq pun juga menjelaskan penyebab Kenapa Wabah ini menyerang wilayah Balumbung adalah karena Kondisinya yang Kotor dan tidak menjaga Kebersihan.

Syekh Maulana Ishaq pun menjelaskan hal ini kepada  Adipati Menak Sembuyu bahwa agar penyakit ini tidak terjadi lagi maka Rakyat Balumbung disarankan menjaga Kebersihan yang juga merupakan Sebagian dari Iman dalam Agama Islam.

Mendengar hal tersebut Adipati Menak Sembuyu , penasaran dengan Ajaran Islam dan memutuskan untuk mempelajari Agama Islam lebih mendalam.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan yang bisa kita dapatkan dari Artikel diatas adalah Syekh Maulana Ishaq Menyebarkan Agama Islam di Balumbung dengan cara Mengobati penyakit disana atau bisa dibilang dalam bidang Kesehatan / Pengobatan dan juga mengedukasi Rakyat disana bahwa Kebersihan itu penting.

Didalam ajaran islam ia diajarkan bahwa Kebersihan adalah sebagian dari Iman.