Cara Daftar Kartu Pra kerja di Situs Prakerja.go.id

Javasiana.com - Resmi dibuka hari ini Pada tanggal 11 April Malam tadi Begini Tata cara pendaftaran Kartu Pra kerja Lengkap beserta gambar dan juga Penjelasannya.

Daftar Isi

Ditunggu - tunggu kini anda bisa mendaftarkan diri anda untuk mendapatkan Kartu Pra kerja di Situs Prakerja.go.id dengan cara yakni anda terlebih dahulu harus melengkapi Persyaratan & Ketentuan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan Kartu Pra kerja.

Apa itu Kartu Pra kerja?

Pra kerja merupakan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memilikinya atau meningkatkan keterampilannya (Skill dalam Bekerja), Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan skill dan kemampuan mereka dalam bekerja. 

Pra kerja sendiri ialah merupakan Program yang dicanangkan oleh Presiden Kita yakni Ir. Jokowidodo, dengan tujuan adalah mempersiapkan mereka - mereka yang belum memiliki skill apapun atau lebih mematangkan skill mereka sebelum masuk ke Dunia Pekerjaan.

Back to Content ↑

Untuk Siapa Kartu Pra kerja ditujukan?

Kartu Pra kerja berikut ini tidak hanya diperuntukkan untuk para pencari Pekerjaan, tapi juga termasuk para Buruh, Karyawan dan Pegawai baik pegawai tetap atau Kontrak.

Kartu pra kerja bisa anda dapatkan di usia Minimal 18 Tahun keatas dan tidak sedang kuliah ataupun bekerja, jadi buat kalian yang Fresh Graduate kartu Pra kerja mungkin menjadi solusi kecil anda untuk meningkatkan Skill Bekerja anda sebelum masuk ke Dunia Pekerja.

Baca Juga:Cara Mengatasi Gagal Upload Foto saat Pendaftaran Prakerja

Namun, perlu anda ketahui juga Kartu Pra kerja nantinya hanya membatasi 2 Jt Orang saja setiap tahunnya dan yang diprioritaskan adalah para Lulusan Baru dan para Buruh PHK dan pencari Kerja lainnya.
Back to Content ↑

Manfaat Kartu Pra kerja

Dari penjelasan diatas mungkin anda telah menyadari beberapa Manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti Program Pra kerja yang telah ditetapkan pemerintah.

Namun sebagai pelengkap saja, dibawah ini Adalah beberapa Manfaat kartu Pra kerja di Dunia Pekerjaan di Indonesia, yakni;Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal

Back to Content ↑

Cara Dartar Kartu Pra kerja dan 7 Tahapan yang harus diselesaikan

Beruntung sekali anda karena tak hanya penjelasan, artikel ini juga akan memberikan Tutorial buat anda yang masih bingung tentang cara mendaftar Kartu Pra kerja di Situs Prakerja.go.id

Oleh karenanya sebelumnya anda juga harus mempersiapkan persyaratan yang mungkin dibutuhkan saat Proses Pendaftaran berlangsung, yaitu;
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Foto Selfi bersama KTP (Max. 5Mb)
  • Email yang masih aktif, dan
  • No Telepon Aktif dan bisa dihubungi.

Selanjutnya jika anda telah mempersiapkan Persyaratan diatas kita akan masuk ke cara pendaftaran serta 5 Tahapan lainnya untuk mendapatkan Kartu Pra kerja.

1. Tahap Awal Daftar di Situs Prakerja.go.id

Pada tahap ini sebelumnya anda harus memastikan bahwa anda adalah WNI (Warga Negara Indonesia), yang telah genap berusia 18 Tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan.

Jika sudah maka anda bisa lanjut ke Tahap pendaftarannya, ikuti langkah - langkah dibawah ini.
  1. Buka Halaman atau Situs Prakerja.go.id
  2. Selanjutnya akan terdapat tulisan Daftar Sekarang, klik disitu.
  3. Lalu Masukkan Alamat Email Aktif dan Gunakan Pasword yang aman.
  4. Selanjutnya klik Daftar.
  5. Maka anda akan diarahkan ke Halaman dimana anda akan diinformasikan untuk mengecek Email Konfirmasi di Kontak Masuk Email anda.
  6. Buka G-Mail, lalu Buka Pesan Konfirmasi Alamat Email dan Klik Konfirmasi Sekarang.
  7. Maka anda akan di arahkan ke Dashboard pengisian Data Diri.

2. Tahap Verifikasi KTP

Pada tahap ini anda akan diarahkan ke Halaman Pengisian NIK KTP, dan juga Tanggal Lahir yang valid sesuai dengan KTP yang anda punyai setelah melewati Proses Verifikasi Alamat E-Mail.

Setelah mengisikan Nomor NIK KTP dan Tanggal Lahir anda maka jangan lupa Klik Berikutnya.

3. Tahap Pengisian Data Diri

Setelah masuk ke pendaftaran maka anda akan diarahkan ke Pengisian Form Data Diri, dimana anda harus mengisikan Data Diri anda dengan sebenar - benarnya.

Selanjutnya, Isi data diri anda dengan lengkap didalam formulir kartu pra kerja yang meliputi;
  • Nama lengkap:
  • Alamat Em-Mail:
  • Aamat tempat tinggal
  • Alamat domisili
  • Pendidikan
  • Status kebekerjaan
  • Foto KTP, dan 
  • Foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya

4. Verifikasi No Telepon

Sesuai dengan beberapa persiapan yang sebelumnya telah saya tulis diatas, yang terakhir disini setelah pengisian Formulir Data Diri maka anda harus mengisikan No Telepon aktif.
  • Masukkan Nomor Telepon Aktif.
  • Kirim kode OTP untuk Verifikasi Nomor.
  • Terakhir masukkan Kode OTP.

5. Ikuti Tes Motivasinya

Pada tahap ini anda akan diarahkan mengikuti Tes Motivasi dan Matematika Dasar dimana tes ini akan berjalan selama kurang Lebih 15 Menit.

Tes ini bertujuan untuk mengenali Minat dan Kemampuan skill yang anda miliki, Untuk itu saya ingatkan agar anda mempersiapkan Kertas dan Alat Tulis anda lengkap.

6. Proses Seleksi

Seperti yang sebelumnya saya bicarakan, Kartu Pra kerja nantinya hanya akan didapatkan Masyarakat di Indonesia tapi dibatasi hanya 2 Jt Orang setiap tahunnya.

Oleh  karena itu, mungkin anda harus menunggu proses Seleksi berlangsung hingga pengumuman siapa saja yang bisa menerima kartu pra kerja.

7. Pengumuman

Tahapan pengumuman berikut ini adalah tahapan terakhir, dimana setelah proses seleksi maka anda nantinya akan diberikan Pesan melalui E-Mail jika anda Lolos atau Tidak Lolos dalam proses seleksi penerimaan Kartu Pra kerja.

Untuk yang lolos nantinya anda akan mendapatkan arahan berikutnya yang masih menunggu informasi lebih lanjut.

Back to Content ↑

Fasilitas yang anda dapatkan setelah Terdaftar sebagai Pemilik Kartu Pra kerja?

Sebagai pemilik Kartu Pra kerja, nantinya anda akan mendapatkan Uang sebesar Rp. 3.550.000 Rupiah yang akan digunakan untuk beberapa kegiatan meliputi;
  • Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, 
  • Intensif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan berturut, dan 
  • Insentif survei kebekerjaan Rp 150.000.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Demikian adalah tahapan dan penjelasan lengkap tentang Kartu Pra kerja, dari Artikel ini kita bisa menarik kesimpulan jika Kartu Pra kerja mungkin akan menuai Respon Positif dari penduduk di Indonesia.

Serta menyuguhkan banyak manfaat dan bisa menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia yang sudah mencapai batasnya. Saya sendiri mendukung kebijakan ini dan sebagai Masyarakat yang baik.

Pesan saya adalah manfaatkan Program ini untuk mendapatkan Skill kerja yang lebih baik, bukan karena menginginkan Fasilitas yang nantinya anda peroleh karena tujuan Pemerintah mengadakan Kartu Pra kerja adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

  • Unknown - Pengunjung - 11 April 2020 13.42

    Rmah kan

  • Unknown - Pengunjung - 12 April 2020 07.43

    semoga program prakerja ini bsa membuwat masyarakat yg pnya etos kerja yg tinggi disiplin penuh tanggung jwb ats kemajuan bangsa yg nanti nya terwujud nya kemakmuran bangsa indonesia...Amiiinnn

  • Unknown - Pengunjung - 13 April 2020 02.02

    Saya senang sekali ada program pemerintah kartu pra kerja dr bpk.presiden Jokowi semoga bermanfaat bisa membantu rakyatnya. Amin...