Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Terkirim Pada Saat Pendaftaran Kartu Prakerja


Pendaftaran Kartu Prakerja dibuka, banyak yang mengeluhkan soal sistem, server dan sulitnya mendaftarkan diri di situs Prakerja.go.id.

Beberapa masalah diantaranya adalah proses Upload Gambar atau Foto KTP dam Selvi dengan KTP. Belum selesai dengan itu muncul lagi keluhan tidak bisa verifikasi No Telepon.

Akibatnya, beberapa orang pun kesulitan dan kebingungan. Ditambah lagi banyaknya penganguran akibat wabah (Covid-19) yang terjadi di Indonesia.

Lalu Bagaimana cara mengatasinya? Pada artikel sebelumnya saya juga telah mempublikasikan tutorial bagaimana cara mengatasi gagal upload dokumen atau foto KTP pada Formulir data diri di Situs Prakerja.go.id.

Karena ada dua masalah yang harus diperhatikan, maka Pada artikel kali ini kita akan membahas cara atasi kode OTP yang tidak terkirim pada saat Pendaftaran Kartu Pra Kerja di Situs Prakerja.go.id.

Penyebab dan Solusi Kode OTP Tidak Terkirim Pada Pendaftaran Kartu Prakerja

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan solusi buat anda yang masih saja gagal saat Pendaftaran Prakerja. Solusi dibawah ini adalah hasil riset saya sendiri setelah juga gagal mendaftarkan kartu Pra Kerja.

Baca juga: Cara Mengunggah Foto KTP di Prakerja

Salah satu penyebab kenapa tidak menerima Kode OTO di Prakerja adalah yang pertama masalah Provider. Terkadang karena kendala koneksi atau provider yang bermasalah membuat kode Verifikasi OTP tidak terkirim. 

Silahkan ganti jika hingga beberapa kali percobaan pengiriman tetap saja gagal biasanya ini terjadi di beberapa provider seperti Indosat dan 3.

Kedua, Masalah sistem karena padatnya request pengiriman kode OTP menyebabkan server tidak stabil dan mengakibatkan beberapa fitur mungkin tidak merespon. 

Saran saya lakukan pendaftaran saat server sedang sepi pengunjung. 

Ketiga, Update Browser (Chrome) dan Hapus Cache. Cache yang menumpuk terkadang membuat pemuatan halaman website terhambat dan berakibat kode yang tidak terkirim.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang cara mengatasi kode OTP tidak terkirim prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.