Apa Itu Google Classroom? Google Classroom Adalah ...

Apa Itu Google Classroom? Google Classroom Adalah ...


Beberapa bulan yang lalu Indonesia dan seluruh dunia mengalami dampak yang signifikan sejak merebaknya Virus Covid-19, hal ini menyebabkan banyak kegiatan lumpuh termasuk Kegiatan belajar mengajar di Indonesia.

Salah satu cara yang diterapkan di Indonesia untuk menanggapi kritisnya pendidikan di Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan Belajar dan Mengajar secara Daring (Online).


Bersama dengan itu, beberapa Instansi pendidikanpun mengenalkan sebuah Platform E-Learning yang membantu Interaksi antara Pelajar dan Guru yang kebanyakan saat ini digunakan oleh Mahasiswa dan juga Dosen.

Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom adalah sebuah layanan platform web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk kepentingan sekolah dan instansi pendidikan lainnya, yang bertujuan untuk menyederhanakan, membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas secara daring (Online). 

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa, dengan cara menggabungkan penggunaan Google Drive untuk pembuatan dan pengiriman penugasan, Google Docs, Sheets, dan Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.


Fitur dan Kelebihan Google Classroom

Fitur - fitur dari Platform Google Classroom juga lebih lengkap dan sangat membantu untuk proses Pembelajaran secara daring, berikut dibawah ini adalah beberapa fitur Google Classroom.

1. Fitur Kelas

Guru dan murid bisa membuat dan menjadi bagian dari sebuah Kelas yang dibuat, dimana setiap kelas memiliki anggota dan guru yang menjadi moderator Kelas tersebut.

2. Fitur Penugasan

Google classroom dilengkapi dengan fitur penugasan dimana Guru Pembimbing bisa mengirim Tugas secara Online dan dapat terlihat oleh murid yang terdaftar di dalam kelas Aplikasi Google Classroom.

3. Fitur Penjadwalan

Guru dapat membuat jadwal tentang Aktivitas baik itu materi, penugasan dan Quis yang akan dilaksanakan dikemudian hari dan terkirim ke semua anggota Kelas yang terdaftar.

4. Fitur Penilaian

Ketika guru memberikan tugas dan siswa telah menyelesaikannya maka guru bisa mempublikasikan Nilai yang digunakan sebagai tolak ukur apakah murid lulus atau harus mendapatkan remidi.

5. Komunikasi

Dalam sebuah pembelajaran Komunikasi adalah hal yang penting, Google Classroom sebagai platform E-Learning juga menyediakan kemudahan dalam proses komunikasi yang bisa diterima oleh anggota group begitu juga sebaliknya.


Akhir Kata

Demikian adalah artikel tentang Apa Itu Google Classroom, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Google Classroom.