30+ Masalah Kartu Prakerja dan Solusinya


Masalah Kartu prakerja beserta solusinya - Kartu prakerja adalah program bantuan pelatihan bagi WNI khususnya untuk lulusan baru dan bagi para pekerja PHK yang terdampak wabah Covid-19 di Indonesia.

Karena masih baru beberapa sistem dan masalah seringkali mengganggu kelancaran berjalannya program ini, adapun dibawah ini saya akan mendeskripsikan beberapa masalah terkait dengan prakerja beserta solusi pemecahan masalahnya.

Masalah Terkait Kartu Prakerja dan Solusinya

Hingga agustus 2020 tercatat lebih dari 1 Juta orang yang telah terdaftar menjadi penerima program bantuan pelatihan pemerintahan yakni Kartu Prakerja.

Beberapa pertanyaan terkait masalah yang terjadi dengan kartu prakerja sering menjadi perdebatan di media sosial dan CS prakerja.

Berikut dibawah ini adalah masalah-masalah yang saya temukan di media sosial dan beberapa sumber lainnya ditambah dengan solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

1. Email Verifikasi Tidak Terkirim

Pada saat pendaftaran prakerja anda akan diminta untuk menginput email yang masih aktif dan password yang nantinya akan menjadi akses utama anda login di pra kerja.

Selanjutnya setelah mengklik daftar anda diminta memverifikasi alamat email anda, beberapa dari Pendaftaran prakerja tidak menerima email verifikasi di akun email mereka.

Solusinya, cek kembali alamat email yang dimasukkan, pastikan sama dengan input yang anda masukkan saat pendaftaran kartu prakerja, cek inbox dan email spam kemungkinan email verifikasi terkirim di pesan spam.

2. Kata Sandi Salah 

Ketika anda login dan kata sandi yang anda masukkan salah atau error pastikan jika kode yang dimasukkan valid atau sama dengan kata sandi pada saat pendaftaran kartu prakerja.

Kata Sandi juga harus memiliki minimal 6 digit kode kombinasi angka dan huruf.

Solusi, jika kesalahan ini adalah karena anda lupa dengan password maka klik lupa password dan ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Nomor KTP Salah Saat Pendaftaran

Pastikan anda menginput Nomor Induk Kependudukan yang valid untuk mengeceknya NIK valid apa tidak anda bisa menghubungi pihak Disdukcapil melalui halaman resminya.

NIK berisikan 16 digit angka kombinasi dan saat anda menginput Nama Lengkap pastikan sesuai dengan Identitas yang tertera di KTP yang digunakan.

4. Tanggal lahir tidak sesuai atau Salah

Tanggal lahir saat pengisian form pendaftaran Prakerja biasanya otomatis jika salah maka input manual Tanggal lahir anda secara manual di kolom hari bulan tahun, pastikan tanggal lahir yang dimasukkan sesuai dengan KTP yang didaftarkan.

5. Dahboard prakerja Blank Putih

Jika pada saat mengunjungi halaman prakerja pemuatan halaman tidak dapat diproses alias Blank Putih maka yang harus kamu lakukan adalah keluar dari Browser yang anda gunakan.

Cobalah untuk me-refresh ponsel anda termasuk jaringan yang anda gunakan, jika masih belum bisa coba ganti ekstensi browser anda dan lakukan update jika browser yang digunakan sudah usang.

Solusi lainnya jika masalah tidak segera teratasi cobalah login setiap 30 menit kedepan atau tunggu server kembali normal, bisa jadi penyebab utama pra kerja blankputih adalah server down.

6. Tidak Menerima Kode OTP

Kode OTP (One-Time Password) adalah 4/6 digit kode rahasia yang dikirim melalui SMS ke Nomor telepon yang anda input saat pendaftaran kartu prakerja.

Kode ini rahasia dan hanya anda yang bisa melihat kode tersebut, biasanya ada batas waktu untuk melakukan proses validasinya.

Lantas, Bagaimana jika Kode OTP tidak terkirim? Jika kode tidak segera dikirim pastikan jika input nomor yang anda masukkan sudaj benar.

Juga ada kemungkinan ini adalah faktor eksternal yang disebabkan karena simcard yang digunakan bermasalah.

Solusinya jika kode OTP tidak terkirim hubungi Call Center Prakerja dan pihak operator untuk mendapatkan dukungan bantuan.

7. Kode OTP terkena limit

Ada batas untuk proses verifikasi Kode OTP dan jika anda dengan terpaksa harus terkena limit maka solusinya adalah daftar prakerja menggunakan email dan nomor baru.

Jika anda tidak ingin melakukan hal diatas maka coba hubungi pihak prakerja melalui halaman CS Prakerja.

8. Gagal Upload Foto KTP

Apabila hal ini terjadi ketika proses pendaftaran prakerja maka untuk mengatasinya pastikan file KTP anda dibawah 5 Mb dan identitas didalam foto seperti nama, tempat tanggal lahir, Alamat dan foto terlihat jelas.

KTP yang digunakan juga harus foto ktp asli bukan hasil Scan, atau fotokopian.

Jika masalah tidak segera teratasi cobalah untuk memperbarui browser yang anda gunakan, coba gunakan ekstensi browser yang lain seperti Chrome, Operamini dan sebagainya.

9. Gagal Upload Swa Foto atau Foto Selfie

Gagal Upload foto selfie jika ini terjadi maka coba gunakan browser lainnya dan upgrade ekstensi browser yang anda gunakan.

Jangan lupa pastikan ktp yang dipegang dan foto wajah terlihat jelas untuk proses validasi identitas data diri anda.

10. Tidak lolos Pendaftaran Prakerja

Proses seleksi prakerja dilakukan setelah anda menyelesaikan semua panduan pendaftaran yang ada termasuk proses tes motivasi.

Jika anda tidak lolos di Gelombang pertama maka anda bisa mendaftarkan ke Gelombang 2 jika masib tidak lolos lanjut ke Gelombang 3, 4, 5 dan seterusnya.

Proses penerimaan calon pemegang kartu prakerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni prakerja diprioritaskan untuk WNI lulusan baru, belum pernah mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah dan WNI yang di PHK karena dampak wabah Covid-19.

11. Hasil Tes Motivasi Tidak keluar

Setelah menyelesaikan tes motivasi selama kurang dari 15 menit selanjutnya tunggu beberapa saat hingga hasil tes momotivasi berhasil di submit.

Selanjutnya jika anda tidak diarahkan secara otomatis ke Halaman evaluasi pendaftaran klik Resresh.

12. Saldo Dana Pelatihan Diproses

Ketika anda sudah sah menjadi penerima kartu prakerja resmi maka anda akan mendapatkan 3 jenis dana bantuan dari prakerja salah satunya adalah dana pelatihan sebesar 1 Juta.

Dana Pelatihan akan dikirim maksimal 7 hari kerja setelah anda diterima menjadi bagian dari pemegang kakartu pra kerja. Jika sampai dengan 7 hari belum juga terakumulasi hubungi pihak prakerja di info@prakerja.go.id

13. Insentif Dana Prakerja Tidak Diproses

Sejauh ini pembahasan mengenai Dana Insentif menjadi hal yang paling banyak diperbincangkan, adapun beberapa alasan kenapa Dana prakerja tidak diproses adalah karena Sistem prakerja mengalami antrian yang sangat tinggi.

Kemungkinan lainnya adalah bisa jadi sistem prakerja sedang mengevaluasi lagi akun anda berkaitan dengan Penyelesaian pelatihan sertifikasi dan Identitas anda.

15. Insentif Prakerja Gagal

Gagal artinya ada masalah yang terjadi dengan akun prakerja anda sehingga dana insentif gagal ditransfer beberapa kemungkinan yang menjadikan alasan penyebabnya adalah karena ada ketidak-cocokan antara identitas di kartu prakerja dengan rekening atau e wallet anda.

Untuk mengatasi hal ini pastikan jika identitas yang tertera sama hubungi CS prakerja dan Rekening atau E Wallet untuk mengeceknya.

Jika terbukti identitas seperti Nomor telepon, nama dan alamat tidak sama dengan input di Prakerja ganti e wallet atau Rekening anda, berikut adalah cara ganti e wallet dan Rekening prakerja.

16. Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Prakerja

Setelah menyelesaikan Pelatihan dan telah mengirim rating kepada mitra pelatihan anda akan mendapatkan sertifikasi yang juga tampil di Dashboard prakerja.

Apabila sertifikat pelatihan tidak segera muncul maka harap bersabar proses ini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama maksimal 2 minggu.

Jika dalam 2 minggu masih belum ada tanda-tanda munculnya sertifikasi hubungi pihak prakerja dan mitra pelatihan untuk informasi selengkapnya.

17. Akun Prakerja Dicabut

Akun prakerja bisa dicabut hal ini mengarah kepada halaman Syarat dan Ketentuan penerima kartu prakerja melalui halaman prakerja go.id

Penerima Kartu Prakerja wajib melakukan pembelian Pelatihan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah Kartu Prakerja diterima oleh Penerima Kartu Prakerja. 

Dalam hal Penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pembelian Pelatihan dalam tenggat waktu tersebut, Penerima Kartu Prakerja dicabut kepesertaannya.

Selain itu kemungkinan lainnya kenapa akun dicabut adalah karena anda terdeteksi melakukan tindakan curang baik saat pendaftaran prakerja, pemalsuan informasi data diri dan banyak lagi.

Solusinya, jika anda merasa tidak melakukan tindakan illegal yang dilarang hubungi pihak cs prakerja untuk menerima penjelasan dan pengaktifan kembali akun prakerja.

18. Mengubah Nama Akun

Sayangnya nama yang tertera di Dashboard prakerja tidak dapat diganti karena harus menyesuaikan dengan Identitas yang tertera pada NIK KTP anda.

19. Akun Digunakan Orang lain

Jika anda merasa bahwa ada orang lain yang bisa mengakses halaman pra kerja selain anda maka segera ganti password prakerja dan jika sudah terlambat hubungi pihak cs prakerja untuk mendapatkan bantuan.

20. Gagal Verifikasi Kartu Keluarga

Apabila anda terdaftar di prakerja untuk Gelombang 4 maka anda akan diminta untuk verifikasi Kartu Keluarga, pastikan jika anda memasukkan Nomor Kartu Keluarga yang tertera di bawa nama Kartu Keluarga dan bukannya Nomor NIK anda yang dimasukkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Gagal Verifikasi Kartu Prakerja klik halaman disamping ini.

21. Tida Bisa Mengikuti Survey Prakerja

Survey kebekerjaan di Prakerja akan muncul ketika anda telah menyelesaikan Pelatihan dan menerima Insentif 1,2 dan 3 atau jika anda telah mendapatkan Insentif Ke-4 atau Terakhir dari Program kartu prakerja.

Selanjutnya kolom Survei bisa anda lihat langsung di Halaman dashboard kartu Prakerja, untuk informasi lebih lanjut baca selengkapnya di Cara Isi Survey Prakerja dan Masalah Terkait Survei Kebekerjaan.

22. Survey Prakerja Diulang-Ulang

Apabila anda telah usai menyelesaikan survey di prakerja namun ketika anda menklik selanjutnya untuk menyelesaikan survey anda tapi kolom Survei malah muncul lagi dan ngulang lagi.

Maka solusinya adalah coba Logout terlebih dahulu lalu Resresh perangkat anda, coba gunakan ekstensi browser lain atau coba upgrade browser chrome yang digunakan jangan lupa untuk menghapus file sampah.

Jika hal ini masih berlanjut coba isi survey di lain waktu ketika server lagi tidak down. Dan setiap 1 jam coba pantau Menu Insentif barangkali jadwal Insentif Survei sudah ada.

23. Tidak Bisa Putuskan Rekening Prakerja

Jika anda berniat mengganti metode pembayaran yang anda gunakan maka terlebih dahulu pastikan jika identitas pembayaran yang nantinya akan digunakan sama dengan yang ada di Prakerja.

Selanjutnya jika dirasa memutuskan Rekening sangat sulit dilakukan coba untuk menghubungi pihak CS Prakerja atau coba putuskan rekening lain hari kemungkinan sistem sedang down atau dalam masa percobaan.

24. Insentif Sedang Diproses

Artinya insentif dana prakerja anda sudah dalam antrian untuk ditransfer ke masing-masing rekening dan e wallet anggota penerima prakerja.

Adapun untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan adalah 7 hari dari notifikasi Sedang diproses terkadang juga lebih lama bisa lebih dari 2 minggu atau bahkan 1 bulan lamanya tergantung antrian.

Tapi anda tidak perlu hawatir selama. Anda tidak melakukan pelanggaran Insentif akan ditransfer dengan jumlah yang telah dijanjikan yakni 600 ribu Rupiah.

25. Bagaimana dengan Insentif Yang Gagal, Apakah akan Cair?

Insentif gagal ditransfer memiliki banyak kemungkinan dan faktor penyebab dari gagalnya proses transfer di Prakerja seperti identitas E Wallet tidak sama atau anda belum upgrade e wallet anda.

Solusinya adalah perbaiki kesalahan anda dan menurut apa yang saya dapatkan insentif yang gagal akan di undur jadwalnya ke lain waktu, lebih jelasnya hubungi CS Prakerja.

26. Tidak Bisa Upgrade E Wallet

Agar bisa menerima Insentif prakerja maka salah satu syarat utamanya adalah anda harus mengupgrade akun e wallet anda di masing-masing halaman di prakerja.

Jika anda merasa sangat sulit sekali untuk mengupgrade e wallet tersebut coba hubungi Contact Support masing-masing e wallet.

27. Insentif Belum Cair tapi di Dashboard Notifnya Sudah Berhasil

Kemungkinan ada keterlambatan respon baik dari Server Prakerja sendiri maupun dari Pihak rekening dan E-wallet, saran saya tunggu dan terus amati di Saldo Rekening jika hingga 1 hari belum juga dikirim coba hubungi pihak prakerja.

28. Insentif Sudah Cair tapi di Dashboard Masih Dalam Proses

Hal ini sudah biasa terjadi dan juga dari beberapa kasus yang saya dapatkan Status dalam proses tersebut akan berubah pada waktunya. Kemungkinan penyebab utamanya adalah dari sistem prakerja yang belum melakukan update pada akun anda.

29. Kapan Insentif Prakerja Dikirim

Insentif prakerja akan dikirim setelah anda mengisi Survey kebekerjaan di prakerja setelah itu anda bisa melihat jadwal pencairan dana survei prakerja melalui halaman insentif, umumnya adalah 2 minggu setelah pengisian Survey.

30. Berapa kali Survey Prakerja Akan Dilaksanakan

Dikutip dari halaman FAQ prakerja Survey akan dilakukan maksimal 3 kali dan setiap survey akan mendapatkan Dana sebesar 50.000, survei akan dilaksanakan kembali kemungkinan setiap satu bulan sekali atau setelah pencarian survey sebelumnya selesai.

31. Berapalama Proses Evaluasi pendaftaran

Proses evaluasi pendaftaran prakerja dilangsungkan selama periode awal pendaftaran hingga pendaftaran ditutup selanjutnya pengumuman bisa bisa dilihat 1-2 hari setelah pendaftaran ditutup.

32. Gagal Verifikasi Kode OTP

Pada saat pendaftaran prakerja anda akan diminta untuk melakukan Verifikasi kode OTP, adapun penyebab gagalnya verifikasi kode tersebut adalah kemungkinan kode tidak terkirim, server Operator seluler tidak merespon, server prakerja down.

Solusinya, coba gunakan operator dari provider lain dan daftarnya saat server sedang dalam keadaan normal.

33. Maaf Layanan Sedang Mengalami Gangguan

Apabila kejadian seperti ini terjadi saat anda sedang memuat halaman prakerja, maka solusinya adalah pastikan jika koneksi lancar coba aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat untuk me-refresh jaringan.

Selanjutnya coba buka halaman setiap 30 menit sekali atau tunggu hingga server normal.

34. Tidak Bisa Memutuskan Rekening atau E Wallet Prakerja

Jika anda berkeinginan untuk mengganti metode pemvayapembayaran anda di Prakerja, maka terlebih dahulu pastikan anda harus memutuskan rekening di prakerja.

Namun kebanyakan peserta mengeluh kesulitan untuk memutus rekening tersebut, solusinya coba tunggu saat server sedang tidak overload dan gunakan perangkat Android yang lebih baik minimal diatas Os 5.0 atau putuskan menggunakan Perangkat Komputer.

Jika masalahnya masih berlanjut hubungi pihak prakerja.

Penutup

Demikian adalah informasi mengenai masalah yang sering terjadi di prakerja, jika masalah anda tidak ada di daftar 30 masalah yang saya bahas silahkan ajukan ke Kolom Komentar atau langsung saja Hubungi CS Prakerja.