8 Aplikasi Format Flashdisk Terbaik dan Paling Ringan 2020

8 Aplikasi Format Flashdisk Terbaik dan Paling Ringan 2020



Aplikasi Format Flashdisk Terbaik - Apakah Anda sedang mencari aplikasi format flashdisk terbaik? Sebenarnya dalam banyak kasus, untuk memformat flashdisk tidak diperlukan software tertentu karena bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tool bawaan windows.

Hanya perlu klik kanan kemudian pilih format melalui file explorer. Jika tidak bisa karena suatu hal dapat juga menggunakan CMD.

Namun, terkadang tidak semua aplikasi berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jadi, format secara standar tidak dapat menjadi solusi jika informasi pada file penyimpanan mengalami kerusakan.

Jika sudah mengalami kerusakan, maka hal ini menjadi sulit untuk diperbaiki lagi. Untuk itu, berikut ini ada merupakan beberapa rekomendasi aplikasi format flashdisk yang bisa digunakan.

Namun sebelumnya pastikan bahwa flashdisk tidak dalam kondisi diproteksi. Jika diproteksi buka proteksi tersebut silahkan baca cara mengatasi flashdisk write protected.

Daftar Aplikasi Format Flashdisk Terbaik yang Aman Digunakan

Berikut dibawah ini adalah beberapa aplikasi format flashdisk terbaik paling aman digunakan versi javasiana.

1. HDD Low Level Format Tool



Namanya memang HDD, tetapi HDD low level format tool merupakan salah satu aplikasi format flashdisk yang cocok untuk melakukan low level format di flashdisk atau SDcard yang Anda miliki.

HDD Low Level Format Tool akan menghapus data dari SATA, IDE, SCSI, SAS, atau SSD dengan cara mengaksesnya di tingkat yang rendah. Cara ini akan bekerja dengan USB dan firewire drive eksternal, serta SD, MMC, CompactFlash stick, dan MemoryStick.

Baca juga: 503 Service Unavailable, Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Aplikasi ini akan membuat flashdisk seperti baru lagi dengan menghapus data yang ada di dalamnya secara permanen serta menyembunyikan berbagai sector seperti bad sector yang corrupt. Namun, jangan terlalu sering melakukannya karena akan membuat masa flashdisk menjadi pendek.

2. Martik USB Disk Formatter


Rekomendasi aplikasi format flashdisk terbaik selanjutnya adalah matrik USB Disk Formatter. Software dengan ukuran kecil ini nyatanya memiliki kekuatan yang powerful dikarenakan kemampuannya yang banyak.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mendownloadnya melalui google dan memiliki ukuran tidak lebih dari 100KB.

Ukurannya yang sekecil itu dapat membuat aplikasi ini melakukan format flashdisk dengan cara cepat dan mudah. Walaupun tidak memiliki kompleksitas seperti aplikasi lain, tetapi matrik USB Disk Formatter ini dapat bekerja dengan baik.

3. HP USB Disk Storage Format Tool


Software ini dibuat oleh Hawlett Packard (HP), akan tetapi tool format flashdisk ini dapat Anda gunakan pada hampir semua jenis dan merek flashdisk. Jika format flashdisk dengan cara biasa gagal dilakukan karena suatu permasalahan yang timbul, maka software ini merupakan pilihan yang perlu Anda coba untuk digunakan.

Baca juga: Cara Menyerahkan Tugas di Google Classroom

Dari beberapa percobaan yang tekah dilakukan, selain dapat digunakan untuk memformat flashdisk, tool format flashdisk ini juga dapat menghapus space yang tidak bisa hilang dengan cara format biasa. Seperti aplikasi pada umumnya, jika ingin menjalankanya maka Anda harus melakukannya dengan Run as Administrator.

4. USB Disk Storage Format Tool

Jika Anda mencari aplikasi format flashdisk terbaik yang kecil dan ringan, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan format, menghapus data dan ruang di flashdisk apabila tidak dapat dihapus secara konvensional, menemukan error dan memperbaiki sebelum diformat.

Selain itu software ini juga mampu menghapus track dari malware jika terinfeksi serta memperbaiki masalah partisi. Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu dapat digunakan untuk format flashdisk FAT32 dengan kapasitas diatas 32GB.

Fiture utama yang dimiliki aplikasi ini
tentu saja dapat memudahkan Anda dalam melakukan format flashdisk. Ada pula fitur menarik lain yang dimiliki software ini yakni guna label volume atau nama.

Software format flashdisk ini telah terbukti mampu mendukung berbagai macam merk flashdisk.

5. Any Drive Formatter

Salah satu aplikasi format flashdisk yang dapat Anda coba adalah Any Drive Formatter. Aplikasi ini akan membantu Anda melakukan format flashdisk apabila format default windows tidak dapat dilakukan pada flashdik yang Anda miliki.

Untuk menggunakan aplikasi ini, jangan lupa untuk mengetahui cara menghilangkan virus autorun agar flashdisk terlindung.

Aplikasi ini dapat dengan mudah mendeteksi flashdisk di computer kemudian format flashdisk dapat mudah dilakukan. Tetapi aplikasi ini dapat dijalankan setelah Anda menginstal Microsoft.Net Framework 2.0.

6. Kingston USB Format Tool

Software ini juga merupakan salah satu aplikasi format flashdisk terbaik. Di dalam software ini tidak ada pengaturan khusus untuk menjalankannya.

Anda hanya cukup menentukan perangkat yang akan diflash di system file dan USB-flash untuk memformat. Aplikasi format flashdisk ini dapat menghindari masalah dengan system operasi lain yang mengganggu kinerja flasdisk Anda.

Kingston USB format tool ini bisa bekerja untuk format flasdisk di beberapa windows seperti windows 7 dan 10 serta versi OS lama. Maka dari itu, Anda harus mencoba aplikasi ini. Dengan mencobanya, mungkin ini dapat memecahkan masalah tersebut.

7. Command Prompt (CMD)

CMD merupakan satu baris atau perintah penerjemah yang diluncurkan Microsoft untuk OS windows. Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk membersihkan flashdisk juga menghapus beberapa kerusakan yang diakibatkan virus virus.

Baca juga: Cara Membuat Transfer Response UNBK Terbaru 

Sebelum melakukan format flashdisk, perhatikan dulu volume flashdisk milik Anda agar tidak keliru.

8. FAT32Format GUI

Aplikasi ini dapat dijadikan tambahan opsi selain dua aplikasi format flashdisk terbaik diatas. Tool yang dimiliki dalam software ini akan melakukan format flashdisk ke FAT32 juga dalam banyak kasus dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diatasi dengan cara format konvensional.

Akhir Kata

Itulah 8 aplikasi format flashdisk terbaik yang bisa Anda gunakan jika flashdisk mengalami kendala dan tidak dapat diformat secara konvensional. Beberapa software di atas memiliki dua versi yaitu pro dan premium tetapi fiture utamanya tetap dapat digunakan secara gratis.