Api Key Token Tidak Valid Kartu Prakerja, Ini Penjelasannya



Api Key Token Tidak Valid Kartu Prakerja - kabar baik untuk peserta prakerja Gelombang 4 dimana Nomor Kartu dan Saldo Pelatihan yang sebelumnya masih diproses kini sudah bisa dilihat di Dashboard masing-masing akun prakerja.

Untuk melakukan pengecekannya anda bisa mengunjungi halaman prakerja di prakerja.go.id selanjutnya login dengan akun yang telah didaftarkan.

Baca juga: Pelatihan Prakerja Mudah dan Cepat Mendapatkan Sertifikat

Saldo Pelatihan yang didapatkan sebesar Rp. 1000.000 Rupiah itu nantinya diperuntukkan untuk membeli Pelatihan yang telah terdaftar sebagai mitra prakerja.

Apakah Saldo Pelatihan Bisa Dicairkan?

Saldo Pelatihan tidak bisa dicairkan secara tunai baik melalui rekening ataupun e wallet yang telah terdaftar di Akun Prakerja anda.

Saldo berjumlah 1 Juta itu hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan dari lembaga-lembaga yang telah terdaftar di Dashboard prakerja.

Untuk informasi lebih detail anda bisa melihat dashboard prakerja anda dan melihat beberapa lembaga pelatihan yang ada disana.

Berapa Lama Saldo Prakerja Cair?

Saldo prakerja yang sedang diproses akan muncul 3 hari setelah anda mendapatkan Notifikasi Pengumuman SMS dari prakerja.

Baca juga: E-Form BNI Prakerja, Link Syarat dan Cara Daftar

Dimana saldo dan Nomor kartu prakerja bisa dicek melalui halaman prakerja.go.id, namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama.

Seperti yang terjadi pada Gelombang 4 prakerja, dimana kebanyakan dari para peserta memperoleh SMS pengumuman dari prakerja pada 16 Agustus 2020.

Dari penjelasan SMS tersebut bisa dilihat jika anda telah lolos menjadi penerima kartu prakerja dan untuk Nomor Kartu Prakerja sendiri akan dirilis 3 hari setelah SMS dikirim, yakni pada 19 Agustus 2020.

Kenapa Saldo Prakerja Tidak Bisa Digunakan? Api Key Token Tidak Valid

Saldo yang muncul pada 19 Agustus tepatnya malam hari tadi tidak bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Hal ini banyak sekali ditanyakan para peserta kartu prakerja khususnya peserta gelombang 4.

Kira-kira kenapa yah? Menjawab hal ini anda bisa melihat kutipan teks atau postingan Instagram @prakerja.go.id dibawah ini.

"Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 4!
ㅤㅤ
Berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:
1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
4. Beli pelatihan dan bayar dengan Kartu Prakerja
ㅤㅤ
Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya.
ㅤㅤ
Bagi Sobat yang sudah mendapat dana, Sobat bisa membeli pelatihan mulai besok pada tanggal 20 Agustus 2020.
ㅤㅤ
Pastikan Sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan Sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali, lho. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak, ya!" @prakerja.go.id

Melalui posting diatas sudah jelas jika Saldo prakerja yang muncul pada 19 Agustus 2020, belum bisa digunakan hingga esok harinya pada 20 Agustus.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang 75000 Baru

Dimana kemungkinan anda baru bisa membeli pelatihan tepatnya pada pukul 12.00 bisa lebih, tergantung sistem prakerja sendiri.

Kemungkinan saat ini sistem prakerja sendiri sedang sibuk atau masih dalam proses pengaktifan Nomor Kartu Prakerja.

Hal ini juga dijelaskan salah satu lembaga Pelatihan melalui contact support "Just FYI walaupun saldo gelombang 4 sudah cair namun Api dari PMO dinonaktifkan dan belum tau kapan akan diaktifkan karena masih proses pengecekan administrasi sehingga saldo masih belum bisa digunakan".

Proses administrasi yang dimaksudkan disini mengarah ke Permenko nomor 11 tahun 2020, dimana ada beberapa poin disana yang mengatur tentang penyedia pelatihan di prakerja seperti Pelatihan wajib menyediakan ruang interaksi dalam proses pembelajaran.

Jadi, buat kamu yang bingung kenapa tidak bisa membeli pelatihan dengan alasan Nomor Kartu Prakerja tidak valid, Api Key Token Tidak Valid.

Harap bersabar dan coba lagi kemungkinan beberapa pelatihan juga sudah bisa dibeli, karena proses administrasi sendiri dilakukan secara bertahap.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai penjelasan kenapa anda tidak bisa membeli pelatihan di kartu prakerja dengan alasan api key token tidak valid. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda.