Cara Cetak Surat Mutasi Siswa di Dapodik 2021

Cara Cetak Surat Mutasi Siswa di Dapodik 2021


Cara Cetak Surat Mutasi Siswa di Dapodik 2021 - Aplikasi Dapodik 2021 untuk saat ini bisa dibilang berbeda dengan beberapa versi dapodik lainnya, dimana hal ini dibuktikan dengan beberapa letak fitur dan tampilan yang Menurut saya pribadi jauh lebih baik dari pada versi sebelumnya.

Perlu sahabat operator ketahui disini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara cetak surat mutasi atau pindah siswa di Aplikasi Dapodik versi 2021.


Nah, tak usah berlama-lama lagi kuy lah kita langsung ke cara cetak surat mutasi siswa di Aplikasi Dapodik terbaru 2021. 

Cara Cetak Surat Mutasi Siswa di Aplikasi Dapodik 2021

Apabila ada salah satu murid di sekolah memutuskan untuk keluar atau pindah sekolah maka untuk melakukan cetak surat mutasi siswa disini saya akan membagikan langkah-langkahnya secara langsung beserta gambar untuk memudahkan anda. 

Persiapan, pastikan anda telah mengupdate registrasi siwa atau melakukan sinkron setelah melakukan perubahan data dapodik. 

Berikutnya untuk langkah-langkah cara cetak surat mutasi sendiri ikuti panduan dibawah ini. 


Langkah 1: Buka Aplikasi dapodik versi 2021 dan jangan lupa untuk login menggunakan akun operator anda.

Langkah 2: jika sudah silahkan klik pada opsi peserta didik lalu pilih PD Keluar.

Langkah 3: Jika halaman termuat blank putih silahkan refresh sampai muncul data Peserta Didik Keluar.

Langkah 4: Setelah muncul data peserta didik keluar Selanjutnya klik pada peserta yang ingin di cetak surat mutasinya, lalu klik cetak.

Langkah 5: maka akan muncul kolom pop up, silahkan klik pada link yang disediakan untuk mengarah ke halaman Selanjutnya.

Langkah 6: melalui link tersebut anda akan diarahkan ke website dapodik versi lama, silahkan login jika belum dan jika sudah klik "Kelola Data Pokok".

Langkah 7: Selanjutnya silahkan klik opsi peserta lalu klik opsi status pilih status peserta keluar.

Langkah 8: maka akan muncul data peserta mutasi, Silahkan gunakan kolom pencarian untuk mencari nama peserta yang ingin dicetak.

Langkah 9: Jika data peserta mutasi telah ditemukan, Selanjutnya klik icon cetak untuk mencetak.

Langkah 10: Anda akan diarahkan menuju halaman preview surat mutasi siswa tersebut lihat detail surat dan melakukan pengecekan Sebelum mencetak dan jika sudah benar, anda bisa menyimpan surat tersebut di Komputer atau melakukan cetak langsung dengan klik icon cetak. 

, Selesai 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara cetak surat mutasi atau pindah keluar siswa di Aplikasi Dapodik 2021, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.