Cara Mendapatkan Uang 75000 Rupiah Baru, Simak Disini

Cara Mendapatkan Uang 75000 Rupiah Baru, Simak Disini


Cara Mendapatkan Uang 75000 - Dalam rangka memperingati 75 Tahun Indonesia merdeka tepat pada 17 Agustus 2020, Bank Indonesia (BI) merilis uang pecahan kertas baru dengan Nominal 75000 Rupiah.

Uang ini nantinya akan dibagikan ke 70 kantor perwakilan Bank Indonesia yang dijadwalkan selama 2 periode pembagian.

Adapun untuk 2 periode pertama dimulai hari ini tepat pada 18 Agustus 2020 dan nantinya akan berakhir pada 30 September 2020 mendatang.

Kenapa Uang Ini Banyak Diminati?

Banyak masyarakat yang berbondong-bondong memesan dan melakukan segala upaya agar mendapatkan Uang 75 Ribu ini, hal ini terjadi karena ada yang spesial dari Uang pecahan kertas 75000 ini.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, dijelaskan jika wujud atau makna dari penerbitan uang pecahan Rp 75.000 tahun 2020 ini ialah sebagai simbol dan wujud ungkapan rasa syukur dan berbagi kebahagiaan kepada Masyarakat di Indonesia.

Baca juga: 30+ Puisi Kemerdekaan Indonesia Karya Anak Bangsa

Selain itu melalui Uang 75 Ribu ini, Bank Indonesia juga mengangkat beberapa tema yang diharapkan mampu memberikan makna Nasionalisme yang tinggi yakni:
  • Mensyukuri Kemerdekaan
  • Mewujudkan anak-anak penerus bangsa bergenerasi Emas.
  • Upaya membangun Infrastruktur Indonesia.
  • Mengenang jasa para pahlawan proklamasi.
  • Memperjelas kesatuan dan persatuan.
  • Dan sekaligus mengenalkan budaya di Indonesia.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Uang Pecahan 75000 Ini?

Uang Pecahan Rp. 75 Ribu ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat mulai dari Tanggal 18 Agustus 2020 sampai akhir ke kantor-kantor Perwakilan Bank di Indonesia.

Gelombang pertama yakni 18 Agustus - 30 September 2020 akan dibagikan ke Sebanyak 40 Perwakilan Kantor Bank Indonesia dalam negeri dan satu Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten di Indonesia.

Untuk informasi lebih spesifik anda bisa mengunjungi halaman ini.

Berapa Kuota Yang Disediakan Untuk Uang Pecahan 75000?

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani menjelaskan jika penerbitan Uang Kertas Rupiah seri khusus nominal 75.000 tidak ditujukan untuk diedarkan secara bebas. 

Uang ini juga tidak diperuntukkan sebagai tambahan likuiditas pelaksaan penukaran kegiatan ekonomi, Uang ini dirilis pada peringatan ke-75 Tahun Indonesia sebagai Rasa Syukur atas Kemerdekaan yang diperoleh Indonesia.

Beliau juga menjelaskan jika Uang ini akan diproduksi secara terbatas sebanyak 75 Juta Cetakan uang Rupiah 75.000.

"Mata uang ini uang kertas pecahan nominal 75 ribu dicetak dengan jumlah 75 juta lembar yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah dan Bank Indonesia,” Sri Mulyani.

Syarat Mendapatkan Uang 75000 Rupiah

Bagi anda yang ingin pesan uang 75000 mulai dari sekarang, anda harus mengetahui beberapa syarat agar bisa mendapatkan Uang Pecahan seri 75 Ribu ini.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang diperlukan.
  • Dibutuhkan Kewarganegaraan Asli Warga Negara Indonesia (WNI) dan telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). 
  • Setiap KTP hanya dapat menukar satu lembar Uang Kertas 75 Ribu sebagai Peringatan Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun.

Cara Mendapatkan Uang 75000 Rupiah

Masyarakat di Indonesia yang berniat memesan uang pecahan ini dapat mengisi formulir pemesanan secara online terlebih dahulu melalui halaman https://pintar.bi.go.id/.

Selanjutnya untuk langkah-langkahnya sendiri ikuti panduan dibawah ini.

Langkah 1: Buka halaman https://pintar.bi.go.id

Langkah 2: Selanjutnya Masukkan Lokasi tempat anda akan mengambil uang pecahan tersebut beserta tanggal pengambilan, Ketuk Provinsi pilih >> Lalu Kota atau Kabupaten terdekat >> Lalu tanggal >> Klik Pesan.

Langkah 3: Isi Formulir dan Cetak Bukti Pemesanan.

Langkah 4: Pada jadwal dan lokasi yang telah ditetapkan, lakukan penukaran uang dengan cara mengunjungi lokasi yang dipilih.

Langkah 5: Pastikan anda membawa bukti pemesanan dan juga KTP Asli serta uang senilai 75.000 Rupiah untuk penukaran.

Langkah 6: Penting, pada saat penukaran uang anda diwajibkan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai tata cara mendapatkan dan memesan uang pecahan 75000 Rupiah RI, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.