Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Dapodik 2021

Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Dapodik 2021


Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Dapodik 2021 - Aplikasi Dapodik 2021 menjadi sebuah misteri yang akan terus menemani sahabat operator sekolah untuk periode Tahun pembelajaran 2020/2021.

Beberapa permasalahan mengenai fitur penginputan data sinkronisasi masih harus dipelajari lagi bagi para operator sekolah yang masih baru menyesuaikan dengan tampilan dan fitur baru yang ada di Aplikasi Dapodik versi 2021. 

Namun, anda tidak perlu resah karena disini nantinya anda akan menemukan solusi dari permasalahan anda yang tidak terpecahkan. 

Artikel kali ini akan menjalankan kepada anda, kemungkinan kenapa anda tidak menemukan notif Disconnected atau Server Tidak terhubung di Aplikasi Dapodik 2021. Berikut dibawah ini adalah ulasannya. 

Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Dapodik 2021

Apabila hal ini terjadi kepada anda, maka jangan khawatir yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mencari terlebih dahulu Penyebabnya. 

Bisa jadi karena server yang memang down, koneksi yang saat itu bermasalah atau kemungkinan lainnya seperti Aplikasi Dapodik mendapatkan updated atau pembaruan patch baru misalnya. 

Hal ini juga telah dijelaskan oleh beberapa teman youtuber lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu disini, dimana di jelaskan jika salah satu Penyebab kenapa Dapodik 2021 Disconnected saat melakukan sinkronisasi adalah anda belum update patch dapodik. 

Dan dilansir dari website resmi dapo.dikdasmen.kemendikbud.go.id dimana disana anda akan menemukan patch update Dapodik 2021. a dimana kemungkinan besar kenapa terjadi Disconnected adalah karena belum menginstall patch dapodik terbaru. 

Untuk itu agar masalahnya segera terselesaikan maka anda bisa mengunduh patch aplikasi dapodik 2021.a melalui langkah-langkah dibawah ini. 
  1. Unduh patch aplikasi dapodik versi 2021.a di https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2021-a
  2. Selanjutnya lakukan instalasi seperti biasa. 
  3. Jika sudah buka aplikasi dapodik. 
  4. Terakhir resresh pada halaman sinkronisasi dengan Menggunakan shortcut (CTRL + F5) atau melalui icon refresh lihat gambar dibawah ini. 
Jika halaman dapodik yang dibuka tidak dapat di akses karena gangguan maka tidak perlu khawatir, saya juga menyediakan link alternatif unduhan aplikasi dapodik versi 2021.a link disamping ini.

Jika notif Disconnected sudah terhubung silahkan lakukan sinkronisasi data dapodik anda, jika anda mengalami masalah lainnya seperti server padat atau pengguna layanan sinkronisasi sedang melebihi batas.

Maka silahkan tunggu beberapa menit lagi, jika tidak ingin menunggu anda bisa menggunakan layanan internet dengan mengaktifkan VPN dan mencoba untuk lakukan sinkronisasi ulang. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara mengatasi Disconnected Aplikasi Dapodik 2021 saat proses sinkron, semoga Artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Artikel ini juga telah tayang di halaman javasiana lainnya dengan judul dapodik 2021 Disconnected, Penyebab dan Cara Mengatasinya