Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja

Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja


Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja - Hari ini saya mendapatkan informasi dari beberapa teman - teman saya yang sebelumnya gagal saat pendaftaran Kartu prakerja baik dari Gelombang 1,2 dan 3.

Mereka mengatakan jika pada saat hendak masuk ke dashboard prakerja mereka disuruh mengisi Nomor KK (Kartu Keluarga) namun setelah saya cek lagi tidak hanya para calon penerima kartu prakerja saja yang mendapatkan Notifikasi untuk melakukan Verifikasi.

Sebagian dari anggota penerima kartu Prakerja mulai dari Gelombang 1,2 dan 3 ternyata ada juga yang diminta untuk memasukkan Nomor KK mereka.

Berikut ini admin akan berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai solusi dari masalah anda mengenai cara mengisi Nomor KK yang benar di Prakerja dan Mengatasi Gagal Verifikasi KK.

Cara Verifikasi Nomor Kartu Keluarga di Prakerja


Verifikasi nomor KK ini penting dilakukan jika anda ingin akun prakerja anda nantinya bisa didaftarkan menjadi penerima resmi anggota Prakerja untuk Gelombang selanjutnya.

Adapun dibawah ini saya juga telah mempublikasikan artikel terkait dengan Informasi Pendaftaran Gelombang 4 di Prakerja.

Lalu, Bagaimana cara verifikasi Nomor KTP di Dashboard Prakerja Berikut ini penjelasannya.
  1. Buka halaman prakerja di https://prakerja.go.id
  2. Selanjutnya Login untuk masuk.
  3. Di halaman utama anda akan mendapatkan Notifikasi untuk mengisi Nomor Kartu Keluarga.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya, lalu isi Nomor KK yang valid di dukcapil dan pastikan jika anda juga terdaftar di KK tersebut.
  5. Klik verifikasi.
  6. Selesai.

Sebenernya untuk memverifikasi kartu keluarga di Dashboard prakerja sangat mudah sekali, namun kebanyakan dari teman - teman mendapatkan Notifikasi gagal verifikasi kartu keluarga mereka.

Sebenernya apa sih penyebabnya dan bagaimana solusinya? Berikut ini adalah ulasannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja


Perubahan tata cara pendaftaran prakerja pada Gelombang 4 membuat beberapa langkah yang berbeda jika sebelumnya anda harus mengupload Swa Foto untuk proses Verifikasi Identitas maka kali ini berbeda.

Mengenai Gagal Verifikasi KK di Prakerja sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang membuat anda gagal saat melakukan validasi terkait Nomor KK yang digunakan.


Adapun berikut ini adalah beberapa penyebab anda gagal verifikasi Kartu Keluarga di Prakerja.
  • Kartu Keluarga belum update.
  • NIK yang terinput saat pendaftaran prakerja tidak terdaftar di Nomor Kartu Keluarga.
  • Kartu Keluarga tidak Valid atau tidak Sah.
  • Salah memasukkan Nomor KK.
  • Server Down.

Lantas, Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi gagal verifikasi Nomor Kartu Keluarga maka anda harus mengecek Nomor Kartu Keluarga dan pastikan NIK anda terdaftar di Kartu Keluarga tersebut.

Selanjutnya bedakan antara Nomor Kartu Keluarga dengan Nomor NIK karena kebanyakan dari anda terkadang kurang memperhatikan hal-hal kecil seperti ini.

Anda juga bisa memasukkan Nomor KK lama anda barangkali Nomor Kartu Keluarga yang baru belum di update dan juga menggunakan Perangkat lain untuk memverifikasi Kartu Keluarga.

Cobalah melakukan pengecekan KK Online melalui Disdukcapil, dibawah ini adalah langkah - langkah pengecekan Nomor Kartu Keluarga di Halaman Disdukcapil melalui akun twitter username @ccdukcapil atau via Call Center ke Nomor Hotline 1500-537.

Anda juga harus memastikan jika tidak ada lagi anggota keluarga yang terdaftar atau ingin mendaftar ke Prakerja selain anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini anda bisa mengajukannya melalui halaman CS prakerja disini.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel tentang bagaimana cara mengatasi dan solusi gagal verifikasi Nomor Kartu Keluarga di Prakerja, semoga bermanfaat.