Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia Lengkap

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia Lengkap



Cara Pelatihan Prakerja di Tokopedia - Program kartu prakerja hingga kini masih menjadi topik yang hangat untuk dibahas dimana hal ini dibuktikan dengan banyaknya minat masyarakat mencari informasi  baik melalui Halaman Faq Kartu Prakerja atau pun menggunakan Search Engine Google untuk menemukan artikel yang mereka cari.

Hal ini mungkin karena faktor ketidaktahuan mereka mengenai beberapa tahapan di prakerja mulai dari yang paling pertama tahap pendaftaran hingga Akhirnya lulus menjadi peserta.

Tahapanpun masih berlanjut dimana anda masih harus Mengikuti Pelatihan dengan cara membelinya menggunakan saldo pelatihan ke beberapa mitra pelatihan prakerja yang Terdaftar salah satunya adalah Mitra Tokopedia.

Sebelum itu balajarlah dari pengalaman rekan-rekan kartu prakerja untuk lebih selektif lagi dalam memilih lembaga pelatihan karena salah se-langkah saja dalam memilih lembaga pelatihan hal ini mungkin akan menghambat proses pencairan dana insentif anda.

Untuk itu baca artikel javasian Selanjutnya, tentang Rekomendasi Lembaga Pelatihan di Prakerja mudah dan cepat dapat sertifikat.

Adapun pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara membeli, daftar dan Mengikuti Pelatihan yang tersedia di Mitra Tokopedia.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Jika anda telah mantap untuk memberi pelatihan di tokopedia, maka Selanjutnya dibawah ini adalah beberapa langkah cara mengikuti pelatihan yang ada di Tokopedia di Mulai dari daftar, pembelian dan redeem voucher di website lembaga pelatihan yang dipilih. 

Daftar Akun di Tokopedia

Tahap paling pertama sebelum melakukan pembelian kode voucher adalah melakukan pendaftaran, dimana untuk itu anda bisa mengunjungi dashboard prakerja lalu klik pada mitra pelatihan Tokopedia. 

Nantinya anda akan diarahkan untuk mendaftar pada akun baru, klik daftar Selanjutnya masukkan nomor Telepon (pastikan nomor yang digunakan sama dengan nomor yang terinput di data kartu prakerja).

Setelah itu, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor Telepon, klik kirim kode otp masukkan kode lalu klik verifikasi. 

Tahapan berikutnya nanti anda akan mendapatkan formulir registrasi dimana anda harus mengisi identitas anda, pastikan anda menginput data dengan benar. 

Cara Membeli Pelatihan di Tokopedia

Untuk melakukan pembelian pelatihan maka silahkan klik pada kolom pencarian lalu masukkan kata kunci kartu prakerja dan klik cari.

Baca juga: Cara Mengikuti Webinar Prakerja Lengkap 

Nah, disana anda akan menemukan Beberapa pelatihan yang bisa Anda beli, pilih salah satunya dan klik detai.

Untuk langkah-langkah nya silahkan simak dibawah ini. 

Langkah 1: Setelah memilih satu pelatihan klik detail untuk melihat informasi, sebenarnya ada apa aja sih di pelatihan tersebut, anda juga bisa melihat bagaimana cara redeem dan informasi mengenai batas kadaluarsa voucher tersebut.

Langkah 2: Jika dirasa pelatihan tersebut sudah sesuai klik beli. 

Langkah 3: Setelahnya klik pembelian anda akan diarahkan ke halaman pembayaran, untuk menggunakan pembayaran via kartu prakerja klik lihat semua pada metode pembayaran >> Lalu klik Metode pembayaran kartu prakerja. 

Langkah 4: Lalu masukkan nomor kartu prakerja dengan cara buka dashboard kartu prakerja Selanjutnya copy nomor prakerja yang ada di dashboard >> paste di kolom Nomor kartu prakerja, dan terakhir klik bayar.

Langkah 5: Nantinya anda akan diarahkan untuk melakukan verifikasi melalui Nomor Yang Terdaftar di akun Tokopedia dan prakerja. 

Langkah 6: Setelah melakukan verifikasi dan berhasil maka anda bisa melihat Detail pembelian opsi history dan pembelian atau via email, cek detail pembelian disana anda akan melihat informasi mengenai kode voucher pelatihan dan cara menukarkan kode tersebut. 

Cara Redeem Kode Voucher Tokopedia 



Setelah melakukan pembelian maka anda bisa melakukan penukaran kode voucher melalui Halaman website atau aplikasi dari lembaga pelatihan yang dipilih, disini saya mencontohkan redeem voucher di lembaga skill academy.

Baca juga: Kunci Jawaban Exam Skill Academy Prakerja 

Berikut adalah panduannya,
  1. Buka website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store. 
  2. Selanjutnya Klik ""Tukarkan"" pada bagian penukaran voucher di beranda halaman prakerja
  3. Pilih “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy. Sebelum mendaftar pastikan identitas sesuai dengan yang terdaftar di kartu prakerja. 
  4. Lalu pilih kelas yang sebelumnya sudah dibeli. 
  5. Isikan kode voucher yang sudah didapatkan dari Tokopedia setelah melakukan pembayaran
  6. Terakhir, klik redeem voucher. 

Ingat kode voucher memiliki batas masa penukaran jadi jangan sampai anda terlambat saat penukaran kode yah.

Setelah Pelatihan Berapa Lama Sertifikat dan Insentif Dana Muncul di Dashboard Prakerja

Setelah melakukan pembelian maka anda bisa Mengikuti Pelatihannya dan menyelesaikan pelatihan tersebut sampai mendapatkan sertifikat. 

Perlu diketahui proses sinkronisasi sertifikat sendiri tidak akan muncul langsung di dashboard kartu prakerja setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat. 

Untuk posesnya sendiri dikutip dari Penjelasan CS Skill Academy setelah mendapatkan sertifikat maka nantinya sertifikat akan dikirim ke pihak mitra Tokopedia. 

Dimana proses validasi dengan sistem prakerja sendiri membutuhkan waktu paling cepat 3 x 24 jam tidak termasuk hari libur.

Terkadang juga membutuhkan lebih lama hingga 2 minggu lamanya tergantung proses dari sistem sendiri.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara mengikuti pelatihan prakerja di Tokopedia, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.