Cara Mengikuti Webinar Prakerja Lengkap



Cara Mengikuti Webinar Prakerja - Selamat bagi para peserta yang lulus tahap evaluasi pendaftaran kartu prakerja.

Selanjutnya disini kalian akan mendapatkan beberapa informasi penting mengenai Program prakerja tentang bagaimana cara menggunakan Kartu prakerja untuk pelatihan dan bagaimana tahapan selanjutnya untuk mendapatkan Insentif Dana dari prakerja.

Sebelum itu, ada yang saya harus sampaikan kepada anda mengenai Pelatihan di prakerja dimana sistem pembelajarannya sendiri mungkin akan terlihat lebih banyak menyita waktu.

Kenapa? Bersamaan dengan pengeluaran Peraturan Permenko Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Program Kebekerjaan Prakerja dimana ada satu poin disana yang mengharuskan semua lembaga pelatihan menyediakan pembelajaran layaknya webinar atau web seminar.

Baca juga: Cara Membatalkan Pelatihan Prakerja, Apa Bisa?

Jika dibandingkan dengan pelatihan peserta prakerja Gelombang 1, 2 dan 3 untuk gelombang 4 dan seterusnya berikut ini mungkin akan ada tambahan pembelajaran dimana anda harus mengikuti webinar dengan jadwal yang telah ditentukan.

Dibawah ini adalah informasi lengkap mengenai cara mengikuti pelatihan webinar di Kartu prakerja.

Cara Mengikuti Webinar Kartu Prakerja

Untuk bisa mengikuti pembelajaran webinar atau web seminar ini, sebelumnya anda harus membeli pelatihan yang bisa dipilih melalui Dashboard prakerja langsung.

Selanjutnya anda bisa mengunjungi halaman pelatihan tersebut atau mengunduh aplikasinya secara langsung di Playstore atau Appstore lalu Log-In dan Ikuti kelas yang sudah dibeli.

Nantinya ada beberapa tahap pembelajaran dimana sebelum ke Webinar anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu, mulai dari Pre Exam, Pre Video, Video, Video Inti, Essai, Exam sampai nantinya anda bisa membuka tahap webinar.

Baca juga: Kunci Jawaban Exam Skill Academy Prakerja

Pastikan jika tahapan-tahapan sebelumnya telah mendapatkan Centang hijau yang menyatakan jika anda telah menyelesaikan tahapan tersebut dengan baik.

Selanjutnya untuk mengikuti webinar berikut adalah langkah-langkahnya, saya mencontohkannya dengan mengikuti webinar di Skill Academy Prakerja.

Persiapan: Buka Aplikasi atau Website Lembaga Pelatihan, contoh skill academy >> Login dan Pilih Kelasnya.

Langkah 1: Pastikan jika semua tahap pelatihan sebelum webinar sudah selesai.

Langkah 2: Buka tahap webinar lalu klil tautan, disana anda akan melihat jadwalnya.

Langkah 3: Ikuti Jadwal yang telah ditentukan dan jika sudah penuh tunggu rilis jadwal selanjutnya.

Langkah 4: Isi Form Pendaftaran yang telah disediakan, pastikan identitasnya sama dengan yang anda gunakan untuk mendaftar di prakerja dan di lembaga terkait.

Langkah 5: Jika anda berhasil maka status di jadwal webinar akan berubah dari yang semula dalam antrean menjadi akan datang. Disana anda akan melihat jadwal webinar klik mulai Webinar (Tombol bisa dipakai 15 menit sebelum sesi webinar dimulai).

Silahkan klik Mulai webinar dan anda akan diarahkan ke sesi webinar di zoom, dimana kamu tidak perlu lagi mengisi identitas anda

Berikutnya, jika anda mengakses webinar menggunakan pc/laptop anda akan diarahkan menuju halaman sesi untuk bergabung ke sesi webinar.

Dan jika anda menggunakan Android dan sejenisnya, cek email inbox disana anda akan melihat link yang mengarah ke sesi webinar (biasanya inbox email akan dikirim 1 jam sebelum webinar dimulai).

Langkah 6: Kamu tidak perlu melakukan presensi di sesi webinar karena secara otomatis email yang digunakan untuk mendaftar akan terdeteksi sebagai cara pengecekan kehadiran.

Langkah 7: Setelah menyelesaikan sesi webinar maka progres webinar anda akan otomatis centang hijau dalam 1x24 jam (jika anda menyelesaikan sesi tersebut) karena Sebelum itu akan dilakukan review kehadiran terhadap webinar yang anda ikuti.

Itulah beberapa langkah-langkah cara mendaftar dan join webinar di prakerja, lebih tepatnya di lembaga pelatihan skill academy.

Untuk melihat Apakah webinar yang diikuti berhasil apa tidak silahkan kunjungi halaman skill academy lalu pilih opsi jadwal webinar, nantinya anda bisa melihat notif selesai di sesi webinar yang telah diikuti apabila anda dinyatakan berhasil dan telah Mengikuti Webinar sesuai dengan arahan, lihat gambar dibawah ini.

Untuk informasi lainnya silahkan baca dibawah ini.

Pertanyaan Berkaitan dengan Webinar Prakerja

Mungkin beberapa teman disini masih belum mengerti dengan webinar yang nantinya harus mereka jalani di masing-masing lembaga pelatihan yang dipilih.

Oleh karena itu, disini saya telah mengumpulkan beberapa pertanyaan berkaitan dengan webinar yang ada di Prakerja.

Apakah ada Pelatihan di Prakerja Tanpa Webinar?

Kemungkinan besar sudah tidak ada lagi sejak berlakunya peraturan Permenko Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang sistem pembelajaran yang harus ada di lembaga pelatihan prakerja.

Berapa lama Webinar Tersebut Akan Berlangsung?

Untuk periode waktunya sendiri bermacam-macam ada yang satu jam saja, satu 1/2 jam dan ada juga yang 2 jam penuh mereka harus mengikuti webinar.

Baca juga: Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar?

Rata-rata untuk waktu webinar dari masing-masing lembaga pelatihan sendiri adalah kurang lebih 1,5 jam'an.

Berapa Jumlah Peserta Webinar?

Per harinya nanti akan diadakan satu webinar saja dengan jumlah maksimal peserta adalah 1000 orang, karena itulah jika lembaga pelatihan tersebut di ikuti banyak peserta contoh 10.000 Peserta maka nantinya akan ada minimal 10 jadwal yang bisa diikuti.

Bagaimana Proses Webinar Itu Sendiri?

Untuk prosesnya sendiri setalah anda bergabung dengan 1000 peserta lainnya, nantinya hanya pembicara (Narasumber) saja yang bisa berbicara dan untuk yang lain akan di mute.

Mereka bisa berinteraksi dengan penjelasan mengenai pelatihan yang diikuti dengan mengirim pesan dan menanggapinya.


Apakah Setelah Webinar saya Langsung Mendapatkan Insentif?

Tidak langsung, nantinya setelah webinar dan telah memberikan ulasan kepada lembaga pelatihan anda dapat mengunduh sertifikat dengan klik opsi sertifikat dan unduh sertifikat.

Anda juga harus menunggu hingga sertifikat muncul di dashboard prakerja, untuk berapa lama sertifikat munculnya sendiri tergantung dengan lembaga masing-masing bisa cepat bisa juga lambat.

Setelah sertifikat muncul maka anda akan melihat jadwal Insentif melalui opsi menu Insentif dana prakerja.

Ajukan Pertanyaan?

Jika penjelasan yang saya bagikan diatas masih kurang jelas, anda bisa mengajukan pertanyaan anda langsung melalui kolom komentar dibawah ini.

Update, untuk pertanyaan di alihkan ke artikel dibawah ini, mengingat jumlah komentar yang sudah melebihi batas. 

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai cara mengikuti Webinar di Kartu Prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.