Cara Menyematkan Pesan di Aplikasi Telegram

Cara Menyematkan Pesan di Aplikasi Telegram


Cara Menyematkan Pesan di Telegram - Penggunaan telegram di Indonesia semakin mendominasi khususnya bagi kalangan remaja dan dewasa yang membutuhkan platform dimana mereka dapat membuat dan menciptakan group dengan member aktif lebih besar.

Diketahui saat ini telegram adalah platform perpesanan online yang memiliki fitur group dengan jangkauan member sampai dengan 250K anggota.

Dan menariknya Group tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Sematkan atau Pin Pesan, Edit Pesan dan banyak lagi.

Contents

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi yang berkaitan dengan tutorial cara menyematkan pesan di Telegram. Tapi sebelum itu mari kita perjelas mengenai apa itu sematkan di Aplikasi Telegram?.

Apa Itu Sematkan di Aplikasi Telegram?

Fitur Sematkan atau Semat disebut juga sebagai fitur pin pesan (pin chat) yang artinya adalah memprioritaskan pesan, jadi jika di telaah baik-baik Fitur Sematkan di Telegram adalah fitur dimana anda bisa membuat pesan anda diletakkan di tempat yang dapat di jangkau oleh seluruh member group anda.

Baca juga: Cara Join Group Telegram Melalui Link

Tujuannya adalah untuk mengumumkan atau menginformasikan sebuah pengumuman penting dimana anda tidak perlu khawatir pesan tersebut terus ditimpa oleh chat dan pesan dari anggota lain.

Ibaratnya anda ingin membuat pengumuman dalam bentuk teks atau naskah, maka anda bisa meletakkan naskah pengumuman tersebut di tempat yang paling bisa di jangkau ileh member lainnya seperti papan pengumuman misalnya.

Namun, berbeda dengan Aplikasi Telegram anda bisa menggunakan fitur ini dengan mudah hanya dengan satu dua kali ketuk saja. Berikut adalah tutorialnya.

Cara Menyematkan Pesan Group atau Channel di Telegram

Selanjutnya dibawah ini adalah langkah-langkah cara menyematkan pesan atau chat di Grup dan Channel (Saluran) di Telegram.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram dan Masuk ke Chat Group atau Saluran di Telegram anda.

Langkah 2: Jika sudah pilih pesan atau buat pesan yang ingin disematkan atau di Pin, jangan lupa untuk mengirimkan pesan tersebut terlebih dahulu.

Langkah 3: Ketuk pada pesan yang ingin disematkan lalu akan muncul opsi lainnya, pilih Sematkan.

Langkah 4: Konfirmasi pesan untuk membuat pesan anda benar-benar di sematkan.

Langkah 5: Untuk menghapus pesan yang tersemat di bagian atas, ketuk pada tanda (x).

Langkah 6: Dan Jika anda hanya ingin mengganti tulisan atau pesan dari teks yang disematkan, ketuk pada pesan lalu klik edit.

,Selesai.

Namun bagi pengguna telegram web, mungkin anda tidak akan menemukan fitur sematkan karena memang pada telegram versi web belum dirilis.

Baca juga: 3+ Cara Mengetahui ID Telegram Anda dan Teman anda

Tapi jangan khawatir anda masih tetap bisa melihat pesan yang disematkan oleh anggota group lainnya.

Cara Menyematkan Chat di Telegram

Untuk menyematkan chat pribadi di Telegram, anda juga bisa loh melakukannya. Apabila chat-chat anda sudah bertumpuk dan tidak dapat menyortirnya maka fitur ini bisa anda pakai untuk memprioritaskan pesan yang lebih penting terlebih dahulu.

Begini panduan langkah-langkahnya.

Langkah 1: Buka Aplikasi telegram lalu pilih Chat yang ingin di Pin atau disematkan.

Langkah 2: Ketuk dan tahan pesan yang hendak disematkan lalu pilih icon semat mirip jarum diatas (Lihat gambar dibawah).

Langkah 3: Maka chat pesan tersebut akan muncul di bagian atas dan tidak akan tertimpa pesan baru yang muncul.

Langkah 4: Untuk membatalkan ketuk dan tahan chat yang disematkan lalu klik pada icon sematkan lagi.

,Selesai.

Cara Agar Pesan Yang Tersemat tidak dihapus Member lain

Sebagai admin anda pasti kesal dengan ulah para member yang jail menghapus pesan yang disematkan tersebut, maka dari itu untuk mengatasinya anda dapat mematikan toggel pesan sematkan di Opsi Group anda.

Caranya adalah,
  • Buka Telegram lalu masuk kedalam chat group.
  • Selanjutnya pilih dan ketuk icon group diatas.
  • Klik icon pensil untuk mengedit.
  • Scroll kebawah temukan opsi izin.
  • Lalu ketuk Non aktifkan pesan semat.
  • Simpan.
  • Untuk mengaktifkannya kembali silahkan ulangi tutorial ini.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara menyematkan pesan di Telegram dan Informasi lainnya yang berkaitan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda.