Gagal Verifikasi Nomor NIK dan KK di Prakerja, Ini Penyebab dan Solusinya

Gagal Verifikasi Nomor NIK dan KK di Prakerja, Ini Penyebab dan Solusinya


Gagal Verifikasi NIK dan KK Kartu Prakerja - Pembukaan prakerja Gelombang 4 telah dilaksanakan pada periode 8 - 12 Agustus 2020 kemarin dan rencananya Gelombang 5 atau Batch V prakerja akan dibuka pada 15 Agustus 2020.

Dikuti dari, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu ia mengatakan, pendaftaran gelombang 5 dimulai pukul 12.00 WIB. 

Ia juga menjelaskan, untuk pendaftar gelombang ini akan dibuka kuota untuk 800.000 orang yang telah diperhitungkan dan menjadi daftar Prioritas Gelombang 5 Prakerja.

Masalah Pendaftaran Prakerja Gelombang 4

Sebanyak 1,2 Juta pendaftar kartu prakerja Gelombang IV yang mendaftar pada periode 08-12 Agustus lalu banyak yang mengeluh kesulitan saat mendaftar prakerja.

Baca juga: 30+ Masalah Lainnya di Kartu Prakerja dan Solusinya

Alasan paling utamanya adalah karena perubahan tata cara pendaftaran prakerja yakni, Menggunakan Nomor NIK dan Nomor KK atau Kartu Keluarga untuk proses validasi data diri.

Jika pada batch sebelumnya anda harus memverifikasi data diri yang anda masukkan dengan menggunakan Swa Foto atau Foto Selfie maka kali ini berbeda.

Lantas, bagaimana cara mengatasi penyebar kk dan nik tidak valid saay verifikasi data diri? Berikut Penjelasannya

Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Nomor Kartu Keluarga dan NIK Alasan Tidak Valid


Apabila anda menemukan masalah saat pendaftaran prakerja salah satunya adalah muncul Notifikasi Tidak Valid ketika sedang memasukkan Nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, Nama, Tanggal Lahir dan Nomor Telepon maka ada beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi.

Berikut dibawah ini adalah penyebab dari alasan tidak valid saat verifikasi Nomor KK dan NIK di Prakerja.

Nomor KK dan NIK Tidak Valid

Apabila anda mengalami hal seperti ini. Maka ada dua kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama karena mungkin server Overload atau Sistem prakerja sedang penuh (sibuk) akhirnya anda kesulitan untuk melakukan validasi data karena keterbatasan server itu sendiri.

Baca juga: Nomor CS Prakerja Lengkap

Alasan dan penyebab kedua adalah karena data fisik dari Nomor Kartu Keluarga dan NIK belum Online atau belum terdaftar di Halaman Disdukcapil.

"Terkait dengan penggunaan data KTP, pastikan huka NIK dan KK anda sudah sesuai dengan dokumen fisik KTP. dan apabila anda mendapat balasan tidak valid maka hubungi pihak Disdukcapil terdekat untuk verifikasi data kependudukan anda" (Dikutip dari Email Info@prakerja.go.id)

Adapun untuk melakukan proses pengecekan data secara online di Halaman Disdukcapil, ada 3 cara yang bisa anda lakukan seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Baca juga: Cara Menghapus dan Mengganti Rekening atau Ewallet Prakerja

Cara ke-1: Cek email melalui Nomor Whatsapp/Telepon Disdukcapil ke No Telepon 1500537 atau Via wa/sms ke nomor 08118005373 dengan format:
  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Keluhan

Cara ke-2: Cek NIK online lewat Facebook atau Fb dan Twitter ke Alamat @ccdukkcapil.

Cara ke-3: Opsi berikutnya adalah dengan cara cek NIK online melalui email di alamat callcenter.dukcapil@gmail.com. dengan format yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni:
#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Setelah itu anda akan mendapatkan Email balasan yang memberi informasi apakah nomor NIK masih valid atau tidak.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai Gagal Verifikasi Nomor KK dan NIK di Prakerja, Ini Penyebab dan Solusinya. Semoga bermanfaat dan berhasil di prakerka kali ini.