Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja, Ini Beberapa Penjelasannya

Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja, Ini Beberapa Penjelasannya



Gelombang Tidak Ditemukan di Prakerja - Pendaftaran kertu prakerja kerap mendapatkan sorotan khususnya bagi masyarakat-masyarakat kelas menengah kebawah.

Dimana melalui program ini pemerintah menjanjikan beberapa manfaat yang diharapkan dapat membantu Masyarakat menemukan skill mereka di dunia kebekerjaan nantinya.

Sempat tidak ada kabar hingga berbulan-bulan kini pendaftaran prakerja untuk Gelombang berikutnya telah dibuka dimana kuota yang dijanjikan ini lebih besar dari pada Gelombang sebelumnya (Gelombang 1, 2 dan juga 3).

Antusiasme masyarakat pun pecah dimana telah tercatat untuk Gelombang 4 1,2 Juta pendaftaran dan 1,7 Juta pendaftaran untuk Gelombang 5 dimana kuota yang diberikan adalah 800 Ribu orang.

Baca juga: Pelatihan di Prakerja Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat

Namun, meski telah berjalan begitu lama beberapa masyarakat yang pertama kali mendaftarkan dirinya ke Program ini pun masih belum mengerti dengan beberapa tahapan dan Notifikasi yang ada di dashboard prakerja.

Berikut dibawah ini adalah beberapa Informasi mengenai Notifikasi Gelombang Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja.

Gelombang Tidak Ditemukan Kartu Prakerja, Kenapa?

Apabila anda mendaftarkan diri anda ke Program kartu prakerja, dimana setelah melalui tahapan yang telah ditentukan sampai anda menyelesaikan tes motivasi nantinya anda bisa melihat dashboard prakerja anda.

Jika anda Scroll kebawah anda akan menemukan gelombang pendaftaran yang bisa dipilih (Jika dibuka) dan apabila tidak ada jadwal atau informasi mengenai pembukaan gelombang selanjutnya maka anda dapat melihat Notifikasi Gelombang Tidak Ditemukan.

Dari sini kita bisa menyimpulkan, jika arti dari Gelombang tidak ditemukan di prakerja adalah sebuah situasi dimana jadwal pendaftaran Gelombang selanjutnya belum dirilis sejak pendaftaran Gelombang sebelumnya ditutup setelah melakukan pendaftaran. 


Hal ini juga kerap terjadi pada saat proses evaluasi, seleksi dan masa kartu prakerja sedang diproses. Untuk informasi lebih lanjut baca sampai habis artikel ini.

Gelombang Tidak Ditemukan Padahal Pendaftaran Prakerja Tadinya Sedang Diproses


Notifikasi gelombang tidak ditemukan di Kartu prakerja juga seringkali ditemui ketika anda telah mendaftarkan dan mengikuti gelombang yang telah dibuka pada saat itu.

Dimana setelah proses evaluasi dan pendaftaran sedang diproses, tiba-tiba ketika anda melihat dashboard prakerja, notifikasinya berubah menjadi Gelombang Tidak Ditemukan.

Sebenarnya apa yang terjadi? 

Tenang, jangan khawatir jika dashboard kalian muncul Notifikasi Gelombang tidak ditemukan padahal anda sudaj mendaftarkan pada Gelombang yang telah dibuka, bukan berarti pendaftaran anda gagal atau anda tidak mendapatkan kuota.

Hal ini juga telah terjadi pada peserta gelombang 1,2,3 dan kemungkinan besar juga pendaftaran gelombang 6 juga akan mengalami hal yang sama.

Sebenarnya yang terjadi adalah sistem prakerja sedang melakukan penyesuaian dimana kemungkinan besar seleksi pendaftaran telah selesai dilakukan dan untuk selanjutnya tinggal merilis dashboard peserta prakerja.


Dimana jika ia lulus maka akan terlihat Notifikasi Saldo dan Nomor Sedang diproses dan jika gagal maka akan muncul notifikasi "Maaf anda belum berhasil".

Tapi keputusan ini belum Final yah, anda masih harus melakukan pengecekan secara berkala hingga 1-2 hari dimana setelahnya anda akan menerima SMS Pengumuman jika anda lulus pada pendaftaran gelombang yang telah dipilih.

Sampai disini sudah jelas yah, Gelombang tidak ditemukan bukan berarti anda tidak lolos, tidak mendapatkan kuota, atau pendaftaran anda gagal.

Gelombang tidak ditemukan pada saat menunggu pengumuman hasil evaluasi adalah sebuah situsi dimana pemerintah sedang melakukan perubaha dashboard yang menunjukkan apakah anda diterima atau tidak.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai gelombang tidak ditemukan di prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.