Insentif Survei Prakerja Cair Ini Penjelasannya

Insentif Survei Prakerja Cair Ini Penjelasannya


Insentif Survei Prakerja - Hal yang paling ditunggu - tunggu dan menjadi banyak pertanyaan di Program Kartu Prakerja adalah mengenai Insentif Kebekerjaan yang dijanjikan dalam Program ini.

Pemerintah melalui Program Prakerja mencoba menciptakan sebuah bantuan pelatihan yang bisa diikuti oleh rakyat Indonesia khususnya bagi anda yang Lulusan baru (Fresh Graduate), anda yang terdampak Covid-19 sehingga harus di Rumahkan dan anda yang masih Pengangguran.

Beberapa hal dijanjika program ini adalah antara lain:
  • Biaya Pelatihan
  • Insentif Dana Pelatihan prakerja
  • Insentif Survei Prakerja

Adapun artikel kali ini akan menjelaskan kepada anda mengenai Insentif Survey Kebekerjaan di Prakerja sebelumnya saya juga telah menjelaskan Bagaimana Tahapan Pencairan Insentif Dana Pelatihan Prakerja di Artikel lain.

Apa Itu Insentif Survei Prakerja?

Apa Itu Insentif Survei Kebekerjaan di Prakerja? Insentif Survei Prakerja adalah salah satu daftar Insentif yang dijanjikan Pemerintah melalui program Prakerja berikut ini dengan syarat mereka harus menyelesaikan Pelatihan dan menjadi bagian dari Prakerja.

Dikatakan Insentif Survey yang dijanjikan adalah sebesar Rp. 50 Ribu maksimal penerima program prakerja akan mendapatkan 3 kali Survei di Dashboard Prakerja miliknya.

Survei ini merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 seperti telah diubah oleh Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 3 Tahun 2020 untuk mengevaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Lalu, Kapan Insentif Survei Prakerja Cair?


Insentif Survei Kebekerjaan di Prakerja akan cair ketika anda telah menuntaskan Pelatihan dan telah mendapatkan Insentif Dana Prakerja hingga Tahap terakhir yakni tahap ke Empat.

Artinya anda akan mendapatkan Insentif Survei Prakerja setelah 4 bulan menjadi salah satu peserta di dalam Program Prakerja berikut ini.

Kolom survey Kebekerjaan akan otomatis muncul di Dashboard prakerja anda setelah memenuhi syarat dibawah ini dan setelah anda mengisi Survei anda bisa mengecek jadwal Insentif Survei di Menu Insentif Prakerja.


Syarat Mendapatkan Insentif Survei Prakerja

Seperti yang saya deskripsikan diatas untuk mendapatkan Insentif Survei dari Program Prakerja maka anda harus menyelesaikan Pelatihan terlebih dahulu untuk mendapatkan Insentif Dana Prakerja.

Pastikan anda menyelesaikan Pelatihan dengan benar dan tidak hanya menyelesaikan 1/2 pelatihan saja, jika itu terjadi maka ada kemungkinan Akun Kartu prakerja kamu bisa saja dicabut mengingat adanya peraturan Perpres 76/2020 yang mengatur tentang Program Prakerja.

Apa Yang Terjadi jika Kartu Prakerja dicabut?

Yang Terjadi jika program dicabut adalah anda tidak lagi menjadi Bagian dari program ini dan bahkan anda tidak akan mendapatkan Insentif dana selanjutnya dari Prakerja.

Apalagi Insentif Survei karena salah satu syarat mendapatkannya adalah dengan menyelesaikan Insentif Pelatihan higga tahap Keempat.

Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa menghubungi pihak CS Prakerja untuk informasi dan bantuan lebih lanjut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Insentif Survei Prakerja

Untuk mendapatkan Insentif Survei di Program ini, maka terlebih dahulu anda harus menjadi bagian dari Program Prakerja dengan mendaftar di halaman Prakerja.go.id nantikan berita terkait Pendaftaran Prakerja Gelombang 4.

Selanjutnya jika anda telah menjadi bagian dari Program ini anda harus menyelesaikan Pelatihan untuk mendapatkan Insentif Pelatihan hingga tahap ke-4 setelah itu akan muncul Kolom survei di Halaman utama Prakerja anda tapi tidak menuntuk kemungkinan Insentif Survey bisa ditemui untuk peserta gelombang 3 dan 4 di Bulan Agustus.

Disanalah anda harus mengisi beberapa pertanyaan dan survei pengalaman anda selama menjadi bagian dari Program Prakerja.

Selanjutnya Insentif Survei Prakerja akan dikirim ke Rekening dan E Wallet terdaftar paling lambat adalah 2 minggu atau 14 hari setelah pengisian Survei.

Akhir Kata

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai Insentif Survei yang ads di Prakerja jika anda mengalami masalah dan membutuhkan bantuan terkait Insentif Survei anda bisa menghubungi pihak Prakerja melalui email ke alamat survei@prakerja.go.id dengan subjek "Insentif Kebekerjaan Prakerja".