Kapan Pengumuman Lolos Tidaknya Prakerja Gelombang 4? Ini Penjelasannya

Kapan Pengumuman Lolos Tidaknya Prakerja Gelombang 4? Ini Penjelasannya


Pengumuman Lolos Prakerja Gelombang 4 - Pendaftaran Prakerja untuk batch 4 atau Gelombang 4 dibuka pada tanggal 8 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 12 Agustus esok.

Hal ini menjadi kabar membahagiakan bagi para pendaftar prakerja yang sudah menanti sekian lama untuk mendaftarkan diri di Prakerja untuk Gelombang 4 ini.

Diketahui kuota penerimaan anggota prakerja kali ini adalah 4 X lebih banyak dari beberapa Gelombang lainnya jika Gelombang sebelumnya hanya 200.000 saja maka di pembukaan ini Pra kerja menyebutkan akan membuka lebih dari 800 ribu Kuota penerima prakerja baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Gagal Verifikasi KK di Prakerja

Maka dari itu bagi teman-teman yang tidak lolos digelombang sebelumnya atau yang masih baru daftar kesempatan kalian untuk lolos seleksi prakerja Gelombang 4 terbuka lebar.

Kapan Pengumuman Lolos Seleksi Prakerja Gelombang 4?

Sejak beberapa hari setelah pendaftaran prakerja Gelombang IV dibuka, pertanyaan ini sering sekali diajukan para pendaftar prakerja khususnya pendaftaran Gelombang 4.

Menanggapi hal ini Direktur Eksekutif Project Management Office (PMO/manajemen pelaksana) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, jika pelaksana belum menentukan waktu penutupan pendaftaran gelombang IV.

“Kami akan melihat dulu berapa lama kuota diserap oleh pendaftar. Takutnya dibuat 1 minggu, ternyata ada beberapa provinsi masih sedikit pendaftarannya,” kata Denni dilansir dari detik.com

Jadi bisa dikatakan untuk pengumuman lolos tidaknya anda untuk sesi pendaftaran prakerja Gelombang 4 ini masih menunggu penutupan pendaftaran prakerja yang dijadwal akan ditutup pada 12 Agustus esok.

Pengalaman Para Pendaftaran Prakerja Gelombang 1,2 dan 3 Mengenai Pengumuman Prakerja

Berdasarkan pengalaman yang sebelum-sebelumnya mengenai kapan pengumuman lolos seleksi prakerja yang sedang di evaluasi biasanya pengumuman akan di update 3 - 7 hari kedepan setelah pendaftaran Prakerja ditutup.

Jadi ada kemungkinan pengumuman akan diumumkan pada tanggal 15 -19 Agustus 2020 bahkan bisa lebih lama dari biasanya, mengingat kuota prakerja kali ini lebih besar dibandingkan kuota pada Gelombang 1 2 da 3.

Sebagai informasi tambahan terkadang update pengumuman bisa saja bertahap jadi mungkin ada beberapa ketidaksamaan antara pendaftaran satu dan lainnya.

Baca juga: 30+ Masalah di prakerja dan Solusinya

Jika pendaftaran satu sudah ada Nomor prakerja yang menandakan bahwa ia lolos menjadi penerima kartu prakerja maka bisa jadi pendaftaran lainnya ada yang masih harus menunggu nomornya muncul.

Cara Melihat Lolos Tidaknya Saya di Prakerja

Untuk melihat apakah lolos tidaknya anda di dashboard prakerja hal ini bisa dilihat melalui halaman prakerja dengan cara seperti dibawah ini.
  1. Buka dashboard prakerja di prakerja.go.id
  2. Selanjutnya login untuk masuk.
  3. Maka dihalaman utama prakerja kamu bisa melihat mengenai informasi apakah anda lolos atau tidak.

Ada tiga tampilan yang kemudian bisa menjelaskan apakah anda diterima menjadi anggota resmi dari kartu Pra kerja, untuk itu dibawah ini adalah cuplikan gambar untuk pendaftaran yang masih menunggu evaluasi, lolos dan tidak lolos di Prakerja.

Menunggu Evaluasi


Cuplikan gambar diatas menunjukkan jika anda masih harus menunggu pemeringkatan calon penerima prakerja dari dari berjuta orang yang mendaftarkan nanti akan dipilih sebanyak 800.000 Orang.

Penilaiannya pun bermacam-macam dimulai dari keadaan mereka pada saat itu apakah pernah mendapatkan bantuan sosial atai tidak, pekerja terdampak covid-19, Korban PHK, Penilaian berdasarkan tes motivasi yang anda kerjakan dan masih banyak lagi.

Lolos Menjadi Penerima Prakerja


Lolos tidaknya anda sebagai penerima anggota bisa dilihat langsung di dashboard prakerja, adapun jika anda melihat cuplikan gambar diatas di dashboard prakerja anda maka bisa dibilang anda telah diterima menjadi anggota baru prakerja untuk Gelombang IV.

Ditandai dengan munculnya Nomor Kartu prakerja, selanjutnya kamu akan menerima saldo pelatihan sebesar 1 juta yang khusus digunakan untuk mengikuti pelatihan di Pra kerja.

Tidak Lolos Prakerja


Sebaliknya jika dashboard yang dibuka muncul Notifikasi seperti gambar diatas dengan tulisan "Tidak Lolos" maka itu artinya anda tidak lolos untuk mengikuti program kartu prakerja gelombang 4.

Baca juga: Nomor CS Prakerja Lengkap BNI, OVO, LinkAja

Anda bisa menunggu untuk Gelombang berikutnya dan mengharap agar di Gelombang selanjutnya anda akan lolos.


Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai kapan pengumuman lolos tidaknya pendaftaran kartu prakerja Gelombang 4 semoga artikel ini bermanfaat.