Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja, Kenapa? Ini Penjelasannya

Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja, Kenapa? Ini Penjelasannya


Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja - Pendaftaran kartu prakerja telah dibuka. Hingga tercatat sejak artikel ini dipublikasikan sudah 5 Gelombang berjalan.

Selain itu bagi peserta gelombang 4 yang sudah lulus di kartu prakerja mereka sudah bisa melihat Nomor Kartu Prakerja dan saldo melalui dashboard prakerja mereka.

Untuk apa Nomor Kartu dan Saldo Tersebut? Berikut informasinya akan kami jelaskan.

Nomor Kartu dan Saldo di Prakerja berfungsi sebagai identitas valid dan juga modal saldo pelatihan untuk membeli beberapa kursus pelatihan yang ada di Halaman mitra prakerja.


Namun, ada masalah yang sampai saat ini tidak terpecahkan. Masalah tersebut berkaitan dengan Nomor Kartu prakerja yang tidak bisa digunakan untuk membeli pelatihan.

Kira-Kira Kenapa Yah? 

Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja

"Kursus Tidak Ditemukan" singkatnya Notifikasi ini seringkali muncul ketika saya membeli pelatihan di salah satu mitra pelatihan prakerja sebut saja pintaria.

Ketika saya ingin membayar dan memilih metode pembayaran prakerja, tiba-tiba setelah saya memasukkan Nomor Kartu Prakerja dan meng-klik gunakan muncul Notifikasi ini.

Apa alasannya? Buat kalian yang mengalami hal serupa jangan khawatir karena hal ini juga terjadi kepada semua pemegang kartu prakerja.


Alasannya juga telah disampaikan dengan jelas oleh salah satu lembaga pelatihan.
"Mohon maaf atas kendala yang dialami. untuk kendalanya, dikarenakan fasilitas pembayaran kartu prakerja sedang dinonaktifkan sehubungan dengan proses pengecekan dan verifikasi pemenuhan syarat Administrasi (Api dimatikan oleh PMO) jelas Ajeng.
Proses administrasi yang dimaksudkan disini adalah Permenko nomor 11 tahun 2020, dimana ada beberapa poin disana yang mengatur tentang penyedia pelatihan di prakerja seperti Pelatihan wajib menyediakan ruang interaksi dalam proses pembelajaran.

Update Masalah Kursus Tidak Ditemukan Kartu Prakerja 

Mungkin sebagian dari kalian meski sudah menunggu hingga beberapa minggu lamanya, permasalahan munculnya keterangan Kursus tidak ditemukan Kartu prakerja belum juga terselesaikan. 

Jika ini terjadi, maka anda bisa menghubungi pihak yang bersangkutan dalam hal ini Mitra atau Lembaga tersebut. 

Selanjutnya meminta bantuan dan Penjelasan kenapa saya hingga sampai saat ini beluk juga bisa melakukan aktivitas redeem kode voucher. 

Khusus untuk yang membeli pelatihan di lembaga skill academy anda bisa melaporkan perihal ini melakukan google form penanganan kendala kartu prakerja. 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan jadi penyebab kenapa anda tidak bisa membeli pelatihan di prakerja lalu muncul notif Kursus Tidak Ditemukan adalah karena adanya proses pengecekan administrasi kepada setiap lembaga pelatihan.

Untuk waktu penyelesaiannya sendiri masih belum jelas dan kemungkinan besar dilakukan secara bertahap, jadi harap bersabar dan cek secara berkala.