Pelatihan Prakerja Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat

Pelatihan Prakerja Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat



Seperti yang diketahui pendaftaran prakerja saat ini telah berlangsung hingga 7 gelombang tercatat mulai dari awal april hingga September 2020. 

Bagi pendaftar yang sudah lolos maka seharusnya mereka sudah mengetahui keputusan dari evaluasi yang dijalankan sistem prakerja mengenai lolos tidaknya mereka pada Gelombang tersebut.

Jika lolos nantinya anda akan melihat Nomor Kartu Prakerja dan Saldo yang terpampang di Halaman utama layar prakerja anda.

Daftar Isi

Apa itu Saldo Pelatihan Prakerja?

Saldo pelatihan di prakerja adalah salah satu bantuan dana pelatihan yang diberikan pihak kartu prakerja kepada peserta yang dinyatakan lolos pada tahap pendaftaran. 

Dimana saldo tersebut dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang telah terdaftar menjadi mitra pelatihan untuk prakerja. Diketahui ada 7 mitra pelatihan yang bisa anda ikuti.


Dibawah ini adalah daftar mitra pelatihan prakerja.
  • Kemnaker
  • Tokopedia (Skill Academy By Ruang Guru)
  • Bukalapak
  • Sekolahmu
  • Pijar
  • Maubelajarapa dan
  • Pintaria

Dari ke-tujuh mitra pelatihan tersebut, disini admin akan membagikan tips bagaimana cara memilih pelatihan prakerja yang mudah sekaligus cepat mendapatkan Sertifikat dan Insentif prakerja.

Rekomendasi Pelatihan Prakerja Yang Cepat dapat sertifikat dan Mudah

Apabila anda mencari pelatihan yang mudah dan cepat dapat sertifikat maka rekomendasi dari admin sendiri, anda bisa mengikuti pelatihan kelas online yang ada di Skill Academy atau Sekolahmu.

Pelatihan ini dapat ditemukan melalui mitra pelatihan Tokopedia dan Bukalapak , untuk lebih spesifiknya lagi anda bisa melihatnya langsung melalui dashboard prakerja anda.

Dan untuk rekomendasi kelasnya sendiri anda bisa membeli kelas langkah menjadi youtuber profesional bersama gita safitri, Sukses Bisnis Online Shop, Membuat dan Menjual Masker dan masih banyak lagi. Dimana selain mudah durasi videonya juga relatif pendek.

Sehingga anda mungkin lebih cepat menyelesaikan Pelatihannya.

Kenapa Harus Skill Academy?

Dari pengalaman para peserta prakerja Gelombang 1,2 dan 3 pelatihan yang ada di Sklill Academy selain mudah proses validasi atau verifikasi penyelesaian dan pengaktifan pelatihannya pun cukup cepat.

Baca juga: 30+ Masalah Prakerja dan Solusinya

Sementara itu untuk beberapa mitramitrapelatihan pelatihan lainnya bisa jadi cepat dan bisa juga lama.

Hal ini dirasakan untuk sebagian peserta prakerja. Saat itu ia telah mengikuti pelatihan di salah satu mitra pelatihan dan telah mendapatkan sertifikatnya.

Selanjutnya ia pun melihat dashboard prakerja untuk melakukan pengecekan apakah pelatihan masih aktif atau selesai dan telah mendapatkan sertifikat pertamanya.

Dan benar saja setelah menunggu dengan sabar ternyata Sertifikat pelatihan masih juga belum dirilis sehingga berdampak pada kelancaran dana insentif prakerja.

Karena syarat utama anda menerima Insentif adalah telah mengikuti pelatihan dan telah mendapatkan Sertifikat muncul di Dashboard prakerja anda.

Lantas, Apa Yang Harus anda Lakukan?

Tips dari saya sendiri jika anda ingin mengikuti pelatihan, maka ikuti minimal satu pelatihan terlebih dahulu yang ada di Tokopedia (Skill Academy) selanjutnya pilih pelatihan yang menurut kamu paling mudah.

Setelah mengikuti pelatihan dan menyelesaikannya maka sisa saldo yang masih ada bisa anda belanjakan dengan membeli pelatihan lainnya yang ada di Prakerja.

Minimal untuk menerima Insentif dana dari prakerja anda harus menyelesaikan setidaknya 1 pelatihan dan mendapatkan 1 sertifikat saja maka jadwal Insentif bisa dipastikan lancar.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan di Skill Academy?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, anda bisa menemukan pelatihan ini melalui mitra pelatihan yang ada di Tokopedia, selanjutnya untuk langkah-langkahnya sendiri akan dijelaskan dibawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi tokopedia lalu pastikan jika nomor yang terinput di prakerja tekah diverifikasi di mitra tokopedia.

Langkah 2: Ketuk pada kolom pencarian dan ketikkan "Kartu Prakerja".

Langkah 3: Pilih Kategori pelatihan dan lembaga pelatihan (Skill Academy).

Langkah 4: Klik lihat detail pada pelatihan yang diminti untuk melihat durasi dan informasi terkait cara menukarkan kode voucher.

Langkah 5: Klil beli dan Masukkan kode promo jika tersedia.

Langkah 6: Pilih lihat semua pada metode pembayaran lalu pilih "Kartu prakerja" pada bagian program pemerintah.

Langkah 7: Masukkan 16 digit nomor kartu prakerja (cek di dashboard) lalu lakukan verifikasi melalui sms.

Langkah 8: Setelah transaksi berhasil cek history transaksi top up & pelatihan atau cek melalui inbox email.

Langkah 9: Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di Halaman kelas / lembaga yang telah dibeli vouchernya.

Langkah 10: Kode Voucher berhasil ditukarkan sekarang anda bisa mengikuti pelatihannya.

Langkah 11: Jika pelatihan telah selesai jangan lupa isi Rating dan Ulasan di history Top up dan Transaksi lalu klik "Tulis Ulasan".

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai tips dan cara memilih pelatihan prakerja paling mudah dan cepat mendapatkan sertifikat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.