Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Apakah Ada? Ini Jawabannya

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Apakah Ada? Ini Jawabannya

Banyak Peserta Prakerja yang mencari informasi terkait Apa Itu Webinar Prakerja, dan Apakah ada Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar? Berikut ini adalah artikelnya.

Selamat bagi para peserta yang telah lolos dan menjadi penerima bantuan pembiayaan pelatihan dari Pemerintah, melalui program ini diharapkan banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh para peserta.

Seperti yang kita ketahui bersama program ini telah berjalan sejak akhir maret 2020 lalu dimana pada pembukaan Pendaftaran prakerja untuk Gelombang 1, 2 dan 3 kebanyakan telah menyelesaikan Pelatihan mereka.

Kini saatnya para peserta Gelombang 4 dan Seterusnya yang telah lulus dalam tahap seleksi evaluasi untuk sesegera mungkin bisa menyelesaikan Pelatihannya agar Insentif dana setelah pelatihan dapat disalurkan dengan cepat dan sesuai jadwal.

Namun ada sedikit perbedaan tata cara pendaftaran dan pelatihan pada gelombang yang dibuka Agustus 2020 ini, salah satunya adalah Tahap pelatihan Webinar yang menjadi salah satu metode pembelajaran wajib yang harus diterapkan di beberapa kursus pelatihan prakerja. Berikut ini adalah informasi terkait Sistem Pelatihan Webinar di Kartu Prakerja yang anda cari, namun sebelumnya anda harus tau terlebih dahulu bagaimana cara mengikuti pelatihan di prakerja. 

Cara Mengikuti Pelatihan di Prakerja

Bagi teman-teman yang sudah lulus dan telah mendapatkan Nomor dan Saldo kartu prakerja, kalian sudah bisa mulai pelatihan dengan cara membelinya melalui mitra pelatihan.


Untuk pembayarannya sendiri anda bisa menggunakan Nomor Kartu Prakerja sebagai identifikasi bahwa anda adalah penerima bantuan pelatihan dari prakerja.

Selanjutnya anda juga harus melakukan verifikasi Kode OTP yang dikirim melalui email atau Nomor Telepon yang terdaftar di Kartu Prakerja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menggunakan kartu prakerja untuk pelatihan klik link disamping ini.

Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar, Apakah Ada?

Agar insentif dana setelah pelatihan dapat segera dicairkan, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta prakerja diantaranya.
  • Terdaftar sebagai pemegang kartu prakerja resmi (memiliki nomor kartu prakerja)
  • Telah membeli pelatihan di mitra prakerja
  • Mengikuti pelatihan dan telah menyelesaikannya sehingga mendapatkan sertifikat.
  • Sertifikat muncul di dashboard prakerja.
  • Upgrade e wallet telah selesai bagi para peserta yang menggunakannya.

Dari kelima persyaratan wajib diatas agar anda mendapatkan Insentif ternyata ada salah satu syarat yang mungkin terlihat cukup menyita waktu apalagi dengan adanya perubahan yang dilakukan pemerintah melalui Permenko No 11 Tahun 2020.

Dimana lembaga pelatihan wajib menyediakan ruang interaksi dalam bentuk Webinar (Web Seminar).

Melanjutkan pertanyaan diatas, apakah ada pelatihan di prakerja yang tidak menggunakan sistem webinar?

Jelas tidak ada, karena sebelum pelatihan tersebut dibuka-pun pemerintah telah melakukan proses penyesuaian administrasi dalam hal ini (Permenko No 11 Tahun 2020) dari hasil tersebut apabila lembaga pelatihan memenuhi persyaratan maka lembaga pelatihan tersebut akan diloloskan dan dapat dibeli oleh peserta.


Sedangkan untuk yang tidak memenuhi persyaratan administrasi dari prakerja maka akan dibekukan hingga lembaga tersebut melakukan penambahan dan penyesuaian administrasi yang telah ditetapkan.

Memang sebelumnya sempat ada beberapa lembaga yang tidak menerapkan sistem pembelajaran web seminar ini sebut saja Yec.co.id, Sekolah Desain.id dan Arkademi namun pada tanggal 20 Agustus 2020 lalu beberapa kelas di Lembaga diatas sudah diubah dan di sesuaikan.

Rekomendasi Pelatihan Prakerja Yang Cepat Dapat Sertifikat

Agar Insentif segera cair maka ada beberapa tips mengikuti pelatihan di beberapa lembaga yang sudah disediakan oleh pihak prakerja. 

Untuk pelatihan pertama silahkan cari pelatihan yang umum dan mudah serta Lembaga tersebut terpercara. Karena dari beberapa pengalaman pendaftaran prakerja lainnya. 

Mereka kebanyakan terjebak di Pelatihan pertama mereka, memang mudah, cepat dan murah tapi buat apa jika akses ke pembelajarannya di persulit? Untuk itu Berikut adalah beberapa Rekomendasi Pelatihan Prakerja Mudah dan Wajib diBeli agar Insentif Cair

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa dipastikan bahwa pelatihan prakerja tanpa webinar tidak akan ada karena salah satu persyaratan agar lembaga tersebut lulus dari proses seles administrasi adalah memiliki sistem pembelajaran webinar dimana tersedia ruang interaksi antara peserta dan pembicara.

Demikian adalah informasi mengenai Webinar prakerja semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.