Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5 Kapan? Catat Jadwalnya


Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5 Kapan - Pendaftaran prakerja untuk batch 4 telah dilaksanakan dan ditutup pada 12 Agustus 2020 lalu. Kini para peserta sudah bisa melihat apakah mereka lolos atau tidak pada Gelombang tersebut.

Tercatat pada 19 Agustus 2020 Para peserta yang sudah lulus di Gelombang 4 sudah mendapatkan Nomor Kartu Prakerja dan Saldo secara bertahap.

Namun ada beberapa masalah yang terjadi ketika membeli pelatihan yang ada di Prakerja. Untuk informasi lebih lanjut baca artikel lainnya tentang hal ini dibawah ini.

Baca juga: Tidak Bisa Membeli Pelatihan di Prakerja "Kursus Tidak Ditemukan"


Artikel kita kali ini akan menjelaskan kepada anda mengenai Informasi pengumuman kartu prakerja untuk Gelombang 5 yang saat ini sedang berjalan.

Untuk itu baca dan teliti dengan baik agar anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Kapan Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 Ditutup?

Sebelumnya untuk informasi Pendaftaran prakerja Gelombang 5 sudah tertulis jelas di dashboard prakerja mengenai evaluasi yang sedang berjalan yakni dalam periode 15 sampai 19 Agustus 2020.

Namun hingga  21 Agustus 2020 nyatanya pembukaan Pendaftaran prakerja untuk Gelombang 5 masih dibuka, Di perpanjangan-kah?

Diketahui hingga rabu 19 Agustus 2020 sudah 1,3 Juta pendaftar kartu prakerja yang telah mendaftarkan dirinya. Hal ini dijelaskan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu pada Rabu (19/8).

Mengenai batas pendaftaran prakerja sendiri, nantinya akan ditutup pada hari minggu 23 Agustus 2020 diperpanjang untuk 4 hari kedepan. Hal ini dijelaskan oleb Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dimana dalam informasinya ia mengatakan bahwa pendaftaran gelombang 5 Kartu Prakerja masih akan dibuka sampai dengan Minggu, 23 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB. 

Dari sini sudah jelas jika Pendaftaran prakerja nantinya akam ditutup pada hari minggu tanggal 23 Agustus 2020.

Lantas,  Kapan Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 5?

Pengumuman kelulusan seleksi kartu prakerja untuk gelombang 5 kemungkinan besar hampir sama dengan periode pengumuman lolos tidaknya para peserta untuk gelombang 4.

Dimana mereka mendapatkan SMS Notifikasi dari prakerja yang menyatakan mereka berhasil dan lolos evaluasi pada gelombang yang dipilih selanjutnya anda juga mendapatkan informasi mengenai jadwal rilis Nomor Kartu prakerja yang diketahui pada Gelombang 4 dijadwalkan pada 19 Agustus 2020.

Baca juga: E-Form BNI Prakerja, Link Syarat dan Cara Daftarnya

Meski begitu dari pengalaman peserta gelombang 4 sebagian besar dari mereka sudah bisa melihat tanda-tanda apakah mereka nantinya diterima atau tidak pada tanggal 13, 14 dan 15 Agustus tepat 2 hari sebelum pengumuman SMS yang dijanjikan.

Jika hal ini dikaitkan dengan pengumuman kelulusan prakerja Gelombang 5 nantinya, maka dapat dipastikan anda mungkin melihat tanda-tanda kelulusan pada 24, 25 dan 26 Agustus 2020 setelah gelombang 5 nantinya ditutup pada 23 Agustus.

Dan pada 27 Agustus adalah pengumuman kelulusan valid yang diumumkan langsung oleh prakerja melalui SMS ke masing-masing Nomor terdaftar.

Bagaimana Cara Melihat Tanda-Tanda Lulus Tidaknya Gelombang 5

Untuk melihat tanda-tandanya maka dibawah ini saya akan berikan informasi beserta contoh gambar bagi teman-teman kartu prakerja Gelombang 5 yang gagal dan lulus melalui penjelasan dibawah ini.

Tanda Lolos Prakerja Gelombang 5


Bagi teman-teman yang melihat tampilan dashbordnya sama dengan gambar diatas, maka berdasarkan pengalaman peserta gelombang sebelumnya bisa dipastikan kemungkinan besar anda lulus seleksi evaluasi untuk periode prakerja Gelombang 5.

Tanda Gagal atau Tidak Lulus Prakerja Gelombang 5


Dan sebaliknya jika anda melihat tampilan dashboard seperti gambar diatas maka kemungkinan besar anda gagal atau belum berhasil di Gelombang 5.

Tapi tenang anda masih bisa mendaftar pada Gelombang selanjutnya, untuk informasinya masih menunggu dari pusat.

Contoh SMS Pengumuman Prakerja


Selang beberapa hari setelah pendaftaran prakerja untuk Gelombang 5 Ditutup maka anda akan mendapatkan SMS jika anda lolos di Gelombang tersebut.

Dari informasi yang ada di pesan tersebut nantinya anda akan mendapatkan jadwal tanggal kapan nantinya nomor kartu prakerja beserta saldo akan muncul di Dashboard prakerja anda.

Untuk Gelombang 5 sendiri kemungkinan SMS akan diterima paling cepat tanggal 27 Agustus 2020.

Tidak Menerima SMS Artinya?

Beberapa kejadian seperti tidak terkirimnya sms ke Nomor telepon yang telah didaftarkan seringkali menjadi perbincangan. Sebenarnya apakah dengan tidak diterimanya sms pengumuman dari prakerja artinya tidak lolos?.

Jika anda berfikir demikian maka anda salah besar, kejadian ini sebenarnya sudah terjadi sejak pendaftaran pertama prakerja dibuka yakni Gelombang 1 hingga saat ini sudah 4 gelombang yang diselesaikan.

Kebanyakan dari peserta yang tidak menerima SMS adalah pengguna Provider Indosat, 3 dan Axis.

Kemungkinan penyebab kenapa anda tidak menerima SMS dari prakerja adalah faktor dari operator seluler yang saat ini anda gunakan.


Dan perlu diketahui kebanyakan dari mereka meskipun tidak menerima sms mereka tetap dinyatakan lolos dan dapat melihat Nomor dan Saldo prakerja pada jadwal yang sama dengan peserta yang menerima sms tersebut.

Kapan Saldo dan Nomor Kartu Prakerja Gelombang 5 Muncul?

Jika apa yang saya sangkakan ini sama dengan jadwal pengumuman gelombang 5 prakerja maka kemungkinan besar anda bisa melihat Saldo dan Nomor Kartu prakerja pada tanggal 30 Agustus 2020 tepat tiga hari setelah anda menerima sms pengumuman hasil evaluasi dari prakerja.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel yang berkaitan dengan pengumuman hasil evaluasi atau pengumuman lolos tidaknya anda di Gelombang 5 prakerja.

Perlu diketahui penjelasan diatas adalah hasil opini dan perbandingan yang dilakukan oleh penulis dimana itu artinya jadwal mungkin bisa berubah.