Penyebab Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Kartu Prakerja

Penyebab Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Kartu Prakerja


Sertifikat Tidak Muncul Kartu Prakerja - Meski telah menyelesaikan pelatihan mereka nyatanya sertifikat yang seharusnya sudah muncul di dashboard kartu prakerja belum juga dirilis. 

Pertanyaan seperti ini sering sekali saya temui baik di halaman sosial media resmi prakerja maupun beberapa group kartu prakerja yang dibuat oleh perseorangan.

Hal inilah yang membuat saya berkeinginan menerbitkan artikel ini dengan harapan agar informasi yang saya berikan dapat menjelaskan kehadiran dari pertanyaan dan permasalahan yang selama ini mengganggu anda.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Webinar Prakerja Lengkap 

Sebelum, itu mari kita perjelas lagi tentang Apa itu Sertifikat di Prakerja Fungsi dan Bagaimana cara mendapatkannya

Penjelasan Sertifikat Kartu Prakerja

Sertifikat kartu prakerja adalah sebuah dokumen sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak mitra pelatihan yang Terdaftar di kartu prakerja, sertifikat tersebut bisa berupa dokumen fisik dan digital.

Dimana untuk mendapatkan sertifikat tersebut, anda harus menyelesaikan tahap pelatihan di lembaga yang diikuti. Jauh Sebelum itu anda juga harus terdaftar sebagai Penerima bantuan pembiayaan pelatihan dari kartu prakerja.

Dan setelah menyelesaikan pelatihan dan sertifikat, anda akan mendapatkan insentif dana dari prakerja selama 4 bulan berturut.

Adapun fungi sertifikat yang anda peroleh nantinya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, sebagai syarat insentif cair dan juga sebagai syarat untuk bisa Mengikuti Pelatihan lain jika saldo masih ada. 

Namun sayangnya banyak peserta baru-baru ini mengeluh soal sistem di prakerja juga di lembaga terkait. Mulai dari munculnya webinar, kode voucher tidak bisa digunakan dan banyak lagi. 

Salah satunya adalah masalah sertifikat yang sudah berbulan-bulan atau berminggu-minggu belum juga muncul di dashboard kartu prakerja. 

Dibawah ini adalah ulasan terkait permasalahan yang anda cari selama ini. 

Penyebab dan Solusi Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Kartu Prakerja

Untuk melihat sertifikat apakah sudah muncul di dashboard prakerja atau belum, anda bisa menemukannya dengan cara mengunjungi halaman prakerja.go.id lalu klik menu profile dan sertifikat. 

Disana anda bisa melihat Apakah ada sertifikat yang sudah muncul setelah saya berhasil menyelesaikan setiap tahap pelatihan yang ada di lembaga tersebut, dimana saya telah menerima sertifikat dan juga sudah mengunduhnya.

Baca juga: Cara Memberi Rating dan Ulasan Pelatihan Prakerja di Bukalapak 

Namun, sertifikat tersebut belum juga muncul, kira-kira apa penyebabnya yah? Ini jawabannya.

1.Progress Pelatihan Belum 100%

Progress belum 100% atau Ada tahapan pelatihan yang terlewatkan, pastikan jika selain mendapatkan sertifikat exam anda juga mendapatkan sertifikat telah menyelesaikan pelatihan. Juga cek setiap tahap pelatihan pastikan semua sudah centang hijau.

2. Nama Akun Terdaftar Berbeda dengan Yang Ada di Prakerja 

Pastikan jika nama akun di lembaga pelatihan sama dengan nama kamu di prakerja, tidak hanya itu sih anda juga harus memastikan jika identitas seperti email, nomor dan identitas lainnya sesuai dengan yang terinput saat pendaftaran prakerja.

3. Email Registrasi Webinar Tidak Sama

Saat melakukan registrasi pendaftaran jadwal pada sesi webinar, pastikan jika nama, email dan Nomor juga valid agar tahap webinar segera bisa di selesaikan. Info mengenai webinar bisa anda dapat melakukan artikel disamping ini, webinar prakerja.

4. Pastikan Pelatihan Anda Telah Dinilai

Pastikan jika pelatihan anda telah dinilai oleh lembaga pelatihan terkait, untuk itu silahkan hubungi CS Lembaga tersebut. 

Terkadang membutuhkan 2-3 hari untuk tahap penyaluran sertifikat ke pihak mitra dan sistem kartu prakerja. 

5. Belum Memberi Rating 

Belum memberi rating, untuk beberapa lembaga contoh saja Tokopedia disana anda harus memberi 2 kali rating dan ulasan yakni melalui mitra Tokopedia dan kelas pelatihan yang dibeli melalui lembaga terkait setelah menyelesaikan pelatihan. 

6. Tunggu Sertifikat Muncul di Dashboard Kartu Prakerja 

Terkait dengan sertifikat belum muncul di dashboard prakerja, ada kemungkinan sistem sedang mengalami antrian yang sangat tinggi dimana terkadang membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk melakukan sinkronisasi sertifikat dari mitra pelatihan ke sistem prakerja.

7. Lapor ke CS Lembaga Yang Bersangkutan

Jika sampai 7 hari setelah pelatihan anda masih belum melihat sertifikat di dashboard kartu prakerja, maka solusi Terakhir yang bisa anda lakukan adalah silahkan melaporkan hal ini ke pihak lembaga tersebut melalui laman Kontak Support. 

Khusus pengguna skill academy, anda bisa melaporkan kejadian seperti sertifikat tidak muncul atau progress webinar yang seharusnya selesai tapi kenyataanya berbeda. 

Silahkan akses halaman Google Formulir dibawah ini https://bit.ly/kendalaprakerja

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai alasan dan penyebab kenapa sertifikat belum muncul di dashboard kartu prakerja semoga info yang saya berikan bermanfaat dan menambah wawasan anda.