Webinar Prakerja, Apa Itu? Berikut Penjelasannya

Webinar Prakerja, Apa Itu? Berikut Penjelasannya



Webinar Prakerja, Apa Itu? - Program bantuan pembiayaan pelatihan prakerja saat ini telah berjalan hingga tercatat sudah 5 gelombang pendaftaran yang telah dibuka.

Namun perlu diketahui ada beberapa perubahan penting yang telah direvisi oleh pemerintah melalui gelombang sebelumnya yakni 1, 2 dan 3.

Dimana mulai dari pendaftaran kini mereka sudah tak menggunakan sistem verifikasi data dengan swa foto (foto selfie) melainkan hanya dengan memasukkan Nomor KTP.

Hingga perubahan dan penyesuaian sistem pelatihan yang merujuk pada pemenko nomor 11 tahun 2020 dimana disebutkan disana jika setiap lembaga pelatihan di prakerja wajib menyediakan ruang interaksi dalam proses pembelajaran dalam bentuk webinar.

Contents

Hal ini jugalah yang menyebabkan tertundanya pembelian beberapa pelatihan di prakerja karena sistem prakerja sendiri tengah menilai administrasi kelayakan masing-masing lembaga pelatihan.

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Prakerja Untuk Pelatihan

Lantas, Apa itu Webinar? Informasi mengenai pengertian webinar bisa anda dapatkan dengan membaca detailnya dibawah ini.

Webinar Prakerja, Apa Itu?

Webinar (web seminar) adalah istilah umum dalam dunia kajian/pelatihan dimana semua kegiatan seminar yang dilakukan secara daring, harus menggunakan Platform ketiga dalam hal ini adalah situs web atau aplikasi tertentu berbasis internet.

Dengan tujuan agar pembicara atau pengisi materi bisa membagikan informasi mereka lewat internet dsn menyediakan tempat untuk interaksi berbasis online.

Dan apabila dikaitkan dengan program kartu prakerja, webinar adalah sebuah sistem dimana setiap lembaga pelatihan yang terdaftar sebagai mitra harus menyediakan ruang interaksi dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

Artinya mereka dalam hal ini lembaga pelatihan harus menyediakan beberapa platform tambahan lainnya seperti Group atau Saluran telegram dan juga platform lain untuk tatap muka seperti zoom, google meet dan sebagainya.

Tujuannya adalah agar selain materi dan exam yang nantinya bisa didapatkan Peserta juga bisa berinteraksi langsung dengan pembicara dan peserta lain.

Dimana diharapkan sistem seperti ini dapat meningkatkan kualitas pelatihan yang ada,serta selain manfaat seperti sertifikat dan dana insentif peserta juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik melalui usaha mandiri atau menjadi buruh pekerja.

Adakah Pelatihan Yang Tidak Menggunakan Webinar?

Karena ini merupakan aturan langsung dari Pemerintah dimana lembaga pelatihan harus menyediakan ruang interaksi dalam bentuk webinar maka dipastikan semua lembaga pelatihan yang kini sudah dibeli memiliki sistem pembelajaran berbasis webinar.

Karena sebelum lembaga pelatihan tersebut dibuka untuk para peserta prakerja, telah terjadi proses penyesuaian administrasi (permenko nomor 11 tahun 2020) dimana lembaga yang memenuhi kriteria nantinya akan dibuka askesnya untuk program pelatihan prakerja.

Baca juga: Pelatihan Prakerja Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat

Dan untuk yang tidak memenuhi kriteria kemungkinan akan dibekukan terlebih dahulu hingga adanya penyesuaian dari lembaga tersebut.

Pengalaman Mengikuti Webinar 

Berdasarkan dari pengalaman saya sendiri saat Mengikuti webinar di akun prakerja teman saya yang saat itu saya pinjam, jadi sudah jelas webinar di prakerja bisa diwakili yah. 

Untuk prosesnya sendiri Sebelum Mengikuti Webinar anda harus registrasi atau mendaftar di jadwa yang telah dibuka, untuk lebib jelaskan silahkan kunjungi artikel saya lainnya, tentang cara mengikuti webinar prakerja Lengkap

Jika berhasil mendaftar maka disini saya akak sedikit menceritakan pengalaman saya saat Mengikuti Webinar prakerja, Dimulai dari menyiapkan Aplikasi Zoom dimana nantinya aplikasi ini digunakan sebagai media webinar. 

Pada sesi webinar nantinya anda tidak perlu melakukan presensi (melakukan pengisian data kehadiran) karena hal ini sudah di cover secara otomatis melalui sistem pastikan saja saat registrasi semua data yang dimasukkan valid. 

Selanjutnya webinar sendiri akan berjalan selama kurang lebih 1 Jam 30 Menit, selama itu anda hanya bisa mendengarkan narasumber dan apa yang di presentasikannya saja. 

Tidak usah takut wajah anda terlihat, karena disana fitur video call akan di nonaktifkan terkhusus pada peserta prakerja, peserta hanya bisa mengajukan pertanyaan melalui opsi Q&A, dan jika sempat akan dibacakan oleh narasumber beserta jawabannya. 

Peserta yang Mengikuti webinar nantinya juga akan diarahkan untuk mengisi beberapa kolom survei dan mungkin mendapatkan sedikit tantangan dari narasumber pada saat itu. 

Apakah tantangan atau tugas wajib di jawab? Tidak jika anda tidak berniat Menjawab juga tidak apa-apa tapi pastikan jika ada kolom survei anda mengisinya dengan benar. 

Mengenai nama webinar yang diikuti tidak sama dengan Nama kelasnya, jangan khawatir hal ini sudah di sesuaikan. Dimana kemungkinan materi anda sebagian juga termasuk dalam materi webinar. 

Contoh anda Mengikuti kelas youtuber atau seo expert misalnya, tapi kok diarahkan ke Webinar Digital marketing. Perlu dipahami Platform youtube dan Seo Expert juga termasuk ke dalam materi Digital marketing. Jadi, disana selain mendapatkan materi dari Kelas and, anda juga bisa mendapatkan materi lainnya dari kelas yang berbeda. 

Pro dan Kontra Sistem Webinar Prakerja

Meski dengan tujuan dan arah yang baik, sistem webinar ini banyak dipermasalahkan oleh peserta prakerja khususnya untuk gelombang 4 dan seterusnya.

Dimana selain sulitnya membeli pelatihan, mereka juga harus mengantri untuk mendapatkan jadwal webinar tersebut.

Terkadang kendala lainnya seperti perangkat Android yang mereka gunakan mumungkin tidak bisa dipakai untuk mengikuti pelatihan seharusnya juga menjadi perhatian pemerintah sebelum meluncurkan sistem ini.

Dimana setelah diperhatikan sebagian dari peserta prakerja adalah masyarakat yang kurang mampu, belum lagi membeli kuotanya.

Jadi, disini yang dipermasalahkan adalah akses dan tidak adanya informasi yang jelas mengenai bagaimana cara menyelesaikan pelatihan dengan sistem baru ini.

Baca juga: Referral Code Pintaria, Apa itu?

Akibatnya banyak peserta yang kebingungan padahal kemungkinan mereka juga berharap dapat menyelesaikan Pelatihan dengan cepat dan mendapatkan Insentif segera.

Akhir Kata

Demikian adalah artikel mengenai Webinar di Kartu Prakerja, semoga informasi yang anda dapatkan bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda lebih baik.