3 Cara Cetak, Download dan Upload SPTJM Verval Ponsel Paling Mudah

Berikut ini adalah beberapa tahap Lengkap cara membuat, cetak, download, dan Upload SPTJM Verval Ponsel 2020.

Verval Ponsel Peserta Didik adalah salah satu kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah untuk menangani proses Verifikasi dan Validasi pembagian Kuota gratis bagi peserta didik.

Dimana ini adalah salah satu program bantuan yang diberikan oleh Pemerintah untuk meringankan beban pelajar yang saat ini tengah kesusahan dalam mengakses pembelajaran secara daring.

Adapun dibawah ini adalah beberapa langkah-langkah bagaimana cara menyelesaikan proses Verval Ponsel Peserta Didik tahun 2020.
Langkah 1, nantinya anda diminta untuk mengumpulkan nomor peserta didik yang memenuhi syarat dan ketentuan untuk menerima Bantuan kuota tersebut yang nantinya akan di verifikasi melakukan halaman dashboard Verval Ponsel.
Selanjutnya untuk Langkah penyelesaian, para operator sekolah ini akan dimimta untuk mencetak SPTJM yakni Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang di tandatangani Kepala Sekolah diatas Matrai 6000.

Apa Itu SPTJM Verval Ponsel?

Surat Pertanggung Jawaban Mutlak atau yang di Singkat SPTJM adalah sebuah surat Pernyataan atau persetujuan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah dalam hal Ini telah di tandatangani Kepala Sekolah diatas Matrai. 

Fungsinya sebagai tanda persetujuan atas data-data yang sudah dimasukkan dalam Proses Verval Ponsel Peserta Didik.

Bagaimana Cara Membuat SPTJM Verval Ponsel

Untuk membuat Surat Pertanggung Jawaban Mutlak ini sangatlah mudah anda hanya harus Login atau masuk ke halaman Vervalpinsel.data.kemdikbud.go.id lihat link dibawah ini. 

Selanjutnya silahkan cetak atau download surat tersebut, tips dari saya untuk menyapa menghindari server yang padat alangkah lebih baik jika anda mendownload terlebih dahulu file tersebut. 

Meski data yang dimasukkan belum ada sama sekali atau belum di perbaiki, dan setelah data di validasi anda tidak perlu khawatir jika nanti server Verval Ponsel padat atau tidak dapat di akses sama sekali.

Cara Cetak SPTJM Verval Ponsel 2020

Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai cara cetak SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) setelah melakukan proses Verval Ponsel Peserta Didik.

  • Selanjutnya untuk melakukan cetak sptjm klik pada menu dropdown SPTJM lalu pilih belum SPTJM.

  • Jika sudah maka akan muncul tampilan Daftar Peserta Didik Untuk Yang Sudah Menginput Data Verval sebelumnya, untuk membuat template formulir SPTJM klik pada Menu Buat SPTJM dan akan muncul menu dropdown lainnya yakni Sudah Membuat SPTJM atau Anda Berhasil Membuat SPTJM.
  • Untuk mencetak surat tersebut silakan klik menu dropdown SPTJM lalu klik daftar SPTJM.
  • Maka akan muncul daftar Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak di halaman tersebut, untuk mencetak klik pada icon download. 

  • Maka anda akan diarahkan ke halaman Template SPTJM untuk mencetaknya silakan klik icon print. 




(Catatan, pastikan perangkat terhubung printed).
Baca juga: Cara Megisi Riwayat Karir Guru di dapodik 2021. A

Cara Download SPTJM Verval Ponsel 2020

Sebaliknya jika anda ingin mengunduh SPTJM tersebut dan mencetaknya di lain waktu, silahkan buka akses SPTM link diatas.


  • Lanjut dengan klik pada menu SPTJM. 
  • Lalu klik daftar SPTJM disana silakan klik icon download. 
  • Maka akan muncul template SPTJM anda. 
  • Untuk mendownload silakan klik icon unduhan. 
SPTJM yang telah di download silahkan di cetak terlebih dahulu lalu di beri matrai 6000 di tempat yang telah disediakan.

Selanjutnya minta persetujuan Kepala Sekolah dengan menandatangani SPTJM tersebut, jika sudah Selanjutnya kita masuk ke tahap mengunggah SPTJM tersebut.

Cara Upload SPTJM Verval Ponsel 2020

Sebelum mengupload SPTJM pastikan jika Surat tersebut telah di tandatangani kepada sekolah dan telah bermatrai. Selanjutnya silahkan melakukan scanning SPTJM dan pastikan file tersebut dalam format PDF.

Baca juga: Cara Download dan Cetak SPTJM di Dapodik 2021 

Untuk langkah-langkah cara upload SPTJM sendiri mudah sekali. 
  • Pertama buka akses ke verval Ponsel Peserta Didik link diatas. 
  • Lanjut dengan klik menu dropdown lalu pilih daftar SPTJM. 
  • Dimana disana anda akan melihat icon upload.

  • Klik disana dan lampirkan file PDF tadi. 
  • Terakhir klik kirim. 
, Selesai 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang cara cetak SPTJM Verval Ponsel 2020, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.