Apa Itu Joki Prakerja? Berikut Penjelasannya

Istilah Joki Prakerja bermunculan dan banyak diperbincangkan oleh komunitas kartu prakerja, apa maksudnya? Berikut informasinya hanya untuk anda.

Akhir-akhir ini banyak sekali peserta pendaftar prakerja yang geram dengan ulah beberapa akun di Sosial media Katakanlah Facebook dimana anda bisa menemukan beberapa akun disana yang menawarkan kepada anda Jasa Joki untuk pendaftaran Kartu Prakerja.

Hal ini lantas direspon oleh beberapa akun yang menemukan hal yang mereka tidak duga ini. Dimana seharusnya Program ini mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 malah dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat ini.


Mungkin sebagian dari kalian masih belum mengerti, maksud dari Istilah Joki Prakerja ini. Untuk itu Dibawah ini adalah ulasannya. 

Apa Itu Joki Prakerja?

Joki Prakerja adalah suatu aktivitas menawarkan jasa pendaftaran kartu prakerja untuk beberapa orang yang mungkin berkeinginan mendapatkan Manfaat dari program ini seperti Pelatihan Gratis, Insentif dana dan survei dari prakerja.

Dari jasa tersebut para Joki Prakerja biasanya memungut biaya mulai dari Puluhan sampai Ratusan Ribu Rupiah. Namun yang menjadi pertanyaannya apakah dengan menggunakan jasa tersebut dijamin lolos seperti yang dijanjikan para Jokikers di postinganya.


Untuk penjelasan itu, anda perlu membaca beberapa Kriteria Pendaftar Yang bisa mendapatkan Kartu prakerja berikut ini.

Kriteria Pendaftar Prakerja Yang Bisa Mendapatkan Manfaat dari Program ini

Untuk Mengikuti seleksi pendaftaran kartu prakerja sebelum itu pastikan jika anda memenuhi persyaratan dibawah ini.
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia Minimal 18 Tahun dan memiliki E KTP
  • Tidak semua sedang menempuh Pendidikan Formal.
Selanjutnya jika 3 persyaratan utama diatas sudah terpenuhi anda bisa melakukan pendaftaran ke halaman https://dashboard.prakerja.go.id
Lantas, Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?
Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika kamu adalah pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. 

Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.


Namun, jika kamu adalah salah satu dari peserta yang memiliki profesi pekerjaan di bawah ini, maka kamu tidak bisa mendaftar Program Kartu Prakerja:
  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.
Eh, apakah harus menganggur?
Tidak, kok! Orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi. Dikutip dari halaman Faq Kartu Prakerja.

Kesimpulan

Jadi sudah jelas jika setiap orang yang telah memenuhi beberapa persyaratan wajib untuk mendaftar prakerja diatas memiliki peluang yang sama hanya saja untuk sekarang ini lebih diutamakan untuk masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi akibat pandemi COVID-19 ini.

Dan mengenai Akun Joki - Joki Prakerja itu, Dilansir dari Verified Account @prakerja.co.id, Sobat Prakerja, mohon berhati-hati, ya, bila mendapatkan informasi seputar penjualan akun Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan.

Lagian untuk mendapatkan Kartu prakerja ini juga mudah kok, anda hanya perlu mengunjungi halaman prakerja.go.id dan mengikuti proses tahapannya sampai nanti muncul tombol gabung untuk Mengikuti pendaftaran pada gelombang yang telah dibuka itu.