Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 9, Login www.prakerja.go.id


Pendaftaran prakerja gelombang 8 ditutup pada Tanggal 14 September 2020 dan Selanjutnya akan di Sambung dengan pendaftaran prakerja gelombang Selanjutnya yakni Gelombang 9.

Dimana untuk peserta yang tidak lolos di gelombang sebelumnya bisa mendaftar kembali dengan cara login ke Halaman www.prakerja.go.id/dashboard.

Dan bagi pendaftar baru silahkan ikuti langkah-langkah cara daftar prakerja gelombang 9 dibawah ini.

Tapi sebelum itu silahkan baca syarat dan Tips agar anda Lolos Pendaftaran Prakerja berikut ini.

Syarat dan Tips Daftar Prakerja agar Lolos

Bagi anda yang berniat mendaftarkan diri anda ke program ini sebelumnya pastikan jika anda termasuk beberapa Kriteria Berikut ini. 
  1. Pekerja/buruh yang terkena PHK dampak dari Covid-19. 
  2. Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  3. Di utamakan bagi masyarakat yang belum menerima bantuan sosial dari Pemerintah.
  4. Mengirim surat Pernyataan gagal prakerja apabila sebelumnya anda gagal dalam pendaftaran sebanyak tiga kali. 

Adapun untuk syarat utamanya sendiri adalah, 
  • Seorang WNI 
  • Minimal Berusia 18 Tahun
  • Tidak sedang menempuh Pendidikan Formal. 
Selanjutnya jika anda memenuhi beberapa Kriteria dan syarat diatas silahkan lakukan pendaftaran seperti langkah-langkah dibawah ini. 

1. Kunjungi Halaman www.prakerja.go.id


Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah, silahkan akses halaman prakerja.go.id dan saran saya silahkan gunakan browser Chrome yang sudah terupdate agar tidak menggangu kelancaran pendaftaran anda nantinya. 

Apabila halaman tidak dapat dimuat karena beberapa alasan silahkan cek terlebih dahulu koneksi, jika masalah tetap berlanjut silahkan daftar di lain waktu. Lebih tepatnya daftar ketika server tidak padat. 

2. Klik Daftar Prakerja dan Masukkan Email Anda


Untuk melakukan pendaftaran silakan klik daftar di halaman depan kartu prakerja atau klik opsi menu lalu pilih daftar. 

Lalu masukkan email yang aktif dan kalau bisa alamat email yang didaftarkan relevan dengan informasi pribadi anda.

Apabila alamat email sudah dimasukkan, silahkan buat password baru dan pastikan mengandung 8 karakter Kata dan merupakan kombinasi huruf dan angka.


Jika perlu kombinasikan dengan beberapa simbol agar password terkesan lebih kuat. 

3. Verifikasi Email Pendaftar


Setelah memasukan alamat dan email password, langkah Selanjutnya adalah anda diminta untuk melakukan verifikasi email anda.

Cek dan buka Gmail, lalu temukan email verifikasi prakerja. Pastikan jika anda membuka semua kotak pesan dari mulai inbox, spam. Promosi dan Sebagainya. 

Jika sudah ditemukan silakan klik verifikasi dan Apabila halaman blank putih gunakan opsi kedua, copy url verifikasi lalu paste pada kolom link di browser silahkan kunjungi. 

Tidak menerima email verifikasi, silahkan coba lain waktu Tunggu server normal dan Apabila masalahnya tetap berlanjut silahkan buat email baru lalu daftarkan akun anda lagi.

4. Kembali ke Dashboard, Untuk Verisikasi KTP, No Kk dan Nomor Telepon


Setelah melakukan verifikasi silahkan klik kembali ke dashboard, lanjut dengan memasukan alamat email dan password yang sudah di daftarkan sebelumnya.

Maka nantinya anda akan diarahkan untuk mengiput Nomor NIK KTP, nomor KK pastikan data anda terdaftar di Kartu Keluar tersebut dan tanggal lahir kamu sesuai yang tertera di KTP, lalu klik Berikutnya.

Jika terjadi masalah seperti Kartu Keluar Tidak Valid, Nik Tidak Valid atau Nomor Yang Dimasukkan salah. Silahkan pastikan data yang diinput tidak salah satu digit saja.

Untuk tanggal lahir silahkan pakai metode manual jangan diketik, terkadang saat melakukan input tanggal lahir dengan cara diketik. Maka akan terjadi perubahan dengan sendirinya saat meng-klik tombol berikutnya. 

Untuk masalah lainnya silakan hubungi pihak prakerja melalui email info@prakerja.go.id

5. Lengkapi Data Diri anda dan Siapkan File Foto KTP ukuran maksimal 2Mb


Langkah berikutnya silahkan isi Kolom Data diri anda, dan pastikan data yang dimasukkan sama persis dengan yang ada di KTP. 

Mulai dari Nama, Tanggal Lahir, dan alamat anda. Jika sudah centang Pernyataan dimana menjelaskan jika anda mengisi data dengan sebenar-benarnya.

Lalu klik Selanjutnya.

6. Verifikasi Nomor HP dengan Kode OTP


Pada halaman pendaftaran berikutnya anda diminta untuk melakukan verifikasi Nomor HP, tapi sebelum itu pastikan nomor tersebut aktif hingga 6 bulan kedepan dan pastikan juga jika sinyal di lokasi Tempat anda bagus.

Jika semua sudah siap klik kirim kode OTP maka dalam hitungan beberapa detik akan muncul SMS kode OTP, silahkan masukkan kode tersebut lalu klik kirim.


Tidak menerima kode OTP, silahkan Tunggu beberapa menit sebelum melakukan request yang kedua atau Tunggu pendaftaran normal karena kemungkinan karena permintaan request kode otp yang tinggi sehingga mengganggu beberapa permintaan peserta lainnya termasuk anda. 

7. Isi Pernyataan Pendaftar Prakerja


Tahap penginputan data diri anda sudah berhasil, saatnya anda mengisi beberapa pernyataan yang diajukan sebagai syarat apakah anda pantas atau tidak mendapatkan Bantuan.

Silahkan isi Pernyataan dengan sebenarnya karena apa yang anda sampaikan menjadi Tanggung jawab anda pribadi jika suatu saat terdeteksi adanya pemalsuan data diri maka beresiko terkena pelanggaran. 

Silahkan buka pusat kebijakan di halaman prakerja.go.id. 

Dan jika sudah mengisi semua Pernyataan yang diajukan, berikutnya klik Ok. 

8. Ikuti Tes Motivasi Selama 25 Menit


Jawaban yang anda kirin pada tes motivasi akan mempengaruhi kelulusan pendaftaran anda nantinya. 

Oleh karena itu kerjakan 18 soal Penalaran dan Tes Basic Skill dengan baik. Sipkan kalkulator dan alat tulis jika diperlukan.

Setelah mengisi semua soal, cek kembali satu-persatu jika masih ada waktu Selanjutnya silahkan klik kirim jawaban. 

Setelah Mengikuti tes, silakan menunggu beberapa menit disebutkan disana adalah 5 menit untuk menunggu proses evaluasi.

Maka Selanjutnya anda akan diarahkan menuju dashboard dimana anda bisa memilih gelombang pendaftaran, jika tidak diarahkan secara otomatis klik refresh. 

9. Klik Gabung Pada Gelombang yang tersedia


Apabila semua tahapan diatas sudah dilakukan, silahkan klik gabung jika pada saat itu ada Gelombang yang dibuka. Bagi pendaftar lama yang gagal atau tidak lolos dan ingin mencoba peruntungannya lagi. 

Silahkan kunjungi halaman prakerja.go.id lalu klik gabung tanpa perlu mengisi beberapa formulir pendaftaran dan tes motivasi lagi.

Selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan seleksi pada pendaftar anda.

Jika tidak tersedia gelombang pendaftaran pada saat itu silakan menunggu Pembukaan gelombang Selanjutnya. 

10. Selesai Tunggu Pengumuman Hasil Evaluasi

Tahap pendaftaran sudah dilakukan, Selanjutnya tinggal menunggu pengumumannya saja. Silahkan Tunggu proses beberapa hari hingga nantinya anda bisa melihat perubahan di dashboard prakerja anda. 

Untuk yang lolos seleksi dsn berhak mendapatkan bantuan berupa kartu prakerja anda akan melihat Nomor dan Saldo Prakerja Dalam Proses.

Sedangkan yang tidak lolos akan melihat Pernyataan mereka belum berhasil atau gagal.

Ajukan Pertanyaan?

Apabila ada beberapa pertanyaan dan permasalahan berkaitan dengan program kartu prakerja berikut ini, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar dibawah ini. 

Dan jika sempat admin akan membalasnya satu persatu jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dan login agar mendapatkan notif balasan nantinya. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Cara Daftar Prakerja Gelombang 9, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.