Cara Download dan Cetak SPTJM di Dapodik 2021


Apabila anda sedang mencari artikel yang membahas cara cetak dan download Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM maka anda sudah berada di halaman yang tepat.

Melalui artikel ini nantinya anda akan menerima informasi penting mengenai proses tersebut, dimana seperti yang diketahui pada Aplikasi Dapodik 2021 bisa dibilang semua fitur dan tampilan 80% masih baru.

Hal inilah yang membuat petugas operator sekolah baik itu yang bekerja di Jenjang SD/SMP/SMA dan lainnya, kesulitan saat melakukan pekerjaan mereka. 


Mengenai fitur cetak dan download SPTJM di Aplikasi Dapodik 2021, silahkan baca artikel ini sampai habis agar tidak salah paham. 

Cara Cetak dan Download SPTJM Dapodik 2021

Apabila anda sedang mencari fitur di Aplikasi Dapodik 2021, dimana dengan Menggunakannya mungkin anda bisa mendownload atau bahkan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak maka saya infokan kepada anda jika sampai sekarang sejak artikel ini dipublish. 



Fitur tersebut masih belum ada di Aplikasi Dapodik 2021, lantas bagaimana jika saya ingin melakukan cetak atau download surat tersebut?

Tenang, anda masih bisa mencetak dan mengunduh berkas STJM tersebut dengan Menggunakan cara lama dimana untuk itu anda bisa harus mengunjungi link dibawah https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

Untuk langkah-langkahnya sendiri, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Baca juga: Cara Merubah Akun PTK Dapodik 2021, Error? Ini Solusinya 

Pertama, silakan kunjungi halaman data dikdasmen dapodik melalui link disamping ini https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Kedua, jika sudah termuat silahkan login dengan akun dapodik sekolah anda, Selanjutnya klik data sekolah.

Ketiga, Maka akan muncul informasi akun anda, untuk melakukan pencetakan dan pengunduhan data silahkan klik data pokok.

Keempat, Berikutnya akan termuat halaman data pokok sekolah anda disana, Apabila proses loading dirasa terlalu lama klik tombol refresh.

Lalu untuk melakukan unduhan dan cetak SPTJM silahkan klik icon download SPTJM lihat gambar dibawah ini.

Terakhir, anda akan diarahkan ke halaman dimana anda bisa melihat preview SPTJM. Untuk mendownload silahkan klik icon unduh dan untuk cetak silakan klik pada icon print. 

, Selesai.

Update Cara Download dan Cetak SPTJM di Dapodik 2021

Untuk informasi cara download dan cetak SPTJM atau Surat Pertanggung Jawaban Mutlak sudah bisa di akses melalui Halaman sp.datadik.kemdikbud.go.id. 

Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan dibawah ini.
  • Kunjung halaman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  • Lalu klik login menggunakan sso dan Masukkan username dan password.
  • Setelah itu klik menu dokumen.
  • Lalu Klik SPTJM.
  • Dissna anda akan menemukan kolom opsi dropdown untuk memilih ukuran SPTJM dan Dibawahnya adalah tombol Cetak SPTJM.
  • Silahkah sesuaikan ukuran dan jika sudah klik cetak.
  • Maka akan muncul lembar SPTJM klik Download untuk menyimpan dokumen dan silahkah cetak.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara download dan Cetak SPTJM di Dapodik 2021, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.