Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Bukalapak dan Tokopedia


Program Pelatihan dan Pembiayaan pelatihan prakerja hingga kini sudah mencapai tahap akhir. Dimana diketahui Pemerintah sendiri menargetkan di tahun 2020 ini ada 5,7 Jt lebih peserta yang diterima menjadi bagian dari program ini.

Dan kebanyakan dari mereka saat ini tengah berupa menyelesaikan pelatihan pertama mereka untuk mendapatkan Insentif Prakerja. 

Namun apakah ini semudah yang anda pikir? Tentu Tidak, diperlukan beberapa trik dan kehati-hatian pada saat memilih beberapa rekomendasi pelatihan yang cepat dapat sertifikat dan juga ketelitian jika anda salah memasukkan identitas maka akibatnya fatal anda.

Bisa jadi sertifikat yang anda tunggu-tunggu itu tidak dapat muncul di dashboard kartu prakerja dan alhasil untuk pencaiaran dana Insentif sendiri akan terhambat prosesnya.


Kali ini saya akan menjelaskan kepada anda terkait bagaimana cara melaporkan sertifikat Pelatihan Prakerja dari beberapa lembaga contoh skill academy ke Platform Mitra Terkait.

Kenapa Lembaga Pelatihan Harus Melaporkan Sertifikat ke Mitra Pelatihan bukannya ke Pihak Prakerja Langsung?

Karena yang memiliki akses dan Tanggung jawab penuh atas sertifikat yang didapat untuk di Laporkan ke sistem prakerja adalah Platform Mitra yang sudah bekerjasama sebelumnya.


Untuk lembaga sendiri mereka hanya menyediakan kelas saja dan tidak bertanggung jawab melaporkan sertifikat tersebut meski yang mengeluarkan dokumen tersebut adalah dari pihaknya.

Berapa Lama Proses Pelaporan Sertifikat Ini Berlangsung?

Untuk berapa lama proses atau waktu yang diperlukan pihak lembaga untuk melaporkan sertifikat biasanya tergantung pada hari apa anda menyelesaikan pelatihan tersebut. Jika anda menyelesaikan pelatihan pada hari libur sabtu dan minggu kemungkinan sertifikat akan di Laporkan di hari Senin.

Sebelum itu nantinya pihak skill academy akan mengevaluasi beberapa hal dibawah ini sebelum melaporkan sertifikat anda.
  • Menyelesaikan Pelatihan sampai progress 100%.
  • Telah memberi rating dan ulasan pelatihan di skill academy.
Untuk nantinya proses validasi sertifikat ke sistem prakerja akan diserahkan ke pihak platform pelatihan terkait contoh Tokopedia dan Bukalapak.

Waktu yang diperlukan untuk proses ini adalah sekitar 1-3 hari maksimal.

Bagaimana Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Bukalapak dan Tokopedia

Untuk lembaga skill academy anda tidak perlu melaporkan sertifikat yang anda dapatkan secara manual karena ini adalah tugas lembaga tersebut. 

Kecuali jika ada kekeliruan seperti nama, email, nomor atau identitas lain yang mungkin tidak sesuai dengan akun prakerja anda. 

Dimana yang perlu anda lakukan adalah Menghubungi Pihak Lembaga terkait atau langsung saja menuju halaman Form Penangan Kendala Prakerja akses bit.ly/Penanganankendalaprakerja jika semua sudah selesai tinggal melaporkan perihal masalah ini ke Pihak Platform Pelatihan dan juga bisa melalui CS Prakerja. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Bagaimana Cara Melaporkan Sertifikat Prakerja ke Bukalapak dan Tokopedia, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.