Cara Mengatasi Email Verifikasi Tidak Masuk atau Blank Putih di Prakerja

Cara Mengatasi Email Verifikasi Tidak Masuk atau Blank Putih di Prakerja


Pendaftaran kartu prakerja kembali dibuka hingga sudah 8 gelombang yang berjalan, namun masih saja ada kendala terkait pendaftaran prakerja yang saat ini tengah dirasakan oleh perserta.

Dimana untuk tata cara pendaftaran prakerja sendiri, mereka harus membuat akun dan melakukan verifikasi email di prakerja untuk proses validasi jika email tersebut aktif dan bisa digunakan untuk pendaftaran. 

Namun, terkadang tidak semua yang kita inginkan berjalan dengan lancar, beberapa kendala atau masalah saat pendaftaran seringkali membuat kesal peserta yang ingin mendaftarkan dirinya ke program tersebut. 

Dan masalah yang paling sering terjadi terjadi adalah berkaitan dengan Proses Verifikasi Email Prakerja yang terkadang tidak masuk, tombol verifikasi yang tidak bisa digunakan blank putih dan Sebagainya.


Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Email Verifikasi yang tidak masuk atau tombol verifikasi saat di klik menampilkan halaman yang blank putih? Berikut adalah Penjelasannya.

Cara Mengatasi Email Verifikasi Tidak Masuk di Prakerja

Bagi anda yang mengalami hal yang sama dengan beberapa peserta lainnya saat mendaftar. Dimana ketika anda mengirim email verifikasi dan disuruh untuk melakukan pengecekan ternyata email yang dicari tidak ada atau tidak masuk.

Ada beberapa hal yang mungkin membuat email tidak masuk di Prakerja, Berikut imi adalah Penyebab dan Solusinya.

1. Email Bukan Tidak Masuk Tapi Berada Di Tempat Yang Tidak Semestinya

Hal yang paling sering terjadi dalam beberapa kasus seperti ini adalah sebenarnya email yang anda nantikan sudah terkirim namun karena email tersebut tersembunyi atau berada di Tempat yang tidak di duga-duga mungkin inilah penyebabnya.

Terkadang tidak semua email yang anda terima masuk ke halaman inbox pesan. Karena beberapa fitur seperti filter yang saat ini diterapkan membuat email tersebut berada di beberapa tempat yang tidak kamu ketahui.

Solusinya adalah silahkan cek email tersebut di Kotak promosi, spam, sosial dan jika tidak juga ditemukan silahkan menuju ke solusi kedua.

2. Email Tidak Aktif

Agar bisa melakukan verifikasi email di prakerja pastikan jika email yang digunakan aktif termasuk fitur sinkronisasi akun untuk gmail harus aktif agar sewaktu-waktu jika ada pesan masuk anda mendapatkan notifikasi tersebut.

3. Hapus Cache Aplikasi Gmail dan Browser Chrome yang digunakan

Terkadang karena menumpuknya cache atau file sampah di sebuah aplikasi membuat aplikasi itu sendiri tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin ini yang terjadi kepada anda saat melakukan proses verifikasi email akun di Prakerja.


Untuk Solusinya sendiri silahkan hapus Cache tersebut dan lakukan verifikasi akun kembali serta pastikan jika browser chrome yang digunakan sudah terupdate ke versi terbaru.

4. Pastikan Anda Menginput Alamat Email dengan Benar

Penyebab lain yang membuat email verifikasi prakerja tidak terkirim adalah karena kesalahan anda sendiri saat memasukkan alamat email pada pendaftaran prakerja.

Untuk Mengatasinya silahkan daftar ulang di halaman dashboard kartu prakerja Selanjutnya jika benar email yang di masukkan salah anda akan di arahkan untuk verifikasi akun.

Sedangkan jika email yang dimasukkan sudah benar, maka akan muncul keterangan email yang anda masukkan sudah digunakan.

5. Koneksi Internet Bermasalah

Sebelum mengirim permintaan verifikasi email atau sebelum melakukan pendaftaran seharusnya anda memastikan terlebih dahulu apakah koneksi anda saat itu sedang bermasalah atau tidak.

Jika masalahnya bukan dari koneksi internet, silakan baca Penyebab lainnya dibawah ini.

6. Sistem Prakerja Mengalami Gangguan

Karena banyaknya aktivitas permintaan verifikasi email yang masuk di waktu yang bersamaan terkadang membuat beberapa fitur, dan respond server melambat.

Akibatnya mungkin untuk beberapa akun yang mendaftar dan mengirim request email verifikasi secara bersamaan mengalami kendala yang salah satunya adalah email verifikasi tidak terkirim.

Solusinya, jika hal ini terjadi kepada anda silahkan Tunggu beberapa jam lagi sebelum mengirim request yang kedua, jika masih juga belum terkirim silahkan mencobanya di lain waktu khususnya pada saat user lain yang melakukan pendaftaran kartu prakerja sedang sepi.

7. Ganti Alamat Email

Solusi Terakhir yang saya rekomendasikan untuk anda lakukan adalah dengan cara membuat email baru dan mendaftar email tersebut ke halaman prakerja.go.id pastikan anda memasukkan alamat email yang benar.

Cara Mengatasi Tombol Verifikasi Email Blank Putih atau Tidak Bisa Digunakan

Untuk beberapa kasus lainnya meski mereka sudah menerima email ternyata tombol verifikasi tersebut tidak bisa digunakan. Kalo pum bisa di klik dan diarahkan ke browser muncul halaman yang blank putih.


Solusinya adalah anda bisa menggunakan opsi verifikasi yang kedua, silakan lihat gambar dibawah ini.

Lalu salin link verifikasi tersebut dan kunjungi menggunakan browser chrome anda.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang Bagaimana Cara Mengatasi Email Verifikasi prakerja tidak masuk serta solusi mengatasi tombol verifikasi yang tidak berfungsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.