Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair Paling Benar

Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair Paling Benar

Insentif Prakerja Belum diproses, Insentif Prakerja Sedang Diproses ehhh gak taunya gagal. Berikut ini adalah penjelasan Kenapa Insentif Prakerja bisa gagal beserta solusi dan cara mengatasinya.

Pendaftaran prakerja kembali dibuka pada bulan Agustus 2020 lalu, peserta yang lolos akan memperoleh informasi tentang jadwal insentif dan juga Nomor kartu prakerja yang Selanjutnya bisa digunakan untuk pelatihan sebagai tahapan sebelum Jadwal Insentif mereka dirilis. 

Namun, akhir-akhir ini banyak sekali yang menanyakan perihal Insentif Prakerja Yang gagal kepada saya melalui kolom komentar mereka menjelaskan jika Insentif yang seharusnya cair hari ini ternyata Keterangan di dashboard kartu prakerja Gagal.

Contents

Untuk itulah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang apa saja yang menyebabkan Insentif itu Gagal, serta apakah setelah menyelesaikan masalah tersebut Insentif yang gagal itu masih bisa Cair?

Apa Itu Insentif Prakerja?

Insentif Prakerja adalah sejumlah dana bantuan yang dijanjikan oleh Pemerintah bagi Penerima bantuan pelatihan program kartu prakerja berikut ini.


Besarnya dana tersebut ialah Rp 600.000 yang diberikan setelah menyelesaikan pelatihan pertama mereka. Insentif ini nantinya akan diberikan selama 4 kali berturut-turut selama kurang lebih 4 Bulan.

Dan selain itu anda juga bisa mendapatkan Dana insentif tambahan dari survei yang anda lakukan nantinya sebanyak 3 Kali untuk memperoleh Insentif 50 Ribu yang akan ditambahkan ke jadwal berikutnya.

Kapan Saya Bisa Mendapatkan Insentif Prakerja?

Seperti yang saya katakan sebelumnya untuk mendapatkan Insentif sebelum itu anda harus lolos menjadi penerima Kartu Prakerja,
Selanjutnya anda akan menerima insentif Pelatihan jika:
  • Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
  • Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
  • Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan
  • Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan
  • Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id
  • Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Berikutnya Penyaluran insentif akan dilakukan maksimum 7 (tujuh) Hari Kerja setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, Dikutip dari halaman Faq Kartu Prakerja. 

Lantas, Bagaimana Jika Insentif Prakerja Saya Keterangan di Dashboard Gagal?


Tenang tidak perlu khawatir, apabila hal ini terjadi kepada anda maka temukan terlebih dahulu Penyebab kenapa bisa Insentif yang seharusnya cair terus keterangan di dashboardnya gagal.


Menjawab hal itu Dibawah ini adalah beberapa informasi tentang Penyebab Insentif Prakerja gagal Dikutip dari beberapa sumber FAQ Kartu Prakerja, percakapan dengan Cs dan juga pengalaman peserta lainnya.
  1. Belum melakukan upgrade akun e wallet atau Akun masih dalam proses. 
  2. Identitas E-Wallet tidak sesuai dengan data yang terdaftar di Prakerja.
  3. Menggunakan rekening atas nama orang lain. 
  4. Anda belum memberikan rating dan ulasan di lembaga pelatihan (Skill Academy) dan juga Mitra Pelatihan di prakerja (Tokopedia). 
  5. Anda mengubah metode pembayaran tepat seminggu sebelum jadwal insentif diproses. 
  6. Karena bertepatan dengan hari libur kemungkinan Proses pencairan dana insentif akan tertunda. 
  7. Masalah sistem. 
Beberapa Penyebab diatas adalah masalah Umum yang sering terjadi dan menyebabkan Insentif anda gagal cair, untuk Mengatasinya silahkan baca Penjelasan saya dibawah ini. 

Cara Mengatasi Insentif Kartu Prakerja Gagal Cair

Jika hal ini terjadi kepada anda, segera cari asal masalah yang membuat insentif ini gagal. Berikut dibawah ini adalah beberapa solusi untuk mengatasi Insentif Prakerja yang gagal.
  1. Lakukan pengecekan identitas di E Wallet anda dengan cara mengirim pesan atau email bantuan ke pihak E wallet terkait.
  2. Sebelum itu pastikan jika e wallet sudah di upgrade dan sudah menjadi akun premier.
  3. Pastikan jika anda tidak menggunakan rekening atas nama orang lain.
  4. Cek dan lakukan pemberian rating di lembaga pelatihan dan juga mitra pelatihan.
  5. Jangan mengubah metode pembayaran jika tidak diperlukan karena akan menghambat proses pencairan dana insentif.
  6. Jika jadwal insentif bertepatan dengan hari libur kemungkinan Prosesnya akan terhambat, tapi tidak perlu risau insentif tersebut masih bisa cair. Silakan menunggu maksimal 7 hari setelah jadwal dirilis.
  7. E-Wallet yang anda gunakan sedang terkendala, silahkan menunggu beberapa hari lagi untuk proses pencairan dana insentif anda. 
  8. Masalah sistem. 
Untuk masalah sistem terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama dan penyebabnya pun bermacam-macam.


Dari pengalaman rekan-rekan lainnya ada yang mengalami Status Insentif Gagal di Dashboard Prakerja namun setelah di cek Insentif itu sudah masuk ke rekeningnya. 

Ada juga yang baru-baru ini terjadi kepada Peserta gelombang 4, 5, 6, 7 khususnya untuk jadwal pencairan di bulan September 2020.

Dimana muncul keterangan Insentif gagal dan terjadi di banyak akun secara bersamaan dan setelah dilakukan Konfirmasi ke pihak CS Prakerja ternyata Penyebabnya adalah karena ada kesalahan dalam Proses input data.

Untuk mengatasinya anda bisa mengirim pesan email ke alamat info@prakerja.go.id dengan template pesan seperti dibawah ini, 

Nama Lengkap:
NIK:
Nomor Kartu Prakerja:
Provinsi:
Nomor telepon:

Dengan ini saya sebagai peserta prakerja ingin melaporkan bahwa insentif prakerja gagal terkirim ke rekening e-wallet………… /Rekening yang saya gunakan. 

Sebelumnya saya sudah memastikan jika NIK e-wallet serta NIK akun prakerja sudah sama. E-wallet juga sudah upgrade/full service.

Dan untuk pelatihan sendiri telah saya selesaikan sesuai dengan tahapan pada umumnya dan juga telah memberi penilaian dan juga rating terhadap lembaga pelatihan tersebut. 

Seharusnya insentif masuk sesuai jadwal pada tanggal ………….. namun dalam dashboard prakerja tertulis gagal terkirim.

Mohon perhatian manajemen prakerja untuk menindaklanjuti dan mencairkan insentif saya secepatnya.

Terlampir bukti screenshoot/foto insentif prakerja gagal dalam akun dashboard prakerja.

Terima kasih.

Selanjutnya silahkan lampirkan SS sebagai bukti jika insentif tersebut gagal cair. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang cara mengatasi insentif prakerja gagal cair di dashboard kartu prakerja