Cara Mengatasi Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Kartu prakerja

Cara Mengatasi Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Kartu prakerja

Meski sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat, nyatanya Sertifikat yang di tunggu - tunggu belum juga muncul. Untuk itu dibawah ini adalah penjelasan kenapa sertifikat tidak muncul di dashboard kartu prakerja beserta cara mengatasinya.

Pendaftaran kartu prakerja sudah dibuka kembali dimana hingga artikel ini di terbitkan sudah 8 Gelombang tercatat yang sudah melewati tahap pendaftaran.

Selanjutnya bagi peserta yang lolos mereka di wajibkan mengikuti pelatihan yang bisa anda mereka beli di beberapa platform Marketplace yang sudah bekerjasama dengan pihak penyelenggara kartu prakerja.
Dimana ada ribuan kelas dengan berbagai macam topik pelatihan dari beberapa lembaga yang menyediakan kelas/kursus yang bisa diikuti.

Baca juga: Cara Mengatasi Insentif Prakerja Gagal Cair Paling Benar 

Untuk pembayarannya sendiri anda bisa menggunakan Saldo Pelatihan yang disediakan pihak kartu prakerja dengan cara memilih metode pembayaran menggunakan kartu prakerja dan melakukan validasi dengan memasukkan Nomor Kartu Prakerja dan Kode OTP yang dikirim.

Apa Itu Saldo Pelatihan Kartu Prakerja?

Saldo pelatihan kartu prakerja adalah Sejumlah Uang Non-Tunai 1 Juta yang diberikan pihak Kartu Prakerja dimana saldo ini nantinya hanya bisa dipakai untuk membeli pelatihan di beberapa mitra yang menyediakan pembelian kelas prakerja.

Saldo ini akan dibagikan setelah anda menerima SMS Pengumuman dari prakerja dimana di dalamnya anda akan melihat informasi jadwal resminya kapan kiranya Nomor kartu prakerja sudah bisa di lihat.

Selanjutnya dari saldo tersebut silakan membeli minimal satu pelatihan dan perlu dicatat jika saldo yang dibagikan memiliki batas Penggunaannya. Dimana jika dalam waktu 30 hari sejak saldo muncul belum juga digunakan untuk membeli pelatihan.

Maka saldo tersebut akan dibekukan dan pupus sudah harapan untuk mendapatkan insentif prakerja.

Oleh karena itu, saran saya jika saldo sudah dibagikan segera gunakan untuk membeli minimal satu saja pelatihan dan jika anda sibuk tidak perlu khawatir pelatihan tersebut umumnya bisa di akses hingga beberapa bulan setelah melakukan redeem kode Voucher.

Untuk itu, berikutnya dibawah ini adalah beberapa Rekomendasi Pelatihan yang saya rekomendasikan untuk anda beli. 

Rekomendasi Pelatihan Prakerja Mudah dan Cepat Dapat Sertifikat


Kenapa harus ada rekomendasi pelatihan segala min? Karena berdasarkan pengalaman peserta lain Kelas pelatihan yang anda beli sangat berpengaruh terhadap jadwal pencairan insentif dana yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor.

Seperti Sertifikat yang sudah beberapa minggu belum juga muncul, akses ke pelatihan yang rumit dan Sebagainya. 

Jadi, wajib bagi kalian yang ingin segera mendapatkan insentif untuk Mengikuti arahan yang saya berikan dibawah ini berdasarkan dari pengalaman saya sendiri dan beberapa peserta lain.

Baca juga: Cara Verifikasi Sertifikat di Skill Academy

Berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi pelatihan yang cepat dapat sertifikat dan juga mudah agar Insentif bisa segera cair. 
  • Kelas Skill Academy "Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona" dapat dibeli di mitra pelatihan Tokopedia.
  • Kelas Skill Academy "Langkah Menjadi Youtuber Profesional Bersama Gita Safitri" Tersedia di Tokopedia.
  • Kelas "Sukses Bisnis Online Shop di Instagram" Tersedia di Tokopedia dan
  • Kelas Sekolah Desain tersedia di Bukalapak. 
Beberapa rekomendasi kelas diatas mungkin tidak sesuai dengan minat dan bakat anda. Tapi jika ingin cepat mendapatkan sertifikat silahkan beli kelas diatas dan setelah menyelesaikan satu pelatihan pertama silahkan gunakan saldo sisa untuk membeli pelatihan Selanjutnya.

Kalau dari pengalaman saya pribadi, saya pada saat itu membeli kelas SEO 101 di Skill Academy dan memang terbukti jika selama saya belajar dan mengikuti kelas tersebut tidak ada masalah berarti yang saya temukan bahkan sertifikat saya muncul setelah 3 hari saya menyelesaikan pelatihan.

Selanjutnya bagi peserta lainnya yang mungkin terlanjur memberi pelatihan di beberapa lembaga yang kurang saya rekomendasikan atau meski sudah membeli pelatihan di beberapa rekomendasi diatas. 

Nyatanya sertifikat belum juga muncul di Dashboard kartu prakerja, anda perlu mengetahui Penyebab dan alasan kenapa Sertifikat belum juga muncul. 

Penyebab Kenapa Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Kartu prakerja?


Dibawah ini adalah beberapa informasi tentang sertifikat yang tidak muncul yang saya dapatkan dari informasi pihak CS Prakerja, Penjelasan dari beberapa Lembaga terkait masalah ini dan juga pengalaman dari beberapa pengalaman peserta lainnya.
  • Belum sepenuhnya menyelesaikan pelatihan. 
  • Gagal saat ujian tes atau exam terakhir. 
  • Belum memberi rating dan ulasan baik dari Lembaga pelatihan dan mitra itu sendiri. 
  • Nama akun dan identitas seperti email dan Nomor yang terdaftar di lembaga dan mitra tidak sama dengan yang ada di Sistem prakerja. 
  • Terakhir, sertifikat dalam antrian. 
Maksudnya sertifikat yang sudah anda peroleh dari menyelesaikan pelatihan masih dalam tahap penyaluran ke pihak Prakerja.


Umumnya untuk lembaga pelatihan skill academy membutuhkan waktu maksimal 7 hari dan untuk beberapa lembaga lainnya terkadang membutuhkan waktu 1-2 Minggu untuk tahap ini.

Lantas, Bagaimana Cara Mengatasi Sertifikat Yang Sudah Berminggu-minggu Belum Muncul di Prakerja?

Apabila kejadian ini menimpa anda dimana meski sudah mendapatkan sertifikat dan sudah mengunduh dan melakukan verifikasi ternyata sertifikat yang diananti belum juga muncul di Akun prakerja. 

Untuk itu, dibawah ini adalah beberapa solusi yang mungkin dapat menjadi solusi dari masalah anda. 
  • Silahkan melakukan pengecekan identitas di Lembaga Pelatihan dan Mitra, pastikan semua identitasnya sama.
  • Jika ada satu saja identitas tidak sama silahkan Menghubungi pihak Mitra terkait untuk bantuan mengubah data yang tidak valid tersebut. 
  • Apabila hal ini sudah dilakukan Langkah selanjutnya silahkan Konfirmasi dengan pihak mitra untuk penyaluran sertifikat. 
  • Pastikan progress pelatihan sudah 100% dan sudah menyelesaikannya tes akhir.
  • Lakukan pengecekan untuk pemberian rating dan ulasan di lembaga dan mitra terkait. 
  • Masalah Internal dari Sistem. 
Jika semua cara diatas sudah dilakukan ternyata sertifikat masih belum muncul, ada kemungkinan Penyebabnya adalah dari sistem Prakerja atau Internal dari Lembaga tersebut.

Untuk itu anda bisa mengirimkan pesan bantuan ke alamat email prakerja di info@prakerja.go.id dan untuk masalah dari lembaga silahkan mencari informasi Kontak CS Lembaga tersebut.

Khusus untuk permasalahan sertifikat belum muncul bagi peserta yang mengikuti pelatihannya di Skill Academy silahkan submit masalahnya melalui Halaman Form Penangan Kendala Prakerja

Untuk contoh template pesannya sendiri silahkan salin dibawah ini,

Nama Lengkap:
Email:
Nomor Telepon:
NIK:
Nomor Kartu Prakerja:
Provinsi:
Kelas Yang Dibeli: 

Dengan ini saya sebagai peserta prakerja ingin melaporkan bahwa sertifikat pelatihan yang saya dapatkan pada tanggal...... Belum muncul di dashboard kartu prakerja dengan invoice pembelian...........

Sebelumnya saya sudah memastikan jika semua data yang saya masukkan sudah valid dan telah memberikan rating di lembaga pelatihan dan mitra pembelian.

Dan untuk pelatihan sendiri telah saya selesaikan sesuai dengan tahapan pada umumnya dan juga telah memberi penilaian dan juga rating terhadap lembaga pelatihan tersebut.

Seharusnya Sertifikat sudah muncul pada tanggal (1/2 Minggu sejak sertifikat didapat) namun dalam dashboard prakerja tertulis keterangan sertifikat tidak ditemukan dan status pelatihan juga masih aktif.

Mohon perhatian manajemen prakerja/lembaga untuk menindaklanjuti permasalahan saya ini.

Terlampir bukti screenshoot/foto Sertifikat yang sudah Didapatkan dari lembaga dan Foto dashboards letak sertifikat yang seharusnya sudah ada.

Terima kasih.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang cara mengatasi sertifikat pelatihan yang tidak muncul di dashboard kartu prakerja selama berminggu-minggu, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.