Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal dan Karir Guru di Dapodik 2021

Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal dan Karir Guru di Dapodik 2021


Pembahasan kita kali ini adalah masih berkaitan dengan Aplikasi Dapodik 2021, dinana pada artikel sebelumnya saya juga telah beberapa kali mempublikasikan post saya berkaitan dengan aplikasi dapodik. 

Dimana saya berharap artikel tersebut, bisa bermanfaat dan membantu petugas operator sekolah dalam menjalankan tugasnya. 

Artikel kali ini akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara mengisi Riwayat Pendidikan dan juga karir guru di Aplikasi Dapodik versi 2021. 


Dan tak usah berlama-lama lagi, dibawah ini adalah informasi mengenai pengisian data di Dapodik 2021 yang anda cari. 

Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Formal dan Karir Guru di Dapodik 2021

Untuk melakukan pengisian terlebih dahulu anda harus mengetahui akun GTK atau Akun guru mana yang ingin di isi Riwayat Pendidikan dan karirnya. 

Untuk itu anda bisa Login ke Dapodik 2021, lalu klik validasi pilih validasi lokal, disana anda akan melihat Keterangan yang menjelaskan jika anda harus mengisi Riwayat data dari guru tersebut.

Apabila sudah mengetahui guru mana yang ingin diisi atau di ubah, silakan ikuti panduan dibawah ini untuk lebih jelasnya. 


Pertama, Setelah Log-in ke Aplikasi Dapodik 2021, klik menu Settings atau pengaturan lalu klik tukar akun

Kedua, Masukkan kode registrasi sekolah maka akan muncul beberapa nama dari akun Guru atau GKT. Untuk melakukan pengisian silahkan klik pada guru yang dipilih.

Maka anda akan diarahkan ke akun guru tersebut, untuk mengisi Riwayat Pendidikan dan karir silahkan klik Osi GTK lalu pilih guru.

Ketiga, Nantinya anda akan menemukan nama dari guru yang ingin di ubah atau di isi akunnya, klik akun tersebut lalu klik ubah.

Maka akan muncul banyak opsi tabelisasi dibawah, klik pada Riwayat Pendidikan jika ingin melakukan pengisian Riwayat Pendidikan Formal. (Catatan. Anda hanya bisa melakukan pengisian Riwayat Pendidikan untuk jenjang SD Sampai SMP dan Untuk Riwayat Pendidikan setara D4 dilakukan di Aplikasi Individual GTK) 

Dan jika ingin melakukan pengisian Riwayat Karir pilih opsi drop down untuk bantuan lalu klik Riwayat Pendidikan.

Keempat, untuk mengisi Riwayat Pendidikan atau karir silahkan klik Tambah untuk mengubah silahkan klik karir atau Pendidikan yang dipilih lalu klik ubah.

Terakhir, urutkan data yang valid dan jika ada data yang tidak dimenegerti anda bisa mengkosongi kolom tersebut. 

, Selesai 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara mengisi Riwayat Pendidikan dan Karir Guru di Dapodik 2021, sebenarnya tak hanya itu saja sih anda juga bisa melakukan pengisian lainnya seperti sertifikat, tunjangan, buku yang pernah ditulis dan masih banyak lagi. 

Namun untuk artikel ini saya jelaskan dua saja sudah cukup, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.