Cara Merubah Akun PTK Dapodik 2021, Error? Ini Solusinya

Cara Merubah Akun PTK Dapodik 2021, Error? Ini Solusinya


Apabila anda mencari solusi bagaimana cara mengubah akun PTK di Dapodik 2021 maka anda berada di artikel yang tepat, disini saya akan menjelaskan kepada anda sahabat operator sekolah mengenai Akun PTK Dapodik 2021 beserta mengatasi beberapa masalah seperti error dan masalah tidak bisa ganti email yang kerap terjadi.

Harapan saya dengan adanya artikel ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah yang membuat anda kesusahan dalam menjalankan tugas sebagai operator sekolah.


Nah, Selanjutnya dibawah ini adalah informasi yang anda cari tentang cara Merubah akun PTK dI Dapodik 2021

Cara Merubah Akun PTK Dapodik 2021

Pembaruan pada 28 Agustus 2020 dimana Pada Dapodik 2021 perubahan akun GTK telah dipindahkan ke laman Manajemen Sekolah yakni https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Jadi, sudah jelas bukan dari aplikasi Dapodik lagi. Untuk langkah-langkahnya sendiri silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Langkah 1: Silahkan kunjungi halaman melalui tautan link dibawah ini: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Langkah 2: Untuk masuk ke dashboard terlebih dahulu login menggunakan SSO, gunakan akun operator sekolah (Pastikan jika akun sudah diaktivasi). 
Langkah 3: setelah berhasil login klik opsi menu Akun Selanjutnya pilih PTK, lalu klik Tampilkan.

Langkah 4: Jika anda telah melakukan pendaftaran akun tampil silakan klik edit pada ikon pensil besar berwarna biru anda bisa melihatnya melalui Halaman PTK tepatnya di ujung sebelah kanan nama PTK.


Maka Selanjutnya akan muncul jendela edit akun ptk seperti dibawah ini.

Terakhir, silahkan update username, email dan password jika sudah klik update.

, Selesai

Catatan, Untuk melakukan perubahan data, maka sebelum itu Akun PTK harus login atau diwakili oleh operator lain dengan username dan password yang Terdaftar.

Solusi Error Saat Ubah Akun PTK / Gagal Menyimpan Pengguna


Masalah error dan gagal merubah akun PTK ini sebelumnya juga sudah dirasakan beberapa tahun lalu, dimana untuk mengatasi hal ini mungkin anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini.
  • Bersihkan cache browser yang anda pakai. 
  • Lakukan refresh halaman (F5) lalu lakukan perubahan sampai berhasil.
  • Lakukan perubahan data pada waktu-waktu server sedang sepi pengunjung. 
  • Coba gunakan vpn, terkadang karena IP Adress yang masuk ke suatu website bernilai tinggi hal ini akan berdampak pada kelancaran sistem. 
  • Terakhir, ganti status keaktifan di Akun PTK. Untuk langkah-langkahnya sendiri silahkan baca tutorial dibawah ini. 

Jika dirasa tutorial tentang cara ubah akun PTK di atas belum membantu menyelesaikan masalah error yang anda alami. 

Maka dari itu anda bisa mencoba melakukan perubahan status aktif akun PTK, Apakah ini berbahaya? Tidak sama sekali tidak berbahaya jadi gak perlu khawatir. 

Caranya adalah ketuk pada opsi Pengaturan >> lalu ke Manajemen Pengguna, >> kemudian pilih PTK yang ingin diubah akunnya. 

Maka akan muncul tombol ganti status ke aktifan Selanjutnya klik tombol Ganti Status Keaktifan, dimana anda akan menonaktifkan akun ptk Selanjutnya untuk mengkonfirmasi Klik tombol Ya. 


Jika status keaktifan PTK atau operator
Berhasil maka anda bisa melihat pesan “OK Berhasil Mengganti Status Pengguna”. Disana Anda juga dapat melihat ikon tanda seru (!) warna merah pada pengguna yang menandakan tidak aktif. Akhiri dengan menekan tombol CTRL + F5.

Setelahnya status aktif berubah menjadi nonaktif, maka akan terlihat kolom password yang masih kosong. Silahkan isi passwordnya lalu simpan dan jika muncul keterangan error atau gagal menyimpan data pengguna karena terdeteksi akun duplicate abaikan saja. 

Lanjut dengan masuk menggunakan akun PTK yg sudah diubah. 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai cara Merubah akun PTK dI Dapodik 2021, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.