Cara Verifikasi Sertifikat di Skill Academy, Dengan 7 Langkah

Cara Verifikasi Sertifikat di Skill Academy, Dengan 7 Langkah


Cara Verifikasi Sertifikat di Skill Academy - Lembaga pelatihan skill academy adalah salah satu lembaga pelatihan yang menyediakan kelas untuk peserta kartu prakerja.

Dimana anda sendiri dapat membeli pelatihan melalui platform - Platform Marketplace yang telah bergabung dengan program ini, seperti melalui Platform Tokopedia dan Bukalapak.

Adapun pada artikel sebelumnya, saya juga telah mempublikasikan artikel tentang Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja Skill Academy di Tokopedia, setelah itu silahkan mengikuti pelatihan tersebut sampai progress mencapai 100% dan mendapatkan sertifikat.

Lantas, bagaimana cara melakukan pengecekan atau verifikasi sertifikat di Skill Academy? Dan apakah ini perlu dilakukan. Berikut dibawah ini adalah Penjelasannya untuk anda. 

Cara Verifikasi Sertifikat Pelatihan di Skill Academy Prakerja

Agar insentif bisa cair maka para peserta kartu prakerja diwajibkan untuk setidaknya bisa menyelesaikan satu pelatihan dan telah mendapatkan 1 sertifikat penyelesaian materi dari lembaga tersebut. 

Dan di skill academy nantinya anda akan memperoleh dua sertifikat sekaligus yakni, Sertifikat Penyelesaian Materi dan Sertifikat Lulus Exam. 


Adapun untuk memastikan bahwa sertifikat yang di dapatkan tersebut valid, anda perlu melakukan verifikasi. Dibawah ini adalah langkah-langkah cara verifikasi sertifikat pelatihan menggunakan fitur pengecekan yang ada di skill academy prakerja. 

1. Buka Website atau Akses Skill Academy Via Aplikasi.


Untuk Langkah pertamanya ini, silahkan buka browser anda. Disini saya menyarankan agar menggunakan chrome browser. 

Selanjutnya silahkan akses website skill academy dengan cara masukkan link Berikut www.skillacademy.com atau klik saja link Berikut untuk mengarah langsung ke halaman skill academy. 

Selain via website anda juga bisa membuka akses ke lembaga tersebut dengan mengunduh aplikasi Skill Academy yang sudah tersedia di Playstore atau AppStore.

2. Login dan Masuk Menggunakan Akun yang Sudah Terdaftar


Setelah berada di halaman utama skill academy, proses Selanjutnya adalah silakan klik opsi menu lainnya lalu pilih akun untuk Login.

Disana silakan masukkan Alamat email yang terdaftar dan password, atau anda juga bisa menggunakan opsi login menggunakan akun Google yang tersedia. 

3. Klik Opsi Kelas dan Cek Sertifikat Yang Telah Didapatkan


Setelah login dan berhasil masuk ke akun anda, silakan cari menu kelas lalu untuk melihat sertifikat klik pada daftar sertifikat.


Disana anda akan menemukan Beberapa sertifikat pelatihan yang sudah anda dapat, silakan pilih sertifikat mana yang ingin dilakukan pengecekan terlebih dahulu. 

4. Catat Kode Sertifikat


Untuk melakukan proses verifikasi maka silahkan buka atau download terlebih dahulu sertifikat yang sudah diperole. Maka anda akan melihat kode Sertifikat dari skill academy yang berada di pojok kiri atas. 

5. Buka Fitur Verifikasi Sertifikat atau Akses Melalui Link Dibawah ini


Berikutnya untuk melakukan proses verifikasi, silahkan akses fitur yang dimaksud dengan cara klik pada menu lainnya lalu pilih opsi verifikasi sertifikat.

Atau silahkan klik saja opsi fitur tersebut melalui link berikut ini untuk mengarah langsung ke halaman yang anda cari (url: https://skillacademy.com/sertifikat

6. Masukkan Kode Sertifikat dan Klik Periksa


Apabila sudah berada di halaman verifikasi sertifikat di skill academy. Masukkan kode yang anda catat atau salin ke kolom yang sudah disediakan. Pastikan kode tersebut tidak salah khususnya untuk penulisan huruf Kapital dan angka pada kode yang di input. 

Jika yakin kode yang dimasukkan sudah benar, silahkan klik periksa

7. Maka akan muncul Verifikasi Sertifikat Berhasil


Jika kode yang anda masukkan benar, maka akan terlihat keterangan jika Proses Verifikasi yang anda lakukan berhasil. Selanjutnya tinggal menunggu proses sinkronisasi dari pihak prakerja agar sertifikat bisa segera muncul di dashboard kartu prakerja.

, Selesai 

Akhir Kata

Demikian adalah informasi tentang cara verifikasi sertifikat pelatihan di skill academy prakerja, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.