Insentif Prakerja Belum diproses, Berikut Penjelasannya

Insentif Prakerja Belum diproses, Berikut Penjelasannya


Insentif Prakerja Belum diproses - Program prakerja menjadi salah satu program yang banyak menyita perhatian mulai dari pendaftaran hingga proses pencairan dana insentif setelah pelatihan yang dijanjikan Pemerintah melalui program ini.

Perlu diketahui ada dua dana insentif yang akan diberikan kepada Penerima bantuan dari kartu prakerja diantaranya adalah Insentif Dana Setelah Pelatihan yang akan di transfer ke rekening dan E-Wallet masing-masing selama satu bulan sekali dan Insentif Survei Kebekerjaan dari prakerja maksimal 3 kali.

Nah, untuk mendapatkan insentif pastikan anda telah menyelesaikan pelatihan di prakerja dan telah mendapatkan sertifikat. Selanjutnya silahkan cek dashboard kartu prakerja Apabila sertifikat sudah sinkron dengan sistem prakerja. Maka anda bisa melihat jadwal Insentif disana.

Baca juga: Kunci Jawaban Exam Skill Academy Prakerja Strategi Efektif Untuk Menjual Apapun 

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi tentang kenapa setelah jadwal insentif muncul, terdapat keterangan Insentif Prakerja Belum diproses Berikut dibawah ini adalah informasi yang anca cari.

Insentif Prakerja Belum diproses, Kenapa?

Untuk melihat jadwal insentif Prakerja silahkan akses halaman prakerja.go.id Selanjutnya login menggunakan akun anda yang sudah terdaftar, disana anda akan melihat opsi menu insentif klik disana untuk melihat jadwal. 

Mengenai kenapa insentif belum juga diproses sebenarnya Penjelasannya sangat sederhana yakni dikarenakan Jadwal pencarian yang tertera di Keterangan Insentif tersebut masih belum waktunya diproses.

Sebagai Contoh misal jadwal yang tertera di insentif anda adalah 15 September 2020 sedangkan sekarang masih tanggal 07 September 2020 maka agar keterangan Insentif dana berubah dari belum diproses menjadi sedang diproses maka anda harus bersabar dan menunggu hingga sampai tanggal 15 September nanti.


Dimana kemungkinan besar anda akan melihat jika jadwal insentif anda sedang diproses dan menunggu pencairan dari Sistem dimana jika proses selesai ands akan melihat Keterangan berhasil di dashboard insentif anda.

Insentif Sudah Melebihi Jadwal Kenapa Masih Belum diproses

Tenang tidak perlu khawatir jika anda melihat belum ada perubahan pada jadwal insentif padahal seharusnya hari ini Insentif Sudah diproses.

Karena kejadian serupa juga kerap dialami para peserta pada gelombang - gelombang sebelumnya, bahkan ada yang sampai berminggu-minggu. 

Selama Nomor Telepon dan Identitas yang terinput di Rekening dan E Wallet sama dengan yang terdaftar di Prakerja maka tidak perlu cemas insentif anda gagal cair, kalaupun gagal nanti akan ada penjadwalan ulang.

Bagi yang mengalami hal ini silahkan lebih bersabar terkadang sistem juga harus melakukan evaluasi kepada akun anda, evaluasi tersebut meliputi penyesuaian identitas, mengubah kembali metode pembayaran juga bisa menghambat proses insentif. 

Jadi, saran saya jika insentif sudah mendekati jadwal pencairan jangan coba-coba mengganti metode pembayaran anda. 


Kemungkinan lainnya seperti terbatasnya server karena banyaknya aktivitas masuk yang harus dilakukan juga bisa menghambat proses pencairan. Nah dari pengalaman rekan-rekan prakerja sendiri bahkan ada yang harus menunggu hingga 2 minggu lamanya untuk menerima insentif tersebut.

Lantas, jika jadwal insentif pertama diundur Apakah jadwal insentif Selanjutnya juga bakal diundur juga?

Menanggapi hal ini maka anda tidak perlu khawatir jika insentif anda sebelumnya harus menunggu waktu yang lama untuk proses pencairannya mungkin saja mendekati jadwal insentif Selanjutnya.

Dimana berdasarkan pengalaman peserta di prakerja, pengunduran proses pencairan tidak mengganggu jadwal insentif Selanjutnya jadi jika mungkin dari proses pencairan dana hanya terpaut beberapa hati saja maka bukan tidak mungkin insentif Selanjutnya juga akan anda terima secepatnya.

Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan selama anda tidak menyalahi kebijakan program dan selama identitas anda valid maka dalam beberapa hari mungkin anda akan menerima notifikasi dana sudah masuk dark rekening masing-masing. 

Tinggal bagaimana anda bersikap untuk lebih bersabar menunggu dana insentif tersebut.

Akhir Kata

Demikian adalah informasi mengenai Kenapa Insentif Prakerja Belum diproses, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.